FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI HANDPONE BLACKBARRY

- Haryono, Wahyu Eko Pujianto

Abstract


Produsen telepon genggam RIM menghadirkan Handphone BlackBerry yang telah mampu menguasai pangsa pasar di Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini ialah Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan membeli Handphone BlackBerry dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan, dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan membeli Handphone BlackBerry. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor melalui SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis faktor didapatkan 8 faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli BlackBerry, meliputi Keanekaragaman Produk Blackberry dan Email; Browsing/Google dan fourshared;  Facebook;  Service; Tampilan menu BlackBerry dan Brand image; Fasilitas Yahoo Messenger dan Kapasitas Memori; Handal; Harga BlackBerry.

Keywords


Pengambilan keputusan konsumen, Blackberry, brand image, keanekaragaman produk

References


Albert J. Della Bitta, & David L. Loudon (2003). Consumer behaviour (4th ed). New Jersey: Prentice Hall.

Alma, Buchori, 2000, “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”, Penerbit, Alfabeta, Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta

Arief Furchan. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Ayu Agustin P, 2009. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Membeli Blackberry (Studi Kasus: Mahasiswa Ubhara Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen 2009)”, Thesis Magister Universitas Ubhara, Surabaya.

J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., 2003, ”Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”. Jakarta: Kencana.

Kotler, Philip, 2000, “Manajemen Pemasaran” , Penerbit Indeks, Jakarta.

, 2003, “Manajemen Pemasaran”, Penerbit Perhallindo, Jakarta.

, 2006, “Manajemen Pemasaran”, Penerbit Perhallindo, Jakarta.

Kotler & Armstrong, 2001 “Manajemen Pemasaran”, Penerbit Perhallindo, Jakarta.

Malhotra, N.K. (2004). Marketing research: An applied orientation(4th edition).New Jersey : Pearson Education, Inc.

Margono. 2004. Metode Penelitian Pendidikan.Jakarta : Rineka Cipta.

Nazir, Moh, 2005. Metode Pelatihan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nugroho, D. 2003. Membangun Indonesia mas, Model Pembangunan Indonesia Baru Menuju Negara-Bangsa yang Unggul dalam Persaingan Global. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono, 2008, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D” , Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sunarto, Andi, (2003), Prilaku Organisasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Susanto, A.B, et al. 2008. Corporate Culture & Organization Culture. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.

Swastha, Basu dan Irawan, 2009, “Manajemen Pemasaran Modern” , Penerbit Lembaga Manajemen AMP, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2000, “Strategi Pemasaran”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

, 2001, “Strategi Pemasaran”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

, 2006, “Strategi Pemasaran”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tang, F-F., and Gan, L, 2004. Pricing corvengence between Dot.coms and hybrids: Empirical Evidence from the consument Consumer Decisions, Journal of Targeting, Measurement and Analysis for Marketing.

Vivi, 2010. “Atribut Produk Yang Mempengaruhi Konsumen Membeli Blackberry (Studi Kasus: Mahasiswa UPN Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen 2010)”, Thesis Magister Universitas Pembangunan, Surabaya.

William J. Stanton., 2000, Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jakarta: Erlangga.

Wibisono, Yusuf, 2004. Membedah Konsep dan Aplikasi Corporate Social

, Yusuf, 2006. Membedah Konsep dan Aplikasi Corporate Social

Sumber lain

http://www.wikipedia.com/wiki/Blackberry, diakses tanggal 2 April 2012

http://www.suarapembaharuan.com/peminat-Blackberry-terus-meningkat, diakses tanggal 15 Agustus 2011

http://www.teknologipendidikan.net/category/research-and-evaluation/jurnal, diakses tanggal 11 Oktober 2011




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v6i2.542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura