ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU EKOLOGIS KONSUMEN

Fathor A.S

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku ekologis konsumen, dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran, karakteristik individu, pengetahuan, nilai individu, emosi/afek ekologikal dan gaya hidup terhadap perilaku ekologis konsumen. Teknik analisis yang digunakan untuk  menguji tujuan tersebut adalah regresi linear berganda. Hasil analysis menunjukkan variabel produk, harga, distribusi, promosi, karakteristik individu, pengetahuan, nilai individu, emosi/afek dan gaya hidup secara bersama-sama memberikan efek sebesar 61,8% (Adjusted R Square)  terhadap variabel perilaku ekologis konsumen dengan signifikansi F sebesar 0.000 (hipotesis 1 diterima. Signifikansi variabel Produk sebesar 0,04, (hipotesis 2 diterima). Signifikansi variabel harga sebesar 0,32, (hipotesis 3 ditolak). Signifikansi variabel distribusi sebesar 0,81, (hipotesis 4 ditolak). Signifikansi variabel promosi sebesar 0,01, (hipotesis 5 diterima). Signifikansi variabel karakteristik individu sebesar 0,76, (hipotesis 6 ditolak). Signifikansi variabel pengetahuan sebesar 0,28, (hipotesis 7 ditolak). Signifikansi variabel nilai individu sebesar 0,03, (hipotesis 8 diterima). Signifikansi variabel emosi/afek sebesar 0,05, (hipotesis 9 diterima). Signifikansi variabel gaya hidup sebesar 0,00, (hipotesis 10 diterima).

Keywords


Pemasaran hijau (green marketing), produk hijau, harga premium, perilaku ekologis.

References


Alba, J.W. & Hutchinson, J.W. (1987), “Dimension of consumer expertise”, Journal of Consumer Research, Vol. 13, March, pp. 411-454.

Anonim. (2009). Peran pengetahuan dan Emosi/Afek Ekologikal konsumen Pada isu lingkungan: Studi empiris perilaku konsumen hijau. diakses dari http://members.fortunecity.com/lingkungan/artikel/GeerakanKHijau.htm.Tuesday, Oktober 27, 2009.

Anja Schaefer. (2005) Some Consideration Regarding The Ecological Sustainability Of Marketing System Open University Business School..Sekaran, U. 2006. Research Methods for Business, 4th Ed. John, Wiley & Sons Inc, New York.

Attayaya. (2009). Pemasaran Berwawasan Lingkungan Hidup. diakses dari http://members.fortunecity.com/lingkungan/artikel/GeerakanKHijau.htm.Tuesday, Oktober 27, 2009.

Brucks, M. (1985). The effects of product knowledge on information search behaviour. Journal of Consumer Research. Vol. 12, No. 6, pp. 1-16.

Bui, My H. (2005). Environmental Marketing : A Model Of Consumer Behaviour. Loyola University New Orleans. Association of Collegiate Marketing Educators pp. 20.

Byrne, Michael (2003). Understanding Consumer Preferences Across Environmental Marketing Mix Variations. OIKOS University of Newcastle

Chan, Ricky Y.K., (1999), “Environmental Attitudes and Behavior of Consumers in China: Survey Findings and Implications,” Journal of International Consumer Marketing, 11:4, pp. 25-52.

Chan, Ricky Y.K.& Lorett B. Y. Lau (2000), “Antecedents of Green Purchases: A Survey in China,” Journal of Consumer Marketing, Vol. 17 No. 4, pp.338-357.

Fathor (2011). Pengaruh Nilai Individu, Pengetahuan Dan Gaya Hidup Terhadap Penentu Perilaku Ekologis Konsumen. Jurnal Neobis.

Haryadi, Rudi. (2009). Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Pada The Body Shop Jakarta). Tesis. Program Studi Magister Manajemen. Universitas Diponegoro Semarang.

Junaedi, M.F. Shellyana. (2005). Pengaruh kesadaran lingkungan pada niat beli produk hijau: studi perilaku konsumen berwawasan lingkungan. Jurnal benefit, vol. 9, no. 2, desember. Hal 189–201.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, PT. Prenhallindo Jakarta.

Queensland Goverment, 2002. Green Marketing-The Competitive Advantage of Sustainability .

Samdahl, D.M. & R. Robertson (1989), “Social determinants of environmental concern: specification and test of the model”, Environment and Behavior, Vol. 21, No. 1, pp. 57-81.

Straughan, Robert D. & James A. Roberts, (1999), “Environmental segmentation alternatives: a look at green consumer behavior in the new millennium,” Journal of Consumer Marketing, Vol. 16, No. 6, pp. 558-575.

Sugiyono. 2007 Statistik untuk Peneltian, cetakan keduabelas, edisi revisi, CV ALFABETA, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v6i2.541

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.21107/nbs.v6i2.541.g511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura