FAKTOR-FAKTOR ANTESENDEN YANG MEMPENGARUHI STRATEGI SALURAN DAN KINERJA PASAR

Mohammad Tambrin

Abstract


Studi ini bertujuan menguji hubungan antara strategi merek perusahaan, ekuitas merek, strategi saluran, dan kinerja pasar.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model yang menunjukkan hubungan antara strategi merek, ekuitas merek, strategi saluran dan kinerja pasar. Menggunakan hubungan structural equation modelling, sebuah model industri minuman ringan teh botol dikembangkan untuk menggambarkan interaksi ini. Kuesioner digunakan dalam melakukan penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini digambarkan bahwa strategi saluran memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pasar, strategi merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap strategi saluran selain itu, ketika seorang pelanggan mempersepsikan ekuitas merek dengan lebih baik maka, strategi merek mampu mempengaruhi lebih baik tetrhadap ekuitas merek.

Keywords


strategi merek, ekuitas merek, strategi saluran, kinerja pasar

References


Aaker, David A. & Keller Kevin Lan (1990), `Consumer Evaluations of Brand Extensions`, Journal of Marketing, 54, 27-41.

Aaker, David A. (2000), `California Management Review`. Berkeley: Summer. 42, 4-8.

Aaker, David A. (1991), Managing Brand Equity. New York: The Free Press.

Arjun Chaudhuri and Morris B. Holbrook (2001), `The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty`, Journal of Marketing, 65 (February), 81.

Blackston, T. (1992), “Observations: Building Brand Equity by Managing the Brand’s Relationships,” Journal of Advertising Research, (May):79-83.

Cobb-Walgren, Cathy J; Ruble, Cynthia A, and Donthu Naveen(1995), `Brand Equity, Brand Preference, and Purchase Intent`, Journal of Advertising, Fall,(3).24.

Corey, E. Raymond, Frank Cespedes & V. Kasturi Rangan (1989), `Going to market: Distribution Systems for Industrial Products`, Boston: Harvard Business School Press.

Heckler, E.S.and Houston, J.M. (1998), `The Effects of Brand Name Suggestiveness on Advertising Recall`, Journal of Marketing, 62 (1) 48-57.

Kotler, P (2005), `Marketing Management`, 12th ed., Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall,425-431.

Tjiptono, Fandy (2005), `Manajemen Pemasaran`, Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v7i2.523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura