PERAN KEPERCAYAAN DALAM MENCIPTAKAN KESETIAAN PELANGGAN

Lia Nirawati

Abstract


Persepsi pelanggan terhadap kualitas jasa dapat dibentuk dengan layanan jasa yang telah diberikan. Di sini faktor komunikasi juga sangat dibutuhkan dalam menjalankan aktifitas pelayanan, karena dengan adanya komunikasi  bisa memperbaiki kinerja pelayanan yang lebih baik untuk mencapai kepuasan yang baik pula, karyawan juga dituntut melakukan peningkatan kinerja, untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Demikian juga pada perusahaan-perusahaan yang ingin memberikan pelayanan terhadap pelanggan dengan efektif dan efisien Carrefour adalah salah satu supermarket yang tidak dapat dipisahkan dengan perihal kepuasan pelanggan dan kesetiaan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh Persepsi Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan terhadap Kepercayaan Pelanggan, dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Kesetiaan Pelanggan pada Carrefour. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berada pada Carefour. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan didapatkan bahwa Persepsi Pelanggan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan pada Carrefour, Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Kepercayaan Pelanggan pada Carrefour dan Kepercayaan Pelanggan berpengaruh positif terhadap Kesetiaan Pelanggan pada Carrefour

Keywords


Persepsi Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Kesetiaan Pelanggan

References


Churchill, R. And F. Surprenant. 1982. Salesmanship Management, 1st Edition, Ricard D. Irwin, Chicago.

Gaspersz, Vincent, Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1997.

Kettinger, J.W. dan Lee, C.C. 1994, Perceived Service Quality and User Satisfaction with the information Services Function, Decision Science, 23, hal 737-766.

Kotler, Philip. Marketing Management: Analysis, Planing, Implementation and control, The Millenium Edition, Prectice Hall International, Inc. New Jersey, 2000.

Parasuraman, Zeithaml, A.V. dan Berry, L.L., 1985. A. Conceptual Model of Service Quality, Journal of Retailing, 67, hal 420-450.

Parasuraman, A. Valerie A. Zeithmal, and L.L. Berry. 1998, SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of service Quality. Journal or Retailing, Vol 64 (1), pp 12-40.

Robbins, Stephen P., Organization Behavior: Concepts, Controversies Aplication, Seventh Edition, Pretice Hall, Inc., New Jersey, 1996.

--------- and Mary Jo Bitner. 1996, Services Marketing, 2nd Edition, Irwin – McGraw – Hill Inc., New York.

Schiffman, Leon G., and Lealie Lazar Kanuk, Consumee Behavior, Seventh Edition, Prentice Hall, Inc., New Jersey, 2000.

Stamatis, D.H., 1996 Total Quality Service, St. Lucie Press, U.S.A.

Supranto, J. 2002, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan Ketiga, Rineka Cipta, Jakarta.

Soetjipto, Budi W. 1997. “Service Quality”. Manajemen Usahawan-Lembaga Management FE UI. Jakarta.

Tjiptono, Fandi. 2000, Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy 1998, Prinsip – Prinsip total Quality service, Edisi pertama, Penerbit Andi, Jogjakarta.

Zeithaml, A.V., Berry L.L., dan Parasuraman, A. 1993, The Nature and Determinants of Customer Expectations of Service, Journal of Academy Marketing Science.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v7i2.522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura