ANALISIS TATANIAGA BERAS DI KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI

Joko Purwono, Sri Sugyaningsih, Adib Priambudi

Abstract


Beras merupakan bahan pangan pokok bagi 95 persen penduduk Indonesia dengan tingkat konsumsi 139 kilogram per kapita per tahun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem tataniaga beras yang meliputi saluran tataniaga, lembaga tataniaga, fungsi tataniaga, struktur pasar dan perilaku pasar. Selain itu, penelitian ini menganalisis sistem tataniaga beras di setiap jenis saluran tataniaga. Hasil dari penelitian ini yaitu saluran tataniaga beras di kabupaten Banyuwangi terdiri dari 12 saluran dan ada enam jenis lembaga tataniaga (Kelompok Tani, Penebas, Penggilingan, Pedagang Besar, Pedagang Pengecer dan Sub Divisi Regional Bulog). Total hasil panen padi Musim Tanam I 2012 sebanyak 272.880 kilogram GKP atau setara 150.084 kilogram beras. Analisis efsiensi tataniaga membuktikan bahwa pada saluran VII mendistribusikan 31.755,50 kilogram beras. Biaya tataniaga tertinggi yaitu 1.512 rupiah per kilogram pada Saluran XII. Nilai marjin tataniaga terbesar juga pada Saluran XII yaitu sebesar 2.721 rupiah per kilogram. Saluran III memiliki nilai farmer’s share 79 persen. Nilai farmer’s share yang lebih tinggi pada suatu saluran dibandingkan dengan saluran tataniaga lainnya menunjukkan saluran tersebut efisien secara operasional.

Keywords


beras, bulog, efisiensi, pangan, tataniaga

References


Ariyono, A. 2012. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Dan Sistem Pemasaran Beras Di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Asmarantaka, R.W. 2009. Tataniaga Produk Agribisnis. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. IPB. Bogor.

Azzaino, Z. 1993. Pengantar Tataniaga Pertanian. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Dahl, D.C. And J.W. Hammond. 1977. Market and Price Analysis The Agricultural Industries. Mc Graw-Hill Book Company. New York.

Kohls R.L. And Uhl J.N. 2002. Marketing of Agricultural Products. Ninth Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kusumah, H.M. 2011. Analisis Tataniaga Beras Di Indonesia (Kasus: Jawa Barat dan Sulawesi Selatan). Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Limbong, W. H. Dan P. Sitorus. 1985. Pengantar Tataniaga Pertanian. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Saragih. B. 2010. Beras Masih makanan pokok . Artikel. Tempo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v7i2.521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura