ANALISIS VOLUNTARY DISCLOSURE PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI BEI

Eko Purwanto, Ira Wikartika

Abstract


Investasi merupakan kegiatan yang mengandung resiko dan ketidakpastian, dengan adanya informasi yang disajikan perusahaan diharapkan dapat mengurangi tingkat resiko dan ketidakpastian yang dihadapi oleh investor. Pengungkapan laporan keuangan merupakan suatu cara untuk meningkatkan kepercayaan investor dan pengguna laporan lainnya. Disclosure yang luas sangat dibutuhkan oleh para pengguna informasi khususnya investor dan kreditor, namun tidak semua informasi yang dimiliki perusahaan dapat diungkapkan secara umum, detail dan transparan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage, firm size, dan profitability terhadap luas voluntary disclosure perusahaan telekomunikasi yang go public. Populasi penelitian adalah seluruh  perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling yaitu penarikan sampel berdasarkan pertimbangan atas kriteria-kriteria tertentu. Sampel penelitian sebanyak 4 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa leverage dan firm size berpengaruh terhadap voluntary disclosure, sedangkan profitability tidak berpengaruh terhadap voluntary disclosure. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa  leverage, firm size dan profitability berpengaruh terhadap voluntary disclosure.

Keywords


informasi, leverage, firm size, profitability, dan voluntary disclosure

References


Almilia, Luciana Spica dan Ikka Retrinasari, 2007, Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Kelengkapan Pengungkapan dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Proceeding Seminar Akuntansi Inovasi dalam Menghadapi Perubahan Lingkungan Bisnis.

Brigham, Eugene F., dan Houston, Joel F., 2006, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Buku II Edisi 10, Salemba Empat, Jakarta.

Cooper, Donald R.C. dan Emory, William, 1998. Metode Penelitian Bisnis, Erlangga, Jakarta.

Fitriani, 2001, “Signifikansi Perbedaan Tingkat Kelengkapan Pengungkapan Wajib dan Sukarela pada Laporan Keuangan Perusahaan Publik yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta”, Simposium Nasional Akuntansi IV, Bandung, 30-31 Agustus.

Gozhali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gunawan, Yuniarti, 2000, Analisis Pengungkapan Informasi Laporan Tahunan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta, Simposium Nasional Akuntansi III, IAI Depok, Jakarta.

Halim, Abdul, 2002, Analisis Investasi, Salemba Empat, Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia, 2007, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia, 2009, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.

Jensen, M. C. and W. H. Meckling, 1976, Theory of the Firm : Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure, Journal of Financial Economics 3, p.305-360.

Johar, Arifin, 2007, Cara Cerdas Menilai Kinerja Perusahaan, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Lang, M., dan Lundholm, R., 1993, Cross-Sectional Determinants of Analyst Ratings of Corporate Disclosures, Journal of Accounting Research, 31 Autumn, p.246-271.

Marwata, 2001, Hubungan antara Karakteristik Perusahaan dan Kualitas Ungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan pada Perusahaan Publik di Indonesia, Simposium Nasional Akuntansi IV, Hal.155-173.

Meek, Gary K., Roberts, Clare B., and Gray, Sidney J., 1995, Factors Influencing Voluntary Annual Report Disclosures by U.S., U.K., and Continental European Multinational Corporation, Journal of International Business Studies, Third Quarter, pp. 555-572.

Munawir, 2002, Analisis Laporan Keuangan, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Riyanto, Bambang, 2001, Dasar – Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Sartono, Agus, 2001, Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi), BPFE Yogyakarta.

Simanjuntak, Binsar H. dan Lusi Widiastuti, 2004, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Volume 7, Nomor 3, September, Hal.351-366.

Sudarmaji, A. M. dan L. Sularto, 2007, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Tipe Kepemilikan Perusahaan terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan, Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek dan Sipil) Auditorium Kampus Gunadarma, Agustus, hal. 21-22.

Suripto, Bambang, 1999, Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Luas pengungkapan Sukarela dalam Laporan tahunan, Simposiun Nasional Akuntansi II.

Suripto, Bambang, 2000, Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan, Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Desember, Hal. 31-34.

Sutrisno, 2001, Manajemen Keuangan, Edisi Pertama, Penerbit Ekonosia, Yogyakarta.

Suwadjono, 2005, Teori Akuntansi : Perekayasaan Pelaporan Keuangan, BPFE UGM, Yogyakarta.

Tandelilin, Eduardus, 2001, Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, Penerbit BPFE, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v8i2.467

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.21107/nbs.v8i2.467.g439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura