ANALISIS GAP PENGGUNAAN APLIKASI UBER BERDASARKAN TEORI KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN

Mahir Pradana, Pinta Uli Sinaga

Abstract


Pada saat ini, kegunaan aplikasi menjadi primadona tersendiri bagi perusahaan dalam memasarkan, mengenalkan produk/jasa suatu perusahaan. Sehingga muncullah aplikasi-aplikasi di Indonesia. Salah satu aplikasi yang mengikuti tren ini  adalah Uber taksi. Penelitian ini  bertujuan untuk menggambarkan peminat tingkat  kualitas aplikasi Uber berdasarkan penilaian pengguna terhadap kualitas (actual) yang dirasakan dan kualitas (ideal)  yang diharapkan.  Penelitian ini merupakan  penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan dimensi TAM yaitu persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, minat pengguna yang dinilai berdasarkan perspektif tingkat kinerja  (performance) dan tingkat kepentingan (importance).  Responden yang diteliti  dalam penelitian ini berjumlah 100 pengguna dengan menggunakan teknik sampling insidental.

            Dari  penelitian ini  didapatkan hasil  bahwa  secara  keseluruhan terdapat nilai  kesenjangan (gap) yang bernilai negatif antara kualitas aktual (performance) dan kualitas ideal (importance) sebesar (-0.12). Nilai  kesenjangan (gap) paling besar adalah dimensi  information  quality dengan nilai  (-0.28). Berdasarkan hal  tersebut  dapat  disimpulkan bahwa  kualitas  aktual  yang dirasakan belum bisa  memenuhi  kualitas ideal  yang diinginkan pengguna  aplikasi Uber terutama  dari  atribut  kualitas  yang berhubungan  dengan facilitating condition dalam aplikasi. Indikator yang menjadi prioritas perbaikan diantaranya adalah tampilan aplikasi yang menarik,  adanya  pengalaman positif saat  menggunakan,  informasi  dalam format  yang sesuai  dan memiliki reputasi yang baik.


Keywords


Kualitas aplikasi, TAM, Importance Performance Analysis, bisnis online

Full Text:

Untitled

References


• Ariani, D.W. (2009). Manajemen Operasi Jasa. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

• Budiarto, Raden. (2014). Studi Empiris Model Penerimaan Aplikasi Mobile Pada Konsumen. Thesis pada Universitas Gunadarma.

• Hartono, Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta : Cv Andi Offset.

• Heizer, Jay dan Barry Render. (2010). Operations Management-Manajemen Operasi. Edisi 9 Buku 2. Jakarta : Salemba Empat

• Marjudin. (2015). Pengguna E-Toll Card Baru 19,5% [Online]: http://m.radarpena.com/welcome/read/2015/11/19/26769/18/1/Pengguna-E-Toll-Card-Baru-195 (diakses pada 4 Maret 2016).

• Pradana, Mahir, and Naris Wari Amir. "Measuring E-Learning Effectiveness at Indonesian Private University." International Journal of Environmental & Science Education 11.18 (2016).

• Pradana, Mahir, and Tri Indra Wijaksana. "Managing Work Productivity Through Management of Information System (Study on Telkom Indonesia Online Portal)." Advanced Science Letters 23.1 (2017): 64-66.

• Rahmatsyah, Deni. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pengguna (Studi Kasus : Uang Elektronik Kartu Flazz BCA). Tesis pada Universitas Indonesia.

• Sawyer, Stacey C., and Brian Williams. Using Information Technology, Intro. McGraw-Hill Higher Education, 2007

• Sekundera P. L, Charlesto. (2006). Analisis Penerimaan Pengguna Akhir dengan Menggunakan Technology Acceptance Model dan End User Computing 101 Satisfaction terhadap Penerapan Sistem Core Banking pada BANK ABC. Tesis Pada Universitas Diponegoro.

• Sunyoto, Danang (2014). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : CAPS.

• Venkatesh, Viswanath, and Fred D. Davis. "A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies." Management science 46.2 (2000): 186-204.

• Wardhana, Aditya, and Mahir Pradana. "Viral Marketing Determinants of Top Online Shop Brands in Indonesia." MIMBAR, Social and Development Journal 32.1 (2016): 25-30.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v1i1.2953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Neo-Bis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura