Membangkitkan Gairah Wisatawan Melalui Eksplorasi Promosi Destinasi Wisata
Abstract
Kabupaten Sumenep memiliki potensi wisata yang beragam. Adanya pandemi covid-19 menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan, penyebab lainnya adalah kurangnya informasi dan strategi promosi yang digunakan belum optimal. Tujuan penelitian mengeksplorasi promosi destinasi wisata di Kabupaten Sumenep. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jumlah informan 4 wisatawan, dan 3 pihak Disbudparpora Sumenep. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi promosi Disbudparpora adalah periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, direct selling, dan public relation. (1) Strategi promosi iklan, memakai media cetak dan media online. (2) Promosi penjualan, bekerjasama dengan travel agent. (3) Penjualan pribadi, mendatangkan travel agent Jawa dan Bali. (4) Pemasaran langsung, menggunakan leaflet, brosur, booklet dan TIC. (5) Hubungan masyarakat, menggunakan kalender event wisata. Dengan strategi promosi ini, Disbudparpora telah mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. Faktor pendukung yaitu sarana dan prasana dan faktor penghambat kurangnya transportasi laut, hotspot dan kesadaran masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhawiyah, Y. R., Anshori, M. I., & Fathor AS. (2019). Peran Pemasaran Media Sosial Dalam Menciptakan Keputusan Pembelian Melalui Kesadaran Merek (Studi pada Instagram Clothing Line Bangjo). Tirtayasa EKONOMIKA, 14(2), 267–281. https://doi.org/10.30649/aamama.v22i1.113
Arief, M., Mustikowati, R. I., Fathor, A., & Syarif, M. (2022). Tourist Destination based on SMEs Innovation: A Lesson from Madura Island, Indonesia. WSEAS Transactions on Business and Economics, 19, 1008–1018. https://doi.org/10.37394/23207.2022.19.88
Ary Widiastini, N. M. (2015). Strategi Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Buleleng, Bali. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.23887/jish- undiksha.v1i1.4492
AS, F. (2014). Model Pemberdayaan UMKM melalui Intensifikasi dan Integrasi Sistem Komunikasi sebagai Dasar untuk Mempercepat Penguatan pada Kelompok Sentra. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(4), 582–593.
Basines, P., Fill, C., & Rosengren, S. (2017). Marketing, edisi 4, Paul Basines, Chris Fill, Sara Rosengren, oxford university press, united kingdom, 2017, USA, NY. 978-0-19- 874853-3. (4th ed.). Oxford University Press.
Fathor, Arief, M., & Syarif, M. (2021). Eksplorasi Pemanfaatan Social Media Marketing Instagram Dalam Promosi Pantai Ekasoghi. The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH ), Ciastech 2021, 11–20. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/3288
Jamaluddin, M., & AS, F. (2021). Pengaruh Periklanan , Promosi Penjualan Dan Word Of Mouth. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(3), 240–246.
Kotler, P. (2016). Marketing Management. Pearson Education.
Octabelina, R. (2021). Peran Promosi Dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Bagi Perkembangan Bisnis Pariwisata. Management and Entrepreneurship Journal (Manners), 4(2), 142–154.
Saribu, H. D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(1), 1–6.
Silitonga, P. P. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Kimia Farma Trading & Distribution. Jurnal Matik Penusa, 19(1), 93–101.
Sitorus, A. S. (2014). Pengaruh promosi dan personal selling terhadap minat beli konsumen pada pt aras dinamika abadimedan. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 2(1), 51–59.
Subiyantoro, A., Astuti, R. D., & Nugroho, H. A. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran, Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api. Albama: Jurnal Bisnis Administrasi Dan Manajemen, 15(1), 74.
Sutiksno, D. U., Revida, E., Munsarif, M., Simarmata, H. M., Saputo, D. H., Purnomo, A., Sudirman, A., Sisca, Napitupulu, D., & Purba, S. (2020). Tourism Marketing. In Journal of Travel Research (1st ed., Vol. 20, Issue 4). Yayasan Kita Menulis. https://doi.org/10.1177/004728758202000401
Sutono, A., Briandana, R., Doktoralina, C. M., Rekarti, E., & Dwityas, N. A. (2018). Exploration of Marine Tourism in North Sumatra: An Analysis of Promoting Tourism. Journal of Social Studies Education Research, 9(4), 185–197.
Syarif, M., & Fathor, A. S. (2023). The Impact of Strategic Experiential Modules (SEMs) Dimension on Visitor’s Revisit Intention: A Lesson from the Sunrise of Java, Indonesia. Quality - Access to Success, 24(193), 100–108. https://doi.org/10.47750/QAS/24.193.12
Tahurrohmat, M. (2015). Bauran promosi dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan (Studi Deskriptif Pada Surat Kabar Harian Harian Jogja).
Wijaya, D. A. (2010). Strategi Promosi Sebagai Langkah Pemasaran Pariwisata Di Desa Wisata Plempoh Bokoharjo Prambanan Sleman. Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 1– 6.
DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v12i1.21676
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Neo-Bis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura