Peran Humas Xl Axiata Melalui Aplikasi Mobile Laut Nusantara Dalam Membangun Citra Perusahaan Bagi Nelayan

Alvian Jelang Ramadhan

Abstract


Penelitian untuk mengetahui peran humas XL Axiata melalui aplikasi mobile Laut Nusantara untuk membangun citra perusahaan bagi nelayan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif studi kasus. Hasil Penelitian ini adalah kegiatan Aplikasi Laut Nusantara berjalan dengan baik dan lancar. Humas XL telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Aplikasi Laut Nusantara karena aplikasi tersebut juga dapat diterima dengan baik oleh para nelayan khususnya nelayan jukung. Aplikasi Laut Nusantara merupakan aplikasi pertama karya anak bangsa yang dibuat untuk masyarakat Indonesia khususnya para nelayan, aplikasi ini mempunyai kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh para nelayan yaitu: sebaran ikan dilautan, perkiraan cuaca, melaporkan hasil tangkapan, harga ikan di pelabuhan, perkiraan bahan bakar yang dibutuhkan pada saat melaut. Penyelenggaraan kegiatan Aplikasi Laut Nusantara dapat membangun citra positif perusahaan bagi para nelayan. Dengan pelaksanaan yang sangat baik dan memenuhi segala syarat serta kriteria dari penyelenggaraan kegiatan Aplikasi Laut Nusantara menghasilkan citra yang positif di benak para nelayan yang hadir dalam kegiatan tersebut.  Penelitian ini memiliki saran yaitu aplikasi Laut nusantara hanya bisa digunakan di android versi kitkat ke atas belum bisa di iOS atau iphone, sebaiknya aplikasi Laut Nusantara juga bisa digunakan di versi iOS atau iphone meskipun nelayan jarang yang menggunakan iphone tetapi hal ini dinilai sangat penting karena para nelayan tidak hanya menggunakan android.


Keywords


corporate communication, aplikasi laut nusantara, citra, nelayan

References


Alvin, S. (2020). Strategi Komunikasi Politik Juru Bicara Wakil Presiden 2014-2019 sebagai Humas Pemerintah. Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i1.6031

Ardianto, E., & Soemirat, S. (2014). Handbook of Public Relations (Pengantar Komprehensif). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Embracing Digitization For Our Future. (2018). Retrieved from https://upperline.id/uploads/annual_reports/file/file_annual_5e12f3aaac5d3.pdf

Gassing, S. S., & Suryanto. (2016). Public Relations. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, R. (2012). Menerapkan Praktik Public Relations di Indonesia dengan Teori dan Riset. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, J., & Huda, M. (2011). Corporate Social Responsibility (Kunci Meraih Kemuliaan Bisnis). Jakarta: Suhana Bhara.

Pratomo, Y. (2018). Kominfo Keluarkan Aturan 1 NIK Bisa Daftar Banyak Nomor Kartu Seluler. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2018/05/08/12424817/kominfo-keluarkan-aturan-1-nik-bisa-daftar-banyak-nomor-kartu-seluler

RM, A. S., & Moertijoso, R. B. (2015). Strategi Media Relations Humas PT.Pelabuhan Indonesia III Dalam Handling Crisis Pemberitaan Media. Jurnal Komunikasi. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/1152/975

Ruliana, P., Lestari, P., & Andrini, S. (2019). Model Komunikasi Korporat Sari Ater Hotel & Resort Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal ASPIKOM, 4(1), 60–82. Retrieved from http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/535/192

Ruslan, R. (2013). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.

Santoso, H. (2019). Membangun Aplikasi Mobile dengan Progressive Web App (PWA). Yogyakarta: CV Lokomedia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (MIX METHODS). Bandung: Alfabeta.

Sulandjar, R., & Nanda, A. (2020). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Pada PT TIKI JNE. Jurnal Egaliter, 4(6), 15–26. Retrieved from http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/egr/article/viewFile/1548/1507

Tahir. (2011). Metodologi & Teori Hubungan Internasional. Jakarta: Refika Aditama.

Turban, E. (2012). Electronic Commerce 2012 (P. Grasindo, Ed.). Jakarta.

Yin, R. K. (2013). Studi Kasus Desain dan Metode (M. Djauzi Mudzakir, Penerjemah). Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.8807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alvian Jelang Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: