Motivasi Diri Mahaiswa Universitas Negeri Jakarta dalam Menggunakan Media Sosial

Vera Wijayanti Sutjipto, Fahira Novanra

Abstract


Penggunaan media sosial bagi setiap orang berbeda, bergantung dari motivasi penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi diri mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dalam menggunakan media sosial. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori motivasi diri dengan dua dimensi yakni dimensi kekuatan dari individu dan dimensi kebutuhan yang tidak terpenuhi sebagai motivasi dari menggunakan media sosial. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer kepada 80 orang responden yang telah memenuhi kriteria penelitian yaitu mahasiswa aktif Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019 dan memiliki akun sosial media. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dalam menggunakan media sosial adalah a) keinginan dari individu sendiri yang dipengaruhi oleh orang lain dengan tujuan dasar untuk mengikuti perkembangan zaman, b) untuk memenuhi kebutuhan sosiologis berupa komunikasi dengan orang lain tanpa mengenal batasan jarak dan waktu, kebutuhan untuk terus menjalin silahturahmi, kebutuhan untuk mengenal orang baru dan kebutuhan untuk mencari serta mendapat teman dan juga kebutuhan untuk mendapat berbagai informasi terkini yang sedang diperbincangkan dalam masyarakat.

Keywords


motivasi diri, media sosial, mahasiswa

References


Atmaja, S., & Dewi, R. (2018). Komunikasi Organisasi (Suatu tinjauan Teoritis dan Praktis). Inter Komunika Jurnal Komunikasi, 3(2), 192–206. 160 | Jurnal Komunikasi, Vol. 14 No. 02, September 2020: 149-160

Badrudin, S., Muslimin, & Pratama, H. O. (2017). Analisis Komunikasi Organisasi di Pusat Informasi Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan. JKPI: Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan, 1(2), 81–101.

Cangara, H. (2018). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Perkasa.

Erliana, H. (2005). Komunikasi Pemerintahan. Bandung: Refika Aditama.

Hambali, Muhaimin, A., & Rahmadini, M. (2018). Pola Komunikasi organisasi Dalam Pengembangan program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 2(2), 96–108.

Harivarman, D. (2016). Hambatan Komunikasi Internal di Organisasi. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 508–519.

Hasyim, N. M. (2016). Komunikasi Organisasi di Perguruan Tinggi Islam Negeri (Studi Kasus di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan kalijaga). Jurnal Promedia, II(2), 1–36.

Jumrad, O. T., & Sari, I. D. M. (2019). Fungsi Komunikasi dalam Organisasi Melalui Group Chat Whatsup Oriflame Jurnal Common, 3(1), 104–114.

Khalid, I., & Mukhtar, A. (2016). Energy Crisis: An Issue of Good Governance, A Way Forward. Journal of Political Studies, 23(1), 101–116.

Pricahyadi, M., & Ramadani, T. (2019). Strategi Komunikasi Kebijakan pemerintah Provinsi DKI Jakarta Pada Peraturan Gubernur Nomor 110 Tahun 2018. Jurnal Ilmu Administrasi ( JIA ), XVI(1), 112–126.

Purnomo, A. (2018). Pelaksanaan kebijakan Komunikasi Organisasi Pemerintahan di Indonesia. Jurnal Noken, 3(2), 11–26.

Ramadani, T. (2019a). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Komunikasi Publik di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Jurnal Borneo Administrator, 15(1), 1–18.

Ramadani, T. (2019b). Pengelolaan Komunikasi Publik. Jurnal Good Governance, 15(1), 11–27.

Rodiah, S., & Yusup, P. M. (2018). Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Desa Agro Wisata di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Signal Unswagati Cirebon, 6(2), 1–13.

Rosfiantika, E., & Rodiah, S. (2015). Communication Strategies of Natural Resources and Environment Protection and Management Policies Based on Local Wisdom in Tasikmalaya Regency. Edutech, 1(2), 273–290.

Santoso, A. (2015). Iklim Komunikasi Organisasi di Hotel Savana Malang. Jurnal E-Komunikasi, 3(2), 1–8.

Santoso, R. (2017). Kebijakan Energi di Indonesia: Menuju Kemandirian. Jurnal Analis Kebijakan, 1(1), 28–36.

Sedarmayanti. (2018). Komunikasi Pemerintahan. Bandung: Refika Aditama.

Sugiarto, A., Priyowidodo, G., & Indrayani, I. I. (2018). Iklim komunikasi organisasi di PT . Starindo Anugerah Abadi Surabaya Pendahuluan. Jurnal EKomunikasi, 6(2), 1–9.

Suparna, P., R, T. S., & Winoto, Y. (2013). Keterbukaan Komunikasi dalam Menciptakan Iklim Komunikasi yang Kondusif di Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 1(2), 157–164.

Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal dan Iklim Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115–126




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.8089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vera Wijayanti Sutjipto, Fahira Novanra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: