Peran Komunikasi antara Guru dan Murid dalam Membangun Minat Belajar di Komunitas Jendela Jakarta
Abstract
Komunitas Jendela Jakarta adalah komunitas yang berfokus pada pendidikan non-formal. Relawan komunitas memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, sehingga gaya mengajar masing-masing relawan juga berbeda. Psikologi dan gaya belajar siswa yang bervariasi membutuhkan pola komunikasi baru. Studi ini meneliti pola komunikasi guru dalam membangun minat siswa di Komunitas Jendela Jakarta dan bagaimana mengatasi hambatan komunikasi yang ditemukan selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru, sukarelawan, dan koordinator Divisi Hubungan Komunitas Jendela Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh sukarelawan Komunitas Jendela Jakarta untuk meningkatkan minat belajar adalah melalui pendekatan pribadi, diskusi, dan negosiasi. Metode pembelajaran menggunakan media visual dan berbicara tentang pembelajaran aktif. Namun, kendala dalam proses pembelajaran masih sering ditemukan dalam bentuk kurangnya antusiasme, perilaku bodoh, dan melarikan diri dari kelas karena mereka tidak tertarik. Solusi yang biasa adalah memberikan kebebasan untuk bermain di luar kelas untuk menghilangkan kebosanan, mendekati siswa, membujuknya perlahan untuk mau mengikuti pelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arni, M. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
AW, S. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Epstein, J. L. (2019). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools (2nd ed.). California: Corwin. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=cYhlDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=The+Role+of+Communication+Between+Teachers+and+Students+in+Building+Interest+in+Learning+in+the+Community&ots=flqeUFk_SE&sig=thk3qIky_p-MxgTHrbtrreJC_5E&redir_esc=y#v=onepage&q=Th
González-Howard, M., & McNeill, K. L. (2016). Learning in a Community of Practice: Factors Impacting English‐Learning Students’ Engagement in Scientific Argumentation. Journal of Research in Science Teaching, 53(4), 527–553. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/tea.21310
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rianditha, N. (2018). Strategi Komunikasi Instruksional Guru Dan Murid Dalam Proses Belajar Mengajar Anak Usia Dini. Universitas Brawijaya. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/163551/
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ukas, M. (2000). Pengantar Bisnis Ilmu Menjual. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i1.7019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Anastasia Santi Deliana, Rizki Putri Nadia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.