Branding “Kampong Parjhuge” sebagai Destinasi Kampung Pendidikan Karakter Mahasiswa di Lingkungan Universitas Trunojoyo Madura

Fachrur Rozi

Abstract


Masalah keamanan akhir-akhir ini masih menjadi topik diskusi tanpa akhir di sekitar kampus Universitas Trunojoyo Madura. Problema ini jika tidak ada langkah nyata baik dari pihak berwenang, aparat desa, pemerintah kabupaten, bahkan kampus UTM sendiri akan menimbulkan masalah baru. Tentu saja, penduduk lokal dan mahasiswa UTM akan dirugikan. Mereka akan selalu merasa cemas, dan takut dengan masalah tersebut. Selain itu, perilaku asosial dengan banyak rumah kos dan mahasiswa sewaan menjadi kerumitan masalah baru yang mengarah pada munculnya ide tentang konsep pendidikan karakter di lingkungan UTM. Pengabdian masyarakat yang dikemas sebagai bentuk kegiatan, dan branding desa harapannya desa bisa memiliki ciri khas dan siappun yang berada di desa tersebut mampu mendapatkan perubahan karakter yang lebih baik.


Keywords


branding; kampong parjhuge; pendidikan karakter.

Full Text:

PDF

References


Andrianto, Tuhana Taufiq. 2011 Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Jogjakarta: Arruz Media.

Hawkins, D. I. et al. 2000. Consumer Behavior : Building Market Strategy 8 Edition. Boston: Mc Graw Hill

Jefkin, Frank. 2004. public relations edisi kelima, Jakarta : PT Gelora Aksara

Kasali, Rhenald. 2003. Manajemen Public Relation. Jakarta. Grafiti

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Mansur, Muchlis. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Kritis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang No.22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang No.5 Tahun 1979 tentang Pemerintah Desa

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuchdi, Darmiati. (2006). Pendidikan Karakter (Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi). Yogyakarta: UNY Press




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i1.6974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fachrur Rozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: