PERILAKU CELEBRITY WORSHIP PADA ANGGOTA FANDOM EXO DALAM KOMUNITAS EXO-L BANDUNG

Nadhifa Arundati, Almira Alda Vania, Melisa Arisanti

Abstract


ABSTRAK
Merebaknya Hallyu di negara-negara Asia Timur dan beberapa negara Asia Tenggara termasuk
Indonesia telah menunjukkan adanya aliran budaya dari Korea ke negara-negara tetangganya.
Dalam situasi dunia dimana pertukaran informasi terjadi hampir tanpa halangan apa pun, Korea
telah menjejakkan pengaruhnya di kawasan Asia. Sejarah K-Pop dimulai dengan munculnya
boyband maupun girlband terkemuka, antara lain EXO, TVXQ, Se7en, Lee Hyori, Shinhwa,
Wonder Girls, Epic High, Super Junior, Big Bang, SS501, sampai Girls’ Generation. Daya tarik
K-Pop dapat ditemukan dalam lagu, tarian, dan efek panggung yang besar, serta tempo cepat ala
pop Korea dicampur dengan irama Asia yang sangat menarik untuk remaja termasuk Indonesia.
Saat ini, boyband yang sedang populer dan memiliki banyak penggemar atau fans adalah EXO.
Sebutan fans EXO adalah EXO-L yang tercatat sebagai fandom terbesar di dunia dengan jumlah
fans yang melebihi angka 3 juta orang. Perilaku fans K-pop ini mengacu pada setiap komponen
dari perilaku celebrity worship, dimana dalam perilaku ini terdapat beberapa faktor, aspek dan
tahap yang mendukung perilaku pemujaan ini muncul.
Kata-kata Kunci: Hallyu, K-Pop, Boyband EXO, EXO-L, Celebrity Worship


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v13i1.6027

DOI (PDF): https://doi.org/10.21107/ilkom.v13i1.6027.g3782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.