MANAJEMEN KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DESA WISATA DI KABUPATEN BENGKALIS
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen komunikasi yang dilakukan Disparbudpora yakni perencanaan, pengorganisasi, penggerakan, pengawasan dan evaluasi komunikasi dalam program pengembangan potensi Desa Wisata di Kabupaten Bengkalis. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposif yaitu dengan memilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi.
Teknik analisis data menggunakan model model analisis interaktif Miles dan Hubermann. Teknik keabsahan data melalui triangulasi, dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses perencanaan komunikasi dimulai dari pemetaan potensi sumber daya alam untuk kawasan pedesaan yang layak dikembangkan menjadi Desa Wisata, analisis kesiapan pemerintah, masyarakat dan pihak swasta, serta perencanaan anggaran dalam kegiatan anggaran APBD. Pada proses pengorganisasian dan penggerakan melalui koordinasi berupa komunikasi vertikal dan horizontal dengan pembentukan Unit pelayanan terpadu (UPT), badan pengelola desa wisata dan kelompok sadar wisata. Pelaksanaan pengembangan potensi desa wisata dilakukan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. Pengawasan dan evaluasi komunikasi belum sepenuhnya dilakukan Disparbudpora dikarenakan program pengembangan potensi Desa Wisata Kabupaten Bengkalis baru dimulai dan belum sepenuhnya mendapat dukungan dari, pemerintah, masyarakat dan pihak swasta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata. Jakarta: Prenada Group
Devito, Joseph, A. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: proffesional Books
Hamidi, 2007. Metodologi Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM
Idrus, Muhammad. 2007. Metode Penelitian Ilmu-ilmu Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: UII Press Yogyakarta, 2007
Kaye, M. (2004). Communication Management. Sydney: Prentice Hall.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi; Suatu Pengantar, Remaja Rodakarya, Bandung.
Soedarsono, Dewi K. 2009. Sistem Manajemen Komunikasi (teori, model dan aplikasinya).Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi (dan peran manajemen dalam komunikasi). Yogyakarta: CAPS
Suwena, I Ketut. 2010. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Udayana Press. West, R. & Lynn H.T. 2008, Pengantar Teori Komunikasi; Analisis dan Aplikasi, Edisi 3, Buku 1, penerjemah Maria
Natalia Damayanti Maer, Salemba Humanika, Jakarta.
Yasir, et.al. 2016. “A Model of Communication to Empower Fisherman Community in Bengkalis Regency”, MIMBAR; Sosial
Pembangunan, Vol. 33, no 2, pp 228237. DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v33i2.2135.
Yoeti, Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa. Bandung
Darsono. 2005. Pengertian Desa. Diakses tanggal 10 Maret 2018 dari h t t p : / /desasentonorejo.wordpress.com/babii/. Angkasa:Bandung
Indonsia Ecotourism Network. 2002. Diakses tanggal 10 Maret 2018 http://www.indecon.or.id/
Nurjanah, Yasir. 2014. Strategi Komunikasi Inovasi dalam Mengembangkan Potensi Desa Wisata Meskom di Kecamatan Bengkalis. Pekanbaru: https://repository.unri.ac.id/xmlui/
bitstream/handle/123456789/4076/isi.pdf?sequence=2
Yuliani. 2013. Strategi komunikasi Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Desa
Pampang Kota Samarinda. Samarinda:http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/09/JURNAL%20YULIANIedit%20(0919-13-08-05-04).pdf
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v13i1.5211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nova Yohana, Yasir Rumyeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.