STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN INTERAKTIF CIEWIE BATIK DALAM CUSTOMER ENGAGEMENT
Abstract
Penelitian ini ingin menganalisis Strategi komunikasi pemasaran Interaktif Ciewie Batik dalam customer engagement. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pemahaman tentang Strategi dan bentukbentuk komunikasi pemasaran Interaktif Ciewie Batik dalam melaksanakan bisnisnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi melalui dokumentasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi, dapat disimpulkan bahwa Strategi komunikasi pemasaran Interaktif yang dipergunakan Ciewie Batik dalam melaksanakan rutinitas bisnisnya meliputi : memaksimalkan serta mengintensifkan akun Instagram Ciewie Batik, mengintegrasikan proses pelayanan pelanggan dengan aplikasi Android, mengintensifkan layanan keluhan dan pertanyaan pelanggan yang express, aktif dalam Fanpage Facebook, dan senantiasa update di website Ciewie Batik termasuk aktif merekrut web-reseller. This research eagers to analyse Ciewie Batik Interactive Marketing Communication Strategy in customer engagement. This research intends to show the meaningful of Ciewie Batik Interactive Marketing Communication Strategy in Business dealing. Research runs the qualitative descriptive method using documentation study and indepth interview. According to documentation study and indepth interview, can be concluded that Ciewie Batik Interactive Marketing Communication Strategy in dealing Business consist of : maximizing and intensified the Ciewie Batik Instagram Account, integrating the servicing customer process with Android Application, intensified customer question and complaint expressly, active in Facebook fanpage, dan keep on updating Ciewie Batik website including actively hire webreseller.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, A. (1994). Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas, Edisi Ketiga, Bandung : CV. Armico. Greenberg, P. (2004), CRM at the Speed of Light: Essential Customer Strategies for the 21st Century, Third Edition, Singapore : McGraw-Hill.
Griffin, EM. (2004), A First Look At Communication Theory, Fifth Edition, Singapore : McGraw-Hill.
Kartikawangi, D. (2013), Tema Fantasi, Strategi Komunikasi Bisnis Perusahaan Multinasional, Cetakan Pertama, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Littlejohn, S. W. dan Karen A. F. (2009). Teori Komunikasi, Edisi Kesembilan, Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Pawito, (2007), Penelitian Komunikasi Kualitatif, Edisi Kedua, Yogyakarta: PT. LKIS Pelangi Aksara.
Riel, C.B.M. Van. (2000). Strategic Corporate Communication, Amstendam : Samson Bv.
Suyanto, M. (2007), Marketing Strategy Top Brand Indonesia, Edisi Keempat, Yogyakarta : Penerbit Andi
Tankard, J. W. S. dan Werner J. (2011). Teori Komunikasi (Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa, Jakarta : Kencana.
Wiryanto. (2004), Pengantar Ilmu Komunikasi, Edisi Kedua, Jakarta : Grasindo Sumber Lain
Lestari, S.C. (2017). Strategi Komunikasi Bisnis Lintas Budaya dalam Ekspansi Bisnis (Studi pada Radio Eljohn Indonesia). Tesis, Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP: Universitas Abdurrab Pekanbaru.
Pertiwi, I. (2016).(http://www.google.co.id/amp/s/id.techinasia.com/kravasia-berikanalternatif-belanja-batik-secara-online), diakses
September 2017.
(2014).(http://www.blog.jakpat.net/hasilinfografis-survey-perilaku-belanjaonline), diakses 30 Agustus 2017.
(2016) (http://www.id.techinasia.com) diakses tanggal 5 Nopember 2017
(2016) (http://www.Bisnisupdate.com) diakses tanggal 5 Nopember 2017
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v12i1.3716
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Marsudi Marsudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.