MODEL PERENCANAAN KOMUNIKASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA
Abstract
ABSTRAK
PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.
Agar dapat mempertahankan eksistensinya, PT CPI harus mampu beradaptasi dengan lingkungan
sekitar. Disinilah peranan Public Relations dibutuhkanuntuk mewujudkan tujuan perusahaan dengan
membangun hubungan yang timbal balik dan saling membutuhkan antara perusahaan dan masyarakat
sekitar. Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah melalui program Corporate Social Responsibility
(CSR).Indonesia, khususnya wilayah strategis Riau yang masuk dalam pasar bebas ASEAN dituntut
untuk mempersiapkan dan meningkatkan kualitas masyarakatnya dalam persaingan di pasar bebas.
Atas hal ini, program CSR dapat menjadi solusi. Merujuk pada kewajiban CSR Perseroan Terbatas
dalam UU No. 40 Tahun 2007, PT CPI memiliki program CSR-nya yang disebut Social Investment
dan berfokus padalima bidang, yaitu (1) kesehatan, (2) pendidikan dan pelatihan, (3) pengembangan
ekonomi, lingkungan dan keanekaragaman hayati, (4) kesenian, budaya dan infrastruktur olahraga dan
(5) bantuan dan rehabilitasi pasca bencana. Penelitian ini nantinya akan menggambarkan bagaimana
model perencanaan komunikasi program CSR PT CPI area Riau.
Kata Kunci: CSR, Public Relations, Model Perencanaan Komunikasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Bungin, Burhan.2010. Metodologi Penelitian
Kualitatif: Aktualisasi Metodologis
ke Arah Ragam Varian Kontemporer.
Jakarta : Raja Grafindo Persada
Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi
Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo
Persada
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, teori dan
filsafat komunikasi. Bandung: Citra
Aditya Baktis
Iriantara, Y. 2004, Manajemen Strategis Public
Relations, PT Ghalia Indonesia, Jakarta.
Kotler Philip & Lee, Nancy. 2005. Corporate
Social Responsibility: Doing the most
good for your company and your couse.
New Jersey: Jhon wiley inc.
Moleong, Lexy J.2012. Metodologi Penelitian
Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja
Rosda Karya.
Rahman, Reza. 2009. Corporate Social
Responsibility, Antara Teori dan
Kenyataan. Yogyakarta: Medpress.
Rusdianto, Ujang.2014.Cyber CSR : A Guide to
CSR Communications on Cyber Media.
Yogyakarta : Graha Ilmu.
Ruslan, Rosady.2010.Metode Penelitian Public
Relations dan Komunikasi.Jakarta :
Rajawali Pers
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D. Bandung:
Alfabeta.
_________. 2009. Metode Penelitian Bisnis
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Bandung: Alfabeta.
Wasesa, Silih Agung & Macnamara, Jim.2010.
Strategi Public Relations. Jakarta :
Gramedia Pustaka Utama.
Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep dan
Aplikasi Corporate Social Responsibility.
Gresik: Franscho Publishing.
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v11i2.3401
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Welly Wirman, Tantri Puspita Yazid, Nurjanah Nurjanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.