DESTINATION BRANDING KABUPATEN CIAMIS OLEH DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA BARAT (DESTINATION BRANDING CIAMIS REGENCY BY DEPARTMENT OF TOURISM AND CULTURE OF WEST JAVA)
Abstract
ABSTRAK
Sejak berpisahnya Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Pangandaran, membuat daerah Ciamis
kehilangan objek-objek destinasi wisata unggulan. Hal ini membuat Kabupaten Ciamis krisis destinasi
wisata yang banyak orang kenal. Untuk itu, pemerintah provinsi Jawa Barat yang bergerak di bidang
pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, melakukan destination branding
yang bertujuan untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata yang dimiliki Kabupaten Ciamis saat ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kelima tahap destination branding yaitu
market investigation, analysis and strategic recommendations, brand identity development, brand
launch and introduction, brand implementation dan monitoring, evaluation and review yang dilakukan
oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dalam memperkenalkan destinasi wisata
di Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif jenis data kualitatif
dengan paradigma positivisme. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara
mendalam, observasi studi pustaka dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memperkenalkan destinasi wisata di Kabupaten
Ciamis, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melakukan market investigation,
analysis and strategic recommendations dengan mengumpulkan data potensi pariwisata Ciamis
melalui tiga sumber yaitu bank data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, bank data
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Ciamis serta internet. Adapun brand identity yang
digunakan selama aktivitas branding ialah logo West Java. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi
Jawa Barat menggunakan tiga cara dalam brand launch and introduction, yaitu dengan special event
West Java Familiarization Tour Ciamis, artikel yang dibuat oleh jurnalis serta paket wisata. Pada
tahap implementasi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menjalin komunikasi
dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Ciamis dan terakhir Dinas Pariwisata dan
Kebudayaan Provinsi Jawa Barat memantau artikel tentang Ciamis dan paket wisata tujuan Ciamis
melalui internet serta menjadikan data kunjungan wisatawan Kabupaten Ciamis sebagai alat evaluasi
aktivitas branding ini.
Kata kunci: destination branding, branding, pariwisata, Ciamis, Jawa Barat
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Kotler, Phillip. et al. 2002. Marketing Asian
Places. Singapore: Johyn Wiley & Sons
Morgan, N., Annette Pritchard dan Roger Pride.
Destination Branding Creating
The Unique Destination Proposition
Second Edition. Elsevier ButterworthHeinemann,
London
Sugiyono. 2014. METODE PENELITIAN
KUANTITATIF, KUALITATIF DAN
R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran Edisi
Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset
Wasesa, Silih Agung dan Jim Macnamara. 2010.
Strategi Public Relations. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama
Sumber Lainnya:
Amaliah, Rafika. 2013. Destination Branding
Wisata Belanja Kabupaten
Sidoarjo. Jurnal. Diakses pada 27 Juli 2016 pukul
28 WIB
Illiachenko, Elena Y. 2005. Exploring Culture,
History and Nature as Tourist Destination
Branding Constructs: The Case of a
Peripheral Region in Sweden. Diakses
pada 1 Agustus 2016 pukul 14.10 WIB
Rungo, Lars. 2011. Destination Branding, A
Comparative Analysis Of London’s and
Liverpool’s Visitor Guides For 2011
Master thesis. Cand. ling. merc. English
Situmorang, Syafrizal. 2008. Wahana Hijau Jurnal
Perencanaan & Pengembangan
Wilayah ISSN 1858-4004 Volume 4, Nomor 2,
Desember 2008. Diakses pada 30August
2016 pukul 13.13 WIB
http://klikkabar.com/2015/12/07/20416/ Diakses
pada tanggal 1 September 2016 pukul
15 WIB
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v11i2.3400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Cindy Lidya, Susie Perbawasari, Hanny Hafiar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.