DIGITALISASI PARIWISATA MADURA
Abstract
ABSTRAK
Hiden paradise merupakan istilah yang sesuai dengan pulau Madura yang memiliki beragam potensi
wisata mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, serta wisata religinya yang tersebar di
empat kabupaten yakni sumenep, pamekasan, sampang dan bangkalan. Citra pariwisata Madura selama
ini masih kalah populer dibandingkan dengan carok madura sehingga tidak haeran apabila banyak
orang mendeskripsikan Madura dengan kekerasan dan pembuhunan. Untuk merubah pandangan dan
stereotif negatif diperlukan tindakan konstruktif dengan menghadirkan wajah Madura yang berbeda,
unik, dan menarik. Kesan-kesan tersebut dapat dicapai salah satunya dengan memanfaatkan media
baru internet sebagai sarana mengenalkan potensi wisata Madura sehingga terbangun citra positif
pariwisata Madura. pembangunan manuisa Madura, perbaikan infrastruktur dan pemanfaatan media
baru dalam memasarkan potensi wisata madura harus dilakukan secara masif yang dukung oleh
inisiatif pemerintah daerah di pulau madura. dengan menggunakan pendekatan teori defusi inovasi
dapat dirumuskan bagaimana media baru menjadi sistem pembangunan sosial masyarakat Madura
sebagai sarana untuk mengenalkan berbagai potesi wisata sehingga pulau Madura dapat go public.
Keyword: Media baru+pariwisata+masyarakat Madura
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Rahim, Samsuddin. 1993. Komunikasi asas.
Dewan bahasa dan pustaka kementerian
pendidikan Malaysia. Kuala Lumpur.
Giddens, A. 1991.Modernity and self-identity.
self and society in the late modern age.
Cambridge: Polity Press.
Movius, L. 2010. Cultural globalisation and
challenges to traditional communication
theories. Journal of Media and
Commons Attribution Noncommercial
No Derivative: Australia
Morissan. 2010. Periklanan–komunikasi
pemasaran terpadu. Kencana
Prenadamedia grup jakarta
_______. 2014. Teori komunikasi ; individu hingga
massa. Kencana Jakarta
Tomlinson, J. 2003. Globalization and Cultural
Identity: University of Chicago Press
Undang-Undang Republik Indonesia Tentang
Kepariwisataan Nomor 10 Tahun 2009
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v11i1.3023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Syamsul Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.