DIGITALISASI PARIWISATA MADURA

Syamsul Arifin

Abstract


ABSTRAK


Hiden paradise merupakan istilah yang sesuai dengan pulau Madura yang memiliki beragam potensi
wisata mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, serta wisata religinya yang tersebar di
empat kabupaten yakni sumenep, pamekasan, sampang dan bangkalan. Citra pariwisata Madura selama
ini masih kalah populer dibandingkan dengan carok madura sehingga tidak haeran apabila banyak
orang mendeskripsikan Madura dengan kekerasan dan pembuhunan. Untuk merubah pandangan dan
stereotif negatif diperlukan tindakan konstruktif dengan menghadirkan wajah Madura yang berbeda,
unik, dan menarik. Kesan-kesan tersebut dapat dicapai salah satunya dengan memanfaatkan media
baru internet sebagai sarana mengenalkan potensi wisata Madura sehingga terbangun citra positif
pariwisata Madura. pembangunan manuisa Madura, perbaikan infrastruktur dan pemanfaatan media
baru dalam memasarkan potensi wisata madura harus dilakukan secara masif yang dukung oleh
inisiatif pemerintah daerah di pulau madura. dengan menggunakan pendekatan teori defusi inovasi
dapat dirumuskan bagaimana media baru menjadi sistem pembangunan sosial masyarakat Madura
sebagai sarana untuk mengenalkan berbagai potesi wisata sehingga pulau Madura dapat go public.


Keyword: Media baru+pariwisata+masyarakat Madura


References


DAFTAR PUSTAKA

Rahim, Samsuddin. 1993. Komunikasi asas.

Dewan bahasa dan pustaka kementerian

pendidikan Malaysia. Kuala Lumpur.

Giddens, A. 1991.Modernity and self-identity.

self and society in the late modern age.

Cambridge: Polity Press.

Movius, L. 2010. Cultural globalisation and

challenges to traditional communication

theories. Journal of Media and

Commons Attribution Noncommercial

No Derivative: Australia

Morissan. 2010. Periklanan–komunikasi

pemasaran terpadu. Kencana

Prenadamedia grup jakarta

_______. 2014. Teori komunikasi ; individu hingga

massa. Kencana Jakarta

Tomlinson, J. 2003. Globalization and Cultural

Identity: University of Chicago Press

Undang-Undang Republik Indonesia Tentang

Kepariwisataan Nomor 10 Tahun 2009




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v11i1.3023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Syamsul Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: