PENGARUH TERPAAN IKLAN OBAT NON RESEP DENGAN SIKAP MASYARAKAT (Studi regresi sederhana mengenai terpaan iklan obat-obat non resep yang tayang pada televisi dengan sikap masyarakat terhadap keputusan pembelian)
Abstract
ABSTRAKS
Penemuan obat merupakan suatu keajaiban besar bagi kehidupan umat manusia. Khasiatnya yang
tinggi dalam penyembuhan dan kesehatan tubuh, bahkan bisa menyelamatkan nyawa, membuat kita
sedemikian rupa tergantung akan keberadaannya. Berbagai iklan obat-obat yang ditayangkan di media
televisi sebagai media komunikasi yang bersifat audio-visual masih dijadikan sumber rujukan utama
oleh khalayak dalam membeli dan memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obat tersebut demi kesehatan
dengan tipe penyakit termasuk kategori ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana
terpaan iklan di televisi terhadap sikap masyarakat dalam mengkonsumsi obat-obat non resep yang
dijual bebas di pasaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis
studi regresi sederhana. Adapun teori yang digunakan berdasarkan teori Cognitive Response dengan
populasinya adalah masyakarat kota Bandung dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
menyebarkan angket terhadap responden yang terpilih melalui teknik sampling multistage cluster. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian suatu produk (obat non resep) yang dilakukan
oleh masyarakat masih ada yang tergantung terhadap terpaan-terpaan iklan yang ditayangkan oleh
televisi.
Kata Kunci: Obat Non Resep, Iklan, dan Televisi
ABSTRACT
Drug discovery is a major miracle for human life. High efficacy in healing and health, can even save
lives, make us so much dependent existence. Various advertising drugs that aired on television as a
medium of communication that is still used as the audio-visual main reference source by audiences
in buying and decided to take the drugs for the health of the types of diseases including lightweight
category. This study aims to determine the extent of exposure to advertising on television on people’s
attitudes to consume non-prescription drugs are sold freely on the market. The research method used is
quantitative method with the kind of simple regression studies. The theory is used based on the theory of
Cognitive Response to the population is a society of Bandung and techniques of data collection is done
by distributing questionnaires to the respondents were selected through multistage cluster sampling
technique. The results showed that the decision to purchase a product (non-prescription drugs) by the
community still dependent on exposure to ads served by television.
Keywords: Non-Prescription Drugs, Advertising and Television
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Aaker, David A. dan John G. Myers.(1987).Advertisinng Management.Third Edition. Prentice
Hall Internasional.
Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala dan Siti Karlinah.(2007).Komunikasi Massa: Suatu Pengantar.
(Edisi Revisi). Bandung: PT. Simbiosa Rekatama Media.
Arikunto, Suharmi.(2002).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin.(2009).Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Biagi, Shirley.(2010).Media/Impact:Pengantar Media Massa.(Penerjemah Mochammad Irfan dan
Wulung Wira Mahendra).Jakarta: Salemba Humanika.
Cangara, Hafied.(1998).Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hovland, C. Janis, Kelley. H.(1953).Communication and Persuassion.New Haven: CT. Yale
University Press.
Kholid, Ahmad.(2014).Promosi Kesehatan Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media dan
Aplikasinya.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kuswandi, W.(1996).Komunikasi massa:sebuah analisis media televisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Mar`at. (1984).Sikap Manusia, perubahan dan pengukurannya.Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mulyana, Deddy dan Idi Subandy Ibrahim (Editor).(1997).Bercinta dengan Televisi.Bandung: PT.
Rosda Karya.
Musman, Asti dan Sugeng WA.(2011).Marketing Media Penyiaran: Bukan Sekedar Jual Kecap.
Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.
Newhagen, J. E.(1997).The Role of Feedback in The Asseeement of News. Information Processing
& Management , 33 (5), 583-594.
Rakhmat, Jalaluddin. (1996). Psikologi Komunikasi.Bandung: Rosda Karya.
________________.(2002).Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
________(2013).Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sutisna.(2001).Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosda
Karya.
Tan, Alexis.(1981).Mass Communications Theories and Research. Ohio: Grid Publising Icn.
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2520
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Aat Ruchiat Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.