PELAKSANAAN KEGIATAN SPECIAL EVENT JAKARTA GOES PINK OLEH LOVEPINK INDONESIA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan special event yang dilakukan Lovepink Indonesia
dalam menyelenggarakan Jakarta Goes Pink 2015 untuk meningkatkan kesadaran. Penelitian ini
menggunakan Event Management Process Joe Goldblatt sebagai landasan konsep.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan pasif, dan studi kepustakaan, dengan
teknik pengumpulan key informan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap
yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik validitas data menggunakan
triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa manajemen special event Jakarta Goes Pink dikategorikan
dalam riset, desain, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi. Riset yang dilakukan meliputi analisis
situasi terkait kesadaran masyarakat Indonesia tentang kanker payudara, hasil riset menyatakan
bahwa kesadaran masih rendah, terutama dibandingkan dengan aktivitas Pink Ribbon diluar negeri
dan evaluasi acara tahun sebelumnya. Desain acara dilakukan menggunakan unsur warna untuk
memerahmudakan Jakarta, edukasi pengunjung terhadap kanker payudara, dan unsur hiburan dengan
konsep fair and festival. Perencanaan Jakarta Goes Pink meliputi penentuan tujuan yang kemudian
dapat menentukan tanggal dan lokasi, penetapan anggaran, pembagian tugas pengurus, dan publikasi
yang dilakukan melalui media sosial dan bantuan mitra media. Koordinasi dilakukan sebagai upaya
pengelolaan komunikasi antara pihak eksternal seperti komunitas, relawan, sponsor, dan mitra media;
serta pihak internal yaitu kepengurusan Jakarta Goes Pink. Tahap evaluasi yang dilakukan Jakarta
Goes Pink meliputi evaluasi acara, feedback langsung dari orang terdekat, dan penghitungan jumlah
liputan media massa dan sifat pemberitaan.
Kata kunci: Special event, kesadaran, organisasi, kanker payudara, event management process
ABSTRACT
This study aims to determine the event management process by Lovepink Indonesia in Jakarta Goes
Pink 2015 to raise awareness. This study uses the Event Management Process by Joe Goldblatt as the
cornerstone concept.
This study used a qualitative research approach descriptive study. Data was collected by in-depth
interviews, passive participant observation, and literature study. The key informant collection technique
used is purporsive sampling. Data were analyzed using three stages, which is data reduction, data
display, and conclusion drawing. Validity of the data using triangulation of data sources.
The result of this study indicates that event management process of Jakarta Goes Pink 2015 is
categorized in several stages, which are research, design, planning, coordination, and evaluation.
Research was conducted on the analysis of the situation related to the Indonesian community awareness
about breast cancer, the result of this research indicates that awareness is still low, especially compared
to Pink Ribbon activities abroad and evaluation of previous year’s event. Event design is done using the
color element to make the concept of Jakarta Goes Pink comes alive, educating visitors about breast
cancer, and the element of entertainment within the concept of fair and festival. The planning involves
in setting goals that determine the time and location, budgeting, human resource management, and
publication through social media and media partners. Coordination is done as an effort to manage the
communication between external parties such as the communities, volunteers, sponsors, and media
partners; as well as internal parties, which is the committee of Jakarta Goes Pink itself. Evaluation
includes an evaluation of the event, direct feedback from dearest people, and the calculation of the
amount of media coverage and the nature of the news.
Key word: Special Event, Awareness, Organization, Breast Cancer, Event Management Process
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Ardianto, Elvinaro. (2011). Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif.
Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Cutlip, Scot M., Allen Center, and Glen M. Broom. (2005). Effective Public Relations. New Jersey:
Prentice Hall
Goldblatt, (2014). Special Events: Creating and Sustaining a New World for Celebration. New
Jersey: John Wiley & Sons, Inc
Noor, Any. (2013). Manajemen Event. Bandung: Alfabeta
Rakhmat, Jalaludin. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ruslan, Rosady. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo
Persada
Sumber lain:
www.lovepinkindonesia.org diakses pada 10 Oktober 2015
www.jakartagoespink.com diakses pada 10 Oktober 2015
http://www.beritasatu.com/kesra/164592-di-indonesia-kasus-kanker-payudara-dan-servikstertinggi.html
diakses pada 5 April
http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker_payudara diakses pada Desember 2014
http://www.who.int/cancer/events/breast_cancer_month/en diakses pada 1 November 2015
http://www.qual.auckland.ac.nz/ diakses pada 11 Januari 2016 pukul 1.19
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2519
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Nugroho Ajie Hartono, Susanne Dida, Hanny Hafiar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.