PENGARUH PROMOSI DI MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KEDAI BONTACOS, JOMBANG)
Abstract
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menjelaskan pengaruh promosi melalui media sosial dan
word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen di kedai Bontacos baik secara parsial
ataupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah
100 konsumen kedai Bontacos dengan menggunakan metode non probability sampling serta teknik
accidental sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan
analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi menggunakan media sosialdan word of mouthsecatra
parsial dan simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.Penelitian ini memberikan
konstribusi bagi Pemasar kedai Bontacos terkait strategi promosi di media sosial dan word of mouth
yang efektif.
Kata kunci : Promosi, media sosial, word of mouth, keputusan pembelian
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Devito, Joseph. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Tanggerang Selatan. Karisma Publishing Group.
Belch, George E., Belch, Michael A. 2009. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing
Communication Perpective, 8th Edition. New York. McGraw-Hill Companies.
Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta. Andi.
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi,
Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang. Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat. Semarang.
Universitas Diponegoro.
Goyette, Isabelle. 2012. “Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context”. Jurnal
Word of Mouth. Dalam Dimensi Word of Mouth.
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., and François Marticotte. 2010. e-WOM Scale: Word-of-Mouth
Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences
Gurnelius, Susan. 2011. 30-minute Sosial Media Marketing. United States. McGraw-Hill
Companies.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga
Ibnu, Widiyanto, 2008. Pointers : Metodologi Penelitian. Semarang. BP Undip
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12. Jakarta. Indeks.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi 13. Jakarta. Erlangga
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2, Edisi 8. Jakarta.
Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2. Jakarta.
Erlangga.
Kotler, Philip. 1998. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan
Pengendalian, (alih bahasa : Hendro Teguh, dan Ronny A. Rusli) Jilid 2, Jakarta.
Prenhalindo.
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, implementasi dan Kontrol,
Edisi Sebelas, (alih Bahasa, Hendra Teguh). Jakarta. Prenhalindo.
Nurgiyantoro, Singgih. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media
Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth
Marketing (Studi Pada Konsumen Produk Garskin Merek Sayhello Di Kota Yogyakarta).
Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta
Peter, P, J, & Olson, Jerry, C. 2009. Costumer Behavior, Jilid 2, Edisi Kelima (alih bahasa Damos
Sihombing). Jakarta. Erlangga.
Sernovitz, Andy. 2012. Word of Mouth Marketing. Amerika. Greenleaf Book Group Press.
Solis, Brian. 2010. Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and
Measure Success in the New Web. New Jersey. John Wiley & Sons Inc.
Sriwedari, Enggal. 2011. Word Of Mouth Sebagai Efek Respon Positif Dari Kepuasan Konsumen
Dan Dampaknya Pada Pembelian Kembali: Studi Kasus Mahasiswa Sebagai Konsumen
Yoghurt Activia. Jakarta. 2011
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sugiyono. 2004. Statistika untuk Penelitian, Cetakan Keenam. Bandung. Alfabeta.
Sumardy, dkk., 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Supranto, dan Limakrisna, Nandan. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi
Kedua. Jakarta. Mitra Wacana Media.
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Taprial, Varinder & Kanwar, Priya. 2012. Understanding Social Media. London. Ventus Publishing
ApS.
Wenats, AG Eka dkk. 2012. Integrated Marketing Communications : Komunikasi Pemasaran di
Indonesia. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
http://www.wikipedia.com
http://www.wearesocial.com
Majalah SWA (SWA08/XXV/16-29 April 2009)
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Bagas Aji Pamungkas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.