Pola Pembelajaran dan Pengasuhan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Madura
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola (metode)
pembelajaran pengasuhan, sarana dan prasarana yang diterapkan di sekolah
PAUD di Madura.Selain itu juga untuk mengetahui latar belakang sosial,
budaya , pendidikan dan ekonomi orang tua peserta didik. Metode penelitian
yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subyek penelitian adalah
pos PAUD di Kabupaten Bangkalan. Teknik pemilihan subyek berdasarkan
purposive sampling. Teknik keabsahan data adalah triangulasi sumber. Hasil
penelitian menunjukkan beberaha hal. Pertama, latar belakang ekonomi
berpengaruh thd jenis sekolah yang dipilih orang tua siswa. Kedua, sarana
dan prasarana yang dimiliki POS PAUD masih minim.Ketiga,pola pengasuhan
yang diterapkan bervariasi , mulai dari tipe otoriter, demokrasi dan permisif.
Kata kunci : Pola pengajaran, pola asuh, anak usia dini
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Agustiawati Isni , 2014, Pengaruh Pola Asuh terhadap Prestasi Belajar Siswa pada
MataPelajaran Akuntansi kelas XI di SMA Negeri 26 Bandung.Universitas
Pendidikan Indonesia.Repository.upi.edu
Alfiana, Ester N, 2013, Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak dalam Keluarga Pada Bidang
Pendidikan di Dusun Pandaan Desa Pandanan Kecamatan Wonosari Klaten.
Universitas Negeri Yogyakarta
Wawancara dengan orang tua walimurid dan guru PGRI Banyuajuh, Juli 2016
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i1.1844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Netty Dyah Kurniasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.