REBRANDING EKALOKASARI PLAZA “Pattern of Communication In Rebrandring Process Ekalokasari Plaza"

Arien Afriesta, Hanny Hafiar, FX Ari Agung Prastowo

Abstract


Abstrak

Perkembangan pusat perbelanjaan yang semakin meningkat di Kota Bogor

mendorong Ekalokasari Plaza (sekarang menjadi LIPPO Plaza Bogor) untuk

melakukan perubahan agar dapat bersaing dengan berbagai pusat perbelanjaan

modern lainnya, khususnya yang berada di Kota Bogor.

Ekalokasari Plaza yang sekarang sudah berubah menjadi LIPPO Plaza Bogor

merupakan salah satu pusat perbelanjaan tertua di Kota Bogor, bahkan lebih tua

dibandingkan Botani Square yang menjadi pesaing utama pusat perbelanjaan modern

di Kota Bogor. Berdasarkan sebuah situs blog yang bernama “Hello Bogor” terdapat

informasi tiga besar pusat perbelanjaan modern terbesar di Kota Bogor pada tahun

2012, yaitu Botani Square, Ekalokasari Plaza (LIPPO Plaza Bogor), dan Cibinong

City Mall.


References


DAFTAR PUSTAKA

Ardianto, Elvinaro dan Soemirat. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan Keenam.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro dan Soemirat. 2011. Metode Penelitian untuk Public Relations:

Kuantitatif dan Kualitatif. Cetakan Kedua. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Aw, Suranto. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Barnes, James G. 2003. Secret Customer Relationship Management. Yogyakarta: Andi.

Creswell, John W. 2007. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five

Approaches. Second Edition. California: Sage Publications, Inc.

Cutlip, Scott M., dkk. 2006. Effective Public Relations: Merancang dan Melaksanakan

Kegiatan Kehumasan dengan Sukses. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Daymon, Christine & Immy Holloway. 2008. Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public

Relations and Marketing Communications. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga:

Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra

Aditya Bakti.

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi, Teori, dan Praktek. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Hardiman, Ima. 2007. Karier Public Relations The Most Wanted Job!. Jakarta: Gagas

Ulung Publisher.

Harris, Thomas L. 1991. The Marketers Guide to Public Relations. United States of

America: John Wiley & Sons, Inc.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya. Jakarta:

Ghalia Indonesia.

Herdiansyah, Haria. 2012. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:

Salemba Humanika.

Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia.

Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kennedy, John E. & R. D. Soemanagara. 2009. Marketing Communication: Taktik &

Strategi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Moleong, Lexy. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Daddy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi

dan Ilmu Sosial Lainnya. Cetakan ketujuh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

, Sandra. 2001. Strategi Public Relations. Jakarta: Esensi.

Rakhmat, Jalaludin. 2001. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations Media Komunikasi: Konsepsi dan

Aplikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soekanto, Soerjono. 2004. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Soemanagara, R. D. 2006. Strategi Marketing Komunikasi: Konsep Strategis dan Terapan.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management and Strategy. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi

Wilcox, Dennis L. 2006. Public Relations: Strategi dan Taktik. Batam: Interaksara.

Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Jurnal/ Artikel:

Juntunen, Mari et al, University of Oulu. 2009. Corporate re-branding as a process. 6-7

April 2009, Athens, Greece.

Kalakota, R. dan Robinson, M. 2001. E-Business 2.0 Roadmap for Success. Massachusetts:

Addsion Wesley Longman Inc.

Lee Goi-Chai, Curtin University & Mei-Teh Goi, Kuala Lumpur Infrastructure University

College. 2011. Review on Models and Reasons of Rebranding Vol.5. 11 Oktober

http://www.ipedr.com/vol5/no2/99-H10243.pdf, diakses pada tanggal 2

November 2015

Londa, Baraney Nicolas, dkk. 2014. Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi dalam

Meningkatkan Kesuksesan Sparkle Organizer Vol. III.

Suciawan, Felicia Janice, Universitas Kristen Petra Surabaya. 2014. Relationship

Management Tenant Relations Mal XYZ.

Artikel berjudul Public Relations is Esential to Launching A New Brand, Leslie McKerns,

http://aboutpublicrelations.net/ucmckerns6.htm, diakses pada tanggal 2 November

Sumber Lain:

Data Door Counter LIPPO Plaza Bogor bulan September 2015

http://hellobogor.com/10-pusat-perbelanjaan-modern-di-kota-bogor/, diakses pada tanggal

Oktober 2015 pukul 15.20

http://lovelybogor.com/botani-square-bogor/, diakses pada tanggal 1 Oktober 2015 pukul

20

http://www.lippomalls.info/malls/cContentLvl2.aspx?d=9&t=7, diakses pada tanggal 1

Oktober 2015 pukul 15.20




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i1.1839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Arien Afriesta, Hanny Hafiar, FX Ari Agung Prastowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: