Penataan Objek Wisata Sebagai Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Kegiatan Visit Batam 2010

Angel Purwanti

Abstract


Abstract


Communication strategy as an activity or communication campagne used to
information or persuades to build understanding and forced an idea or cases,
product or service that is planned. Batam tourism increasing is by Visit Batam.
One strategy would be communicated by the Department of Tourism and Culture
Batam namely Arrangement and Infrastructure Improvement. The approach
used in structuring and improving the infrastructure and the revitalization of
Jodoh and Nongsa structuring, development and upgrading of roads Batam
city, and the management and urban utility increasing. This research as a
qualitative research with descriptif-case study approaching. Data source used
depth interview, observation and documentations.


Keyword : Communication Strategy, Case Study, Qualitative Research,
descriptive


Abstrak


Strategi komunikasi merupakan kegiatan atau kampanye komunikasi yang
sifatnya informasial maupun persuasive untuk membangun pemahaman dan
dukungan terhadap suatu ide, gagasan atau kasus, produk maupun jasa yang
terencana. Peningkatan Pariwisata Kota Batam dilakukan dengan bentuk
kegiatan Visit Batam. Salah satu trategi yang di komunikasikan oleh Dinas
Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam yaitu Penataan dan Peningkatan
Infrastruktur. Pendekatan yang dilakukan dalam penataan dan peningkatan
infrastruktur yaitu revitalisasi dan penataan kawasan Jodoh dan Nongsa,
pembangungan dan peningkatan jalan Kota Batam, dan pengelolaan dan
pengingkatan utilitas perkotaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.


Kata Kunci: Strategi komunikasi, Studi Kasus, Penelitian Kualitatif, Deskriptif


References


DAFTAR PUSTAKA

Ashworth G.J. dan Tunbridge, J.E. 1990. The Tourist-Historic City. John Wiley&Sons,

England.

Biederman, Paul S., ect. 2007. Travel and Tourism: An Industry Primer. Pearson Education,

Inc. Upper Saddle River, NJ.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Cutlip, Scott M, Center, Alen H, & Broom, Glen M. 2006. Effektive Public Relations.

Terjemahan Tri Wibowo, B.S. Jakarta. Kencana.

Edgell Sr, David L., Allen, Maria D., Smith, G., Jason, R. Swanson. 2008. Tourism Policy

and Planning: Yesterday, Today, and Tomorrow. Elsevier, Burlington.

Fandeli, Chafid, 1997. Dasar-dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Liberty. Yogyakarta.

Goeldner, Charles A. and J.R. Brent Ritchie. 2006.Tourism: Principles, Practices,Philosophies.

th ed. Wiley, Hoboken, NJ.

Gozali, Dodi M. 2005. Communication Measurment, Konsep dan Aplikasi Pengkuran

Kinerja Public Relations. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Gulo, W. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta. Grasindo.

Inskeep, Edward. 1991. Tourism Planning- An Integrated Sustainable Approach. Van

Nostrand Reinhold. New York.

Kodhyat H, 1996. Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia. Grasindo. Jakarta.

Komari SS, Ta’In. 2008. Batam Tergadai 70 Tahun. Batam. Kelompok Diskusi Anti 86.

Miles, Matthew B dan Huberman, A. Michael, 1992. Analisis Data Kualitatif. UI Press.

Jakarta.

Moleong, Lexy J, 2002. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyana, M.A, Ph.D, Prof. Deddy. 2008.Komunikasi Massa. Bandung. Widya Padjajaran.

Nazir Ph.D,Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Page, Stephen J. dan Hall, Michael C. 2003. Managing Urban Tourism. Pearson Education

Limited. Harlow.

Page, Stephen. 1995. Urban Touris. Routledge. London.

Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Prijana M.si & Semendison S.U,Drs.Ins. 2005. Metode Sampling Untuk Penelitian Sosial.

Bandung. Humaniora.

Richard, Greg dan Wilson, Julie. 2007. Tourism, Creativity, and Development. Routledge.

Oxon.

Soekadijo, R. G, 1997. Anatomi Pariwisata : Memahami Pariwisata Sebagai Sistem Linkage.

Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Strauss,Aselm & Corbin,Juliet. 2003. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Terjemahan

Muhammad Shodiq & Imam Muttaqien. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Offset.

Subyantoro,Arief & Suwarto,FX. 2007. Metode dan Teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta.

Andi.

Suprapto MS, Drs Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta. Media

Pressindo.

Tarigan, DRS.Josep R & Suparmoko,MA,Ph.D,Drs.M. 2000. Metode Pengumpulan Data,

Untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Ekonomi. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.

Uchjana,Prof.Onong. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung. Citra Aditya

Bakti.

Yin, Prof.Dr.Robert K. 1996. Studi Kasus, Desain dan Metode. Raja Grafindo Persada.

Jakarta.

Yoeti, Oka A, 1990. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa. Bandung.

Yoeti, Oka A, 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. PT. Pradnya. Paramita.

Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i1.1834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Angel Purwanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: