Aplikasi Model Komunikasi Berlo dalam Komunikasi Pemasaran PT. Lion Wings Indonesia
Abstract
Dalam dunia bisnis peran pemasaran menjadi hal yang crusial. Salah satunya demi melancarkan pemasaran perlu dilakukan komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Dalam proses komunikasi tersebut diperlukan komunikasi yang tepat agar komunikasi berjalan efektif. Pada penelitian kali ini dilakukan pada PT. Lion Wings Indonesia dalam menyampaikan beberapa pesan sebagai bentuk komunikasi pemasarannya kepada khalayak. Pesan tersebut berupa beberapa iklan yang berupa video dan foto dari media sosial yang kemudian dianalisis dengan teori model komunikasi dari David Barlo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan PT Lion Wings Indonesia pada beberapa iklan yang ada di media sosial dilihat dari prespektif model komunikasi David K Berlo. Teori ini meliputi empat komponen penting pada sebuah proses komunikasi meliputi: Sender, Message, Channel, dan Receiver (SMCR). Peran sender disini adalah PT. Lion Wings Indonesia itu sendiri. Message yaitu pesan yang disampaikan seperti halnya iklan yang diupload di beberapa youtube dan foto yang ditampilkan dinstagram. Channel yaitu media yang digunakan dalam meyampaikan pesan yaitu media online yakni youtube dan instagram. Adapun yang dimaksud dengan Receiver yaitu khalayak yang melihat pesan atau iklan yang telah disampaiakan PT. Lion Wings Indonesia dalam menyampaikan produknya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliya, Humaira. 2022. FMCG: Apa Itu, Jenis Produk, Contoh di Indonesia, dan Prospek Kerja. https://glints.com/id/lowongan/perusahaan-fmcg-adalah/#.Yzk_1nZBw2w
Ardial dan Yustina I. 2011. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Asuransi Bumi Asih Jaya Medan. Jurnal Ilmu Sosial- Fakultas ISIPOL UMA ISSN : 2085 – 0328 Perspektif/ Volume 4/ Nomor 1/ April 2011, h. 8-9.
Azwar, Saifuddin. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Batjo, Nurdin. 2018. Penerapan Komunikasi Pemasaran terhadap Prilaku dan Putusan Pembelian. DINAMIS- Journal of Islamic Management And
Bussines Vol. 1, No. 2 Oktober 2018. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/dinamis/article/view/450
Emeronlovely. 2022. Gambar 10. Be Lovely be Happy with Bestie. https://www.instagram.com/p/CjCxgVeLcvA/
Emeronlovely. 2022. Gambar 11. Tips Kulit Tetap Sehat selama Liburan. https://www.instagram.com/p/Ci4lIfWL1-L/
Facebook Kota Jakarta Timur. 2021. Korban Kebakaran RW 13 Jatinegara Terima Bantuan Perlengkapan Mandi. https://m.facebook.com/kotajakartatimur/photos/a.2065349510454269/2934377683551443/?type=3&_rdr
Hermawan, Shinta. 2017. BAB 3 GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN. Pada mulanya PT Lion Wings lahir dengan nama PT Cipta Segar Harum, berdiri sejak. https://docplayer.info/44308982-Bab-3-gambaran-umum-perusahaan-pada-mulanya-pt-lion-wings-lahir-dengan-nama-pt-cipta-segar-harum-berdiri-sejak.html
Idris, Nahri. 2017. Mengkaji Ulang Pola Komunikasi Pemerintah dalam Pemberdayaan Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan. Vol. 21 No.1 Juni 2017: 37-48. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1539334&val=14475&title=MENGKAJI%20ULANG%20POLA%20KOMUNIKASI%20PEMERINTAH%20DALAM%20PEMBERDAYAAN%20SUKU%20ANAK%20DALAM%20DI%20PROVINSI%20JAMBI
Jatmiko. 2012. Komunikasi Pemasaran sebagai Strategi Memperluas Pasar. Jurnal Komunikologi. Vol 9, No 2. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Kom/article/view/1016
Konsultanku.co.id. 2020. Perbedaan Customer, Consumer, dan Client. https://konsultanku.co.id/blog/perbedaan-customer-consumer-dan-client
Kota Administrasi Jakarta Timur. 2020. Kelurahan Cakung Barat Terima 250 Bantuan Paket Sembako dari PT Lion Wings. https://timur.jakarta.go.id/v15/news/Pemerintahan/7331/kelurahan-cakung-barat-terima-250-bantuan-paket-sembako-dari-pt-lion-wings
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Kurniawan, Helmi dan Redi Panuju. 2019. Raka Riki sebagai Ujung Tombak Strategi Komunikasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan PerjalananVolume 3Nomor 2, 2019: 67-78. https://journal.stp-bandung.ac.id/index.php/jk/article/view/8/31
Kusniadji, Suherman. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi. Vol. 8, No. 1, Juli 2016, Hal 83 – 98. ISSN 2085-1979, EISSN 772528 202009. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/49
Library.binus.ac.id. 2012. BAB 1 PENDAHULUAN Latar Belakang PT Lion Wings. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab1/2012-1-00433-MN%20BAB%201.pdf
Lionwings.com.Perawatan Anak Kodomo. https://www.lionwings.com/id/product/28/kodomo
Moeleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
My-best.id, 2022. 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022). https://my-best.id/11971
Nasrudin, Ahmad. 2019. Budaya Perusahaan. https://cerdasco.com/budaya-perusahaan/
Oktavia, Fenny. 2016. Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Dalam Memediasi Kepentingan PT. Bukit Borneo Sejahtera Dengan Masyarakat Desa Long Lunuk. Dunia Komunikasi, Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Volume 4, Nomor 1, 2016: 239-253. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2381
Papeo, Adyan., J. A. F. Kalangi., dan Aneke, Y. Punuindong. 2018. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Citra Perusahaan PT. Telkom Indonesia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis ISSN : 2338 – 9605. Vol. 6 No. 3. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/20291
Pressrelease.kontan.co.id. 2020. Wings Peduli Banjir Jabodetabek. https://pressrelease.kontan.co.id/release/wings-peduli-banjir-jabodetabek?page=all
Putri, Farizqa Ayuluqyana. 2021. Mengenal SMCR, Model Komunikasi yang Dipelopori David Kenneth Berlo. https://tirto.id/mengenal-smcr-model-komunikasi-yang-dipelopori-david-kenneth-berlo-f8V5
Repository.dinus.ac.id. MODEL KOMUNIKASI SMCR (DAVID K. BERLO). https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/PERTEMUAN_6_MODEL_KOMUNIKASI_SMCR_(DAVID_K.BERLO)_.pdf
Sabrinah. 2017. Makna Sosialisasi BNN (Badan Narkotika Nasional) Terhadap Remaja dan Masyarakat (Studi Kasus Penanggulangan Bahaya Narkoba Kabupaten Tana Toraja Kecamatan Makale). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/5627-BAB_II.pdf
Sarjita. 2016. Komunikasi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Pasar. JBMA – Vol. III, No. 1, Maret 2016 ISSN : 2252-5483, h. 59.
Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia Bandung
Temankodomo, 2022. Gambar 6: Kodomo Top To Toe Hair & Body Bath https://www.instagram.com/p/CYoOwHIJP3A/?utm_source=ig_web_button_share_sheet
Temankodomo, 2022. Gambar 7: Tunggu apa lagi Moms, yuk daftarkan si Kecil ke Kodomo Fun Class bareng Angklung Udjo. https://www.instagram.com/p/CcfWObUrc1p/
Temankodomo, 2022. Gambar 8: Hi Moms! Kenapa sih Si Kecil harus menggunakan Kodomo Body Wash untuk teman mandinya? https://www.instagram.com/p/CiZcJGVuZB4/
Warsita, Bambang. 2014. Kontribusi Teori dan Teknologi Komunikasi dalam Teknologi Pembelajaran. Jurnal KWANGSAN Vol. 2 - Nomor 2, Desember 2014. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/16
Zink_Id, 2022. Gambar 5. Aktif seharian berolahraga di indoor atau outdoor No Worries! https://www.instagram.com/p/CarsX1cByVh/?igshid=NGIzOGRhOTI=
Zink IndonesiaYoutube, 2021. Gambar 4. ZINC Hijab Active : Makin Aktif Bergerak dan Tetap Fresh Sepanjang Hari!.
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i1.17080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Qoniah Nur Wijayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.