Problematika Penggunaan New Media (Whatsapp) di Kalangan Lansia Sebagai Media Bertukar Pesan di Era Digital

Osa Wuriyanti, Poppy Febriana

Abstract


Di era digital membuat segala hal dalam kehidupan menjadi serba digital, hal ini membuat segala aspek kehidupan menjadi lebih efektif dan akan memudahkan para penggunanya. Sebagian besar masyarakat sudah memiliki perangkat telepon genggam dengan berbagai macam kepentingan, mulai dari membaca berita, berbelanja, memesan layanan pesan antar, belajar, media sosial, permainan hingga bertukar pesan. Pada saat ini, salah satu media bertukar pesan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Whatsapp. Dikutip dari data Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berisikan bahwa pengguna internet di Indonesia terdapat 171 juta atau 64,4 persen menggunakan internet, dimana 171 juta warga Indonesia 83 persennya menggunakan Whatsapp. Dari sekian banyak pengguna Whatsapp itu berasal dari berbagai kalangan usia, baik anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Terlebih media komunikasi yang digunakan untuk bertukar pesan layaknya Whatsapp merupakan media utama bagi sanak keluarga yang terpisah jarak agar tetap dapat saling bersilaturahmi dengan kakek atau neneknya. Namun masalah muncul ketika kemajuan teknologi yang begitu cepat membuat para lansia gagap akan kemajuan tersebut, hal ini menimbulkan beberapa problematika tersendiri. Beberapa hambatan yang dialami lansia dalam menggunakan teknologi khususnya Whatsapp yaitu mulai dari hambatan interpersonal, hambatan struktural dan hambatan fungsional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penggunaan Whatsapp di kalangan lansia sebagai media bertukar pesan di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Peneltian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz, sebagai dasar untuk menganalisa fokus permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini.

Keywords


Whatsapp; Lansia; Media Sosial; Fenomenologi; Hambatan

References


(Paper)

Amna, Afina. 2018. “WhatsApp Dan Konsep Jarak Sosial Baru Di Masyarakat .” Jurnal Expose 1(2).

Ashari, Rizqi Amna, Afina. 2018. “WhatsApp Dan Konsep Jarak Sosial Baru Di Masyarakat .” Jurnal Expose 1(2).

Ganis. 2018. “Memahami Hambatan Dan Cara Lansia Mempelajari Media Sosial.” Jurnal Ilmu Komunikasi 15(2).

Cahyani, Intan Putri. 2019. “Digital Literacy of Lecturers as Whatsapp Group Users In Spreading Hoax Information and Hate Speech.” Expose Journal 2(2).

Friemel, T. N. 2014. “The Digital Divide Has Grown Old: Determinants of a Digital Divide among Seniors.” New Media & Society 18(2)

Juditha, C. 2018. “Interaksi Komunikasi Hoax Di Media Sosial Serta Antisipasinya.” Jurnal Pekommas 3(1).

———. 2019. “Literasi Informasi Melawan Hoaks Bidang Kesehatan Di Komunitas Online.” Jurnal ILMU KOMUNIKASI.

Kominfo. 2018. “Penyebar Hoaks Berkisar Usia 45 Ke Atas.” Kominfo.

———. 2019. “Kominfo, WhatsApp Kenalkan Literasi Privasi Dan Keamanan Digital.” Kominfo.

Laloan, Meryen Gladys. 2020. “Analisis Kesalahan Bahasa Inggris Dalam Media Sosial Whatsapp.” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi 12(1).

Osman, A et al. 2012. “The Depression Unxiety Stress Scales-21(DASS-21):Further Examnination Of Dimentions, Skill Reliability, And Correlates.” Journal Of Clinical Psikologi 68(12).

Pranajaya, and Hendra Wicaksono. 2017. “Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) Di Kalangan Pelajar (Studi Kasus Di MTs Al Muddatsiriyah Dan MTs Jakarta Pusat).” Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora 7(1).

Quadrello, T. et al. 2005. “Grandparents Use of New Communication Technologies in a European Perspective.” European Journal of Ageing.

Rahartri. 2019. “"Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah Di Kawasan Puspiptek) .” Visi Pustaka 21(2).

Rayani, Dewi, and Dewi Nur Sukma Purqoti. 2020. “Kecemasan Keluarga Lansia Terhadap Berita Hoax DI Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Realita 5(1).

Restyandito, and Erick Kurniawan. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Oleh Orang Lanjut Usia Di Yogyakarta.” Prosiding Seminar Nasional XII “Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi 2017.”

Salsabilla, Tiara, and Moch Zainuddin. 2021. “Upaya Adaptasi Modernisasi Kegiatan Lansia Melalui Media Sosial Dalam Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pekerjaan Sosial 4(1).

Setiawan, Joe Harrianto, Cintia Caroline, and Jheva Adi Ilham Akbar. 2020. “Komparasi Berita Negatif Dan Positif Mengenai Covid-19 Di Situs Detik Dan Kompas.” Expose Journal 3(2).

Suri, Dharlinda. 2019. “Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Dalam Perwujudan Dan Pembangunan Nasional.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 17(2).

Vosoughi, Soroush, Deb Roy, and Sinan Aral. 2018. “The Spread of True and False News Online.” Science 359(6380): 1146–51.

We are Social. 2020. “Hootsuite.” https://wearesocial.com/digital-2020.

Wijaya, Stefani, and Arya Subarkah Eddyono. 2021. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Oleh Redaksi Kuningmass.” Expose Journal 6(1).

(Buku)

Azwar, Saifudin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik. 2020. Statistik Penduduk Lanjut Usia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Berger, Peter, and Thomas Luckmann. 1990. Tafsir Sosial Atas Kenyataan. Jakarta: LP3ES.

Damayanti, Kristina Asih, and Johanna Renny Octavia Hariandja. 2015. Perancangan Aplikasi Social Media Bagi Lansia Berdasarkan Model Desain Partisipatif. Bandung: LPPM Universitas Katolik Parahyangan.

Hope, A, T. Schwaba, and A. M. Piper. 2014. “Understanding Digital and Material Social Communications for Older Adults.” In Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems, New York: ACM.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, Stephen W. 2012. Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Panuju, R. 2018. Pengantar (Ilmu) Komunikasi : Komunikasi Sebagai Kegiatan, Komunikasi Sebagai Ilmu. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alfabeta.

———. 20013. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Tamher, S, and Noorkasiani. 2009. Kesehatan Usia Lanjut Dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

WHO. 2015. World Health Statistic Report 2015. Geneva: World Health Organization.

Wirawan, Ida Bagus. 2012. Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma: Fakta Sosial, Definisi Sosial Dan Perilaku Sosial. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i2.15770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Poppy Febriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: