Pengaruh Pesan Kampanye Stay at Home di Media Sosial terhadap Motivasi dan Sikap Peduli Kesehatan Sesama Masyarakat di DKI Jakarta selama Pandemi Covid-19

Fasya Syifa Mutma, Reni Dyanasari, Khalifah Sholihah

Abstract


Seluruh masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh Virus Corona. Virus ini mulai masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020, setelah itu terus bermunculan kasus positif sehingga pada 15 Maret 2020 Presiden RI menghimbau masyarakat Indonesia untuk belajar, bekerja dan beribadah dari rumah untuk menekan penyebaran Covid-19. Sekolah dan perusahaan mulai menerapkan belajar dan bekerja jarak jauh, selain itu turut bermunculan kampanye stay at home di media sosial yang berisi pesan edukasi dan ajakan untuk tetap tinggal di rumah selama pandemi. Saat pandemi semakin luas ada masyarakat yang patuh untuk tetap tinggal di rumah dan ada yang tidak patuh. Terdapat berbagai motivasi yang melatarbelakangi ketidakpatuhan masyarakat dan bagaimana sikap kurang patuh terhadap himbauan yang tergambar dari masyarakat. Penelitian ini membahas tentang adanya pengaruh antara pesan kampanye terhadap motivasi dan sikap peduli kesehatan masyarakat sesama masyarakat di DKI Jakarta selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan konsep kampanye, motivasi, sikap, dan teori perilaku terencana. Penelitian ini menerapkan paradigma positivistik dengan metode kuantitatif. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 400 responden yang tinggal di DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden mengalami perubahan dalam motivasi dan sikap berkaitan dengan pesan kampanye stay at home yang dilihatnya. Terdapat pengaruh positif yang kuat antara pesan kampanye stay at home terhadap motivasi, dan pesan kampanye stay at home terhadap sikap peduli kesehatan sesama masyarakat di DKI Jakarta. Semakin sering seseorang melihat pesan kampanye stay at home di media sosial, semakin meningkat pula motivasi dan sikap peduli kesehatan sesama masyarakat di DKI Jakarta selama pandemi Covid-19.


Keywords


pesan kampanye; motivasi; sikap; peduli kesehatan; Covid-19; stay at home

References


Agustina, D. (2020). 56 Persen Masyarakat Sadar Bahaya Covid-19, Mereka Tak Akan Mudik. Tribunnews. https://www.tribunnews.com/corona/2020/04/07/56-persen-masyarakat-sadar-bahaya-covid-19-mereka-tak-akan-mudik

Agustina, S. (2020). Partisipasi Publik menghadapi Covid-19. Kompas.Id. https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/21/partisipasi-publik-menghadapi-covid-19/

Arsendy, S. (2020). Riset Dampak Covid-19: Potret Gap Akses Online ‘Belajar Dari Rumah’ Dari 4 Provinsi. Theconversation.Com. https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534

Astutik, Y. (2020). #Dirumahaja Jadi Kesempatan Komunikasi Keluarga Tanpa Gadget. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200402113859-33-149325/dirumahaja-jadi-kesempatan-komunikasi-keluarga-tanpa-gadget

Christyaningsih. (2020). Kebijakan Stay At Home Harus Jadi Kesadaran Publik. Republika.Com. https://republika.co.id/berita/q8lxnk459/kebijakan-emstay-at-homeem-harus-jadi-kesadaran-publik

Desena, T. (2020). Geram Banyak Masyarakat Masih Kumpul-Kumpul, Polri Akui Bubarkan Massa Lebih Dari 1000 Kali. Tribunnews. https://newsmaker.tribunnews.com/2020/03/26/geram-banyak-masyarakat-masih-kumpul-kumpul-polri-akui-bubarkan-lebih-dari-1000-massa

Eliana, & Sumiati, S. (2020). Kesehatan Masyarakat. Pusdik SDM Kesehatan Masyarakat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Kesehatan-Masyarakat-Komprehensif.pdf

Elvina, L. (2020). WHO Tetapkan Wabah Virus Corona Sebagai Pandemi Global. Kompas TV. https://www.kompas.tv/article/70893/who-tetapkan-wabah-virus-corona-sebagai-pandemi-global

Firdaus, F. (2020). Update Corona Indonesia-Dunia 1 Juni 2020: Sebaran & Data Terbaru. Tirto. https://amp-tirto-id.cdn.ampproject.org/v/s/amp.tirto.id/update-corona-indonesia-dunia-1-juni-2020-sebaran-data-terbaru-fEmM?usqp=mq331AQFKAGwASA%3D&_js_v=0.1#aoh=15977664280567&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=Dari %251%24s&share=https%3A%2F%2Ft

Galih, B. (2020). 5.923 Kasus Positif Covid-19, Dki Jakarta Masih Jadi Episentrum Penularan. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/18/07175221/update-17-april-5923-kasus-positif-covid-19-dki-jakarta-masih-jadi?page=1

Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Profita, 1(2), 35.

Pratiwi, P. S. (2020). Jokowi Imbau Masyarakat Bekerja dan Beribadah di Rumah. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200315141316-32-483586/jokowi-imbau-masyarakat-bekerja-dan-beribadah-di-rumah

Schiffman, L., G., Kanuk, L., L., & Hansen, H. (2012). Consumer Behavior: Eurpoean Outlook. 2. www.libgen.is

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer behaviour (8th ed.). www.libgen.is

Solomon, M. R., Bamossy, G. J., Askegaard, S., & Hogg, M. K. (2016). Consumer Behaviour : A European Perspective (6th ed.). www.libgen.is

Tench, R., & Yeomanz, L. (2017). Exploring Public Relations, Global Strategic Communication. Pearson.

Untari, P. (2020). Pengguna Media Sosial Di Dunia Capai 3,8 Miliar. Okezone. https://techno.okezone.com/read/2020/02/20/207/2171425/pengguna-media-sosial-di-dunia-capai-3-8-miliar

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik. Simbiosa Rekatama Media.

Warta Ekonomi. (2020). Kampanye Bersama #Medialawancovid19: Masyarakat Di Rumah Saja. WartaEkonomi.Co.Id. https://www.wartaekonomi.co.id/read277811/kampanye-bersama-medialawancovid19-masyarakat-di-rumah-saja/2




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i2.15398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fasya Syifa Mutma, Reni Dyanasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: