Strategi Komunikasi Publik Kemenkes RI Dalam Membangun Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Untuk Vaksinasi Covid-19 Melalui Model SOSTAC

Rain Gunawan, Ahmad Toni

Abstract


Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19) telah menimbulkan berbagai krisis di Indonesia. Bahkan kini, beberapa negara tengah mengalami gelombang ketiga pandemi covid-19 dimana angka persebaran dan keterjangkitannya masih sangat tinggi. Pemerintah telah mencanangkan dan menggalakan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu langkah untuk mengakhiri pandemi covid-19. Agar program vaksinasi ini dapat berjalan sukses dan mencapai target yang telah ditetapkan, tentunya diperlukan strategi komunikasi publik yang bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Banyaknya pemahaman yang keliru tentang vaksin covid-19, berbagai pro-kontra di masyarakat dan juga banyaknya informasi palsu (Hoax) terkait vaksin covid-19 merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mmenganalisis strategi komunikasi publik yang di terapkan oleh Humas Kemenkes RI dalam upaya membangun partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk berperan serta aktif pada program vaksinasi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Kemenkes dalam upaya menumbuhkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk ikut program vaksin ini adalah dengan memberikan informasi dan edukasi melalui kampanye vaksin dengan menggunakan strategi komunikasi publik melalui berbagai media dan melibatkan penggerakan/pemberdayaan masyarakat melalui kolaborasi pentahelix. Kampanye vaksin ini dilakukan dengan menggunakan berbagai media (baik media berbayar, media milik sendiri ataupun media gratis yang diperoleh dari hasil kerjasama dengan berbagai elemen). Humas Kemenkes menggunakan model SOSTAC untuk menyusun strategi komunikasi, yaitu melalui tahapan situasi analisis, objevtive, strategi, taktik, aksi dan controlling. Melalui tahapan tersebut, maka strategi komunikasi bisa lebih terarah dan dilakukan secara optimal. dan penanganan berita hoax juga di gencarkan untuk menangkis isu negative tentang vaksin sehingga masyarakat memiliki pemahaman yang baik tentang vaksin.


Keywords


Vaksinasi Covid-19, Komunikasi Publik, Strategi Komunikasi, Humas Pemerintah, Strategi Humas, Model SOSTAC

References


Buku

Ahmad, Riswan nasution. 2020. Bahan ajar teknik komunikasi publik, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas angkatan II BPS. Jakarta

Arikunto, Suharsimi.2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta

Elvinaro, 2004, Humas: Suatu pendekatan praktis “ kiat menjadi komunikator dalam berhubungan dengan publik dan masyarakat”. Pustaka bani Quraisy, Jakarta

Emzir. Prof. Dr. 2016. Metodologi Penelitian kualitatif: Analisis Data, PT. Rajawali Press. Jakarta

Fertman, Cl, & Allensworth, DD. 2016. Health Promotion Programs: From Theory to Practice, 2nd Edition. Jossey-Bass Inc, San Fransisco

Glanz Karen., Viswanath.K, Rimer Barbara.K. 2015. Health Behavior and Health Education: Theory, Research and Practice, 5th edition. Jossey-Bass Inc., San Francisco

Hakim, Wildan. 2014. Strategi Komunikasi Publik. Jakarta

Hidayat, Dedy. 2013. Paradigma dan metodologi penelitian sosial empirik klasik, Departemen ilmu komunikasi FISIP UI Jakarta.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Komunikasi Publik

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2020. Juknis Pelayanan Vaksinasi COVID-19. Jakarta

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Permenkes nomor 64 tahun 2015 Pasal 101 tentang pembentukan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, SOTK Kemenkes. Jakarta

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Pedoman Umum Kehumasan. Jakarta

Lestari, mayang. 2020. Strategi komunikasi, teroi dan langkah lengkapnya. Jakarta

Mintzberg, Henry, James Brian Quinn, dan Joseph Lampel. 2014. The Strategy Process: Concepts, Contexts, Cases. 5th edition. Trans Atlantic Publication. London

Moleong, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Mohamad Asri Amin, 2012. Promosi efektif mengajak komunitas. Leutikaprio, Yogyakarta

Mulyana, Dedy. 2017. Ilmu komunikasi suatu pengantar, cetakan 21. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Nawawi, Hadiari. 2020. Manajemen strategi organisasi non profit bidang pemerintahan. Gajah mada University Yogyakarta

Newman, LW. 2016. Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi 7. Indeks, Jakarta

Nursalam, 2016. Metode penelitian ilmu keperawatan: pendekatan praktis edisi 4. Salemba Medika. Jakarta

Onong Uchjana, 2017. Imu Komunikasi teori dan praktek. Cetakan ke 28. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Rosady, Ruslan. 2018. Manajemen public relaion dan media komunikasi. Raja Grafindo Persada Jakarta

Rosady, Ruslan. 2013. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Raja Grafindo Persada Jakarta

Sari, Betty Wahyu Nilla, 2012. Humas Pemerintah. Graha Ilmu, Yogyakarta

Setiadi, Elly.M. Kolip Usman. 2011. Pengantar Sosiologi: Pemahaman fakta dan gejalan permasalahan sosial: teori, aplikasi dan pemecahannya. Kencana Prenada Media Group. Jakarta

Smith,PR.2017. eMarketing eXcellence: Planning and optimizing your digital marketing. Chennai

Starykh,N. 2018. Communication theories and design practice of strategy communication in social field

Subandrio, Budi. 2020. Bahan ajar pelatihan kepemimpinan pengawas BPS. Jakarta

Sugiyono. 2017 Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. CV Alfabeta. Bandung.

Trisnowati, Heni. 2018. Perencanaan Program Promosi Kesehatan. PT. Andi, Yogyakarta

Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Jakarta

Sumber Internet

http://www.Covid19.go.id, di akses tanggal 26 agustus 2021, 13:40

http://www.Kemkes.go.id, diakses tanggal 26 agustus 2021, 13:30

http://www.setkab.go.id/, diakses tanggal 26 agustus 2021, 13:35

http://www.komisiinformasi.go.id/, diakses pada tanggal 26 agustus 2021, 11:45

http://www.komunikasipraktis.com/, diakses pada tanggal 26 agustus 2021, 11:35

http://www.kompas.com/kebijaan_publik_pengertian_tujuan_dan_ciri, diakses pada tanggal 26 agustus 2021, 15:21

http://www.pakdosen.co.id/humas, diakses pada tanggal 26 agustus 2021, 11:48

http://sosiologis.com/objek_penelitian_kualitatif, di akses pada tanggal 28 agustus 2021, 16:43

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-paradigma/,di akses mei 2021

https://www.alodokter.com/mengetahui-manfaat-vaksin-COVID-19-dan-kelompok-penerima-prioritasnya, di akses pada tanggal 28 agustus 2021, 15:15

World Health Organization, https://www.who.int/dg/speeches/detail/ who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-COVID-19---11-march-2020,di akses mei 2021

Verdiana,Benedikta Miranti Tri. 2020. Liputan6.com: Kedatangan Va16.ksin COVID-19 Sinovac di Indonesia. Diunggah pada 7 desember 2020, 10:58 WIB,di akses 26 agustus 2021, 11:20

Kompas.com, Ibu yang tolak di vaksin di Boltim hingga minta di tembak polisi, http://regional.kompas.com/read/2022/01/27/091102278/ibu-yang-tolak-divaksin-di-boltim-hingga-minta-ditembak-polisi-ini-kata, di akses pada tanggal 27 januari 2022

Sumber Riset

Feliza Zubair, Retasari Dewi dan Ade Kadarisma, Strategi Komunikasi Publik Dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa Terhadap Penerapan PTNBH, Jurnal Profetik Jurnal Komunikasi Vol 11, No.2, Oktober 2018

Muslim, 2016. Varian-varian paradigma, pendekatan, metode dan jenis penelitian dalam ilmu komunikasi, jurnal wahana, Vol 1, No.10

Riky rakhmadani, 2020. Strategi Komunikasi Publik Gugus Tugas COVID-19 Dalam Program Kampung Tangguh (Studi Komunikasi Publik Pada Program Kampung Tangguh Bersahabat Kota Mojokerto). Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 3 No.2 Tahun 2020




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i1.13817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rain Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: