Pengaruh Terpaan Iklan Tokopedia 12th X BTS Terhadap Minat Beli Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi Covid-19

Nabila Sahma Libriyanti, K. Y.S. Putri, Marisa Puspita Sary

Abstract


Banyaknya iklan di media sosial pada saat pandemic covid-19 berlangsung membuat penggunanya tertarik untuk melakukan pembelian terhadap produk barang/jasa yang diiklankan. Salah satu industri yang sangat memanfaatkan iklan saat pandemic adalah e-commerce Tokopedia yang turut menampilkan iklan nya diberbagai platform media sosial. Iklan WIB Tokopedia 12th X BTS di Twitter salah satunya yang bukan hanya menarik perhatian para penggunanya yang merupakan mahasiswa atau pelajar, namun juga Ibu Rumah Tangga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Iklan WIB Tokopedia 12th di Twitter terhadap Minat Beli Ibu Rumah Tanggal penggua Twitter dimasa Pandemi Covid-19. Dengan mengacu pada teori Jarum Hypodermic dan menggunakan metode penelitian Kuantitatif, penelitian ini mendapatkan hasil penelitian bahwa Terpaan Iklan WIB Tokopedia 12th di Twitter mempengaruhi Minat Beli Ibu Rumah Tangga Pengguna Twitter dimasa Pandemi Covid-19.

Keywords


Terpaan Iklan, Minat Beli, Tokopedia, Ibu Rumah Tangga, Twitter, Covid-19

References


Artikel

. Augusty, F. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

. Bayu, D. J. (2021). Survei: Masyarakat yang Alami Penurunan Pendapatan Akibat Covid-19 Meningkat. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/23/survei-masyarakat-yang-alami-penurunan-pendapatan-akibat-covid-19-meningkat

. Handayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi KaHandayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189.

. Hanifa, R. N., Fitriana, A., Tayo, Y., & Karawang, U. S. (2018). Pengaruh intensitas terpaan iklan shopee di televisi terhadap minat beli mahasiswa. Jurnal Politikom Indonesia, 3(2), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jpi.v3i2.1653

. HS, T. M. (2018). Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Tokopedia Terhadap Minat Beli Dikalangan Siswa Man 1 Majalengka. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2), 1689–1699.

. Ikhsan, M. (2013). Pengaruh Terpaan Iklan Bukalapak Versi “Belanja Gila Harga Sakit Jiwa” Di Televisi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Di Universitas Riau. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

. Jayani, D. H. (2020). Pendapatan 85,83% Pelaku Usaha E-Commerce Menurun Akibat Covid-19. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/21/penjualan-e-commerce-indonesia-diproyeksi-paling-besar-di-asia-tenggara-pada-2021

. Kim, C. (2021). June 2021 Kpop Boy Groups Popularity & Brand Reputation Rankings. June 2021 Kpop Boy Groups Popularity & Brand Reputation Rankings

. Musfialdy, & Anggraini, I. (2020). Kajian Sejarah Dan Perkembangan Teori Efek Media. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 8(1), 30–42. https://doi.org/10.46806/jkb.v8i1.639

. Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

. Pardamean, R., Asri, I., & Mardani, P. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V15 di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey pada Penyuka Vivo Indonesia di Group Line). Seminar Nasional Riset Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(2), 27–38.

Buku

. Creswell, J. W. C. & J. D. (2018). Reseaarch Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approached (Five Editi). Sage Publication. Inc.

. Griffin, E., Ledbetter, A., & Sparks, G. G. (2018). A First Look At Communication Theory, 10th Edition. In McGraw-Hill. http://www.amazon.com/First-Look-Communication-Theory/dp/0072291532

. Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation. Pearson.

. Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. (2011). Advertising. Kencana Prenadamedia Group.

. Neuman, W. L. (2014). Basics Of Social Research: Qualitative & Quantitative Approaches. Pierson.

. Werner J. Severin, & James W. Tankard, J. (2014). Teori Komunikasi (Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa). Kencana Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i1.13280

Refbacks



Copyright (c) 2022 Nabila Sahma Libriyanti, K. Y.S. Putri, Marisa Puspita Sary

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: