Citra Partai Keadilan Sejahtera Mengenai Perubahan Lambang Partai bagi Generasi Muda

Vera Wijayanti Sutjipto, Maulina Larasati Putri, Marisa Puspita Sary, Fahira Novanra, Putri Dwi Rizni Ananda

Abstract


 

PKS kembali meluncurkan simbol partai barunya. Perubahan ini bukan kali pertama yang dilakukan oleh PKS. Perubahan lambang yang dilakukan dalam hal ini bertujuan untuk mendapatkan suara di kalangan generasi muda pada pemilu mendatang. Perubahan terakhir pada lambang PKS terletak pada bentuknya yang bulat dengan kombinasi warna oranye yang berarti kehangatan dan putih yang melambangkan ketulusan. Inti dari perubahan simbol ini adalah agar PKS tampil lebih segar, lebih dekat dan terbuka dengan berbagai kalangan, termasuk generasi muda. Untuk itu, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana citra PKS terhadap perubahan simbol partai bagi generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini memiliki satu variabel yaitu citra perubahan simbol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 102 responden sesuai dengan kriteria penelitian yaitu generasi muda yang berusia antara 17 tahun sampai dengan 25 tahun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa generasi muda mengetahui tentang perubahan simbol PKS melalui media sosial. Lambang baru PKS berwarna jingga ini, dinilai lebih segar dari lambang sebelumnya yang didominasi warna hitam sehingga terkesan kuno dan monoton. Perubahan lambang PKS berhasil mengubah citra positif partai bagi generasi muda. Generasi mdua beranggapan bahwa perubahan lambang menjadi salah satu upaya yang dilakukan PKS dalam melibatkan dan mewadahi aspirasi generasi muda di dunia politik kedepannya. Lambang baru PKS yang lebih sederhana dan fresh, lebih mudah dipahami generasi muda dan berhasil menciptakan citra opitimisme dan semagnat PKS dalam politik kedepannya. Generasi muda juga menilai tampilan baru PKS menampilkan visi dan misi partai dengan lebih jelas dan mudah dipahami generasi muda. Namun perubahan ini belum cukup untuk membuat generasi muda memilih PKS pada pemilu mendatang. Bagi generasi muda, perubahan lambang harus diimabngi dengan peningkatan kinerja partai.


Keywords


Citra; Partai; Simbol; Generasi Muda

References


Farisa, F. C. (2020). PKS Luncurkan Lambang Baru, Kini Berwarna Oranye dan Berbentuk Bulat. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2020/11/30/07272181/pks-luncurkan-lambang-baru-kini-berwarna-oranye-dan-berbentuk-bulat?page=all

Gumilar, I. (2010). Metode Riset Untuk Bisnis &Manajemen. https://books.google.co.id/books?id=ln8_EO_TevsC

Hasil Sensus Penduduk 2020. (2020). Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/

Idris, M. (2021). Generasi Z dan Milenial DominasiJumlah Penduduk Indonesia. Kompas.com https://money.kompas.com/read/2021/01/22/14500%201126/generasi-z-dan-milenial-dominasi-jumlah-pend%20uduk-indonesia?page=all

Maharani, T. (2020). Ketua DPP PKS: Logo Baru Diharapkan Pikat Milenial dan Perempuan. Kompas.Com.

Muhammad, B. I. (2021). Makna Perubahan Logo Partai Keadilan Sejahtera (Pks) Dan Hubungannya Dengan Brand Image Pks. Jurnal Bahasa Rupa,4(2), 146–158. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v4i2.809

Natanael, S. Y. (2013). Mahir Menggunakan SPSS secara Otodidak. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=h4ZKDwAAQBAJ

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429

Pengamat: PKS Ubah Lambang untuk Bidik Suara Milenial. (2020). CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201201195853-32-576791/pengamat-pks-ubah-lambang-untuk-bidik-suara-milenial

Putri, B. U. (2020). PKS Ganti Lambang Partai, Tak Lagi Pakai Unsur Ka’bah. Tempo.Co https://nasional.tempo.co/read/1409941/pks-ganti-lambang-partai-tak-lagi-pakai-unsur-kabah

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Deepublish.

Saputro, F. A. (2020). Ini Pengurus dan Lambang Baru PKS. https://republika.co.id/

Sastrawati, N. (2015). Simbolisme Dalam Pencitraan Partai Politik. Jurnal Al Daulah, 4.

Sejarah Ringkas. (2011). PKS.ID. https://pks.id/content/sejarah-ringkas

Subhanie, D. (2020). PKS Punya Logo Baru, Rocky Gerung Bilang Begini. Sindonews.Com. https://nasional.sindonews.com/read/256966/12/pks-punya-logo-baru-rocky-gerung-bilang-begini-1607094756

Suryani, H. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenada Media.

Yulianto, A. (2014). Dinamika Komunikasi Politik dan Pembangunan di Era Demokrasi. Rajawali Pers




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i2.11986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vera Wijayanti Sutjipto, Marisa Puspita Sary, Maulina Larasati Putri, Putri Dwi Rizni Ananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: