Telemedicine sebagai Media Konsultasi Kesehatan di Masa Pandemic COVID 19 di Indonesia

Genny Gustina Sari, Welly Wirman

Abstract


Bidang kesehatan mengalami kemajuan pesat dengan mengadopsi internet dalam penerapannya, internet memudahkan pekerjaan dan memungkinkan terobosan baru dalam dunia kesehatan melalui e-health. Tulisan ini mencoba melihat bagaimana situs-situs e-health seperti Alodokter dan Halodoc menjadi media konsultasi kesehatan secara online bagi masyarakat. motif apa yang melatarbelakangi pasien memilih berkonsultasi online dan bagaimana masyarakat menaruh kepercayaan konsultasi tanpa tatap muka khsusunya selama masa pandemic COVID 19 dengan menggunakan teori fenomenologi Alferd Schutz yang menitikberatkan pada motif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara online dengan para pasien di aplikasi Alodokter dan Halodoc yang dilakukan dalam kurun waktu 5 bulan dengan total jumlah informan sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan Because to Motive seseorang melakukan konsultasi online adalah karena pandemic COVID 19 yang menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan untuk melakukan konsultasi langsung dan karena penyakit yang dikonsultasikan dianggap pasien bukan penyakit yang serius. In Order to Motive pasien melakukan konsultasi kesehatan online adalah untuk mendapatkan informasi dan solusi dari penyakit yang diderita, untuk mendapatkan rekomendasi obat yang harus dikonsumsi atau Tindakan yang harus ditindaklanjuti serta untuk memperoleh ketenangan atas kecemasan yang dirasakan mengingat banyaknya keluhan yang dikonsultasikan mengacu pada pertanyaan tentang gejala COVID 19. Tingkat kepercayaan pasien kepada hasil diagnosis online menunjukkan bahwa umumnya pasien akan mempercayai hasil diagnosis untuk penyakit ringan, namun untuk diagnosis yang mengarahkan pasien menemui dokter ahli cenderung diabaikan pasien.  


Keywords


e-health, konsultasi, media, COVID 19

References


Adinda, Havivi Rizky. 2020. Kepuasan dan Barrier Pengguna Layanan Aplikasi telemedicine pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia. Skripsi Fakultas kedokteran Universitas Brawijaya. https://repository.unsri.ac.id/39440/

Arviani, Heidy. & Roziana Febrianita. 2020. Komunikasi E-Helath di Post Instagram: Analsis Isi Alodokter. MetaCommunication; Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5 No 1 Hal 1-12.

Anwar, A. (2013). Aspek Hukum Penggunaan Telemedicine. In FIKI 2013.

Bashshur, Rashid. Charles R. Doarn, Julio M Frenk & Joseph C Kvedar. 2020. atelemedicine and The COVID 19 Pandemic, Lessons for The Future.Marry Ann Liebert.Inc. telemedicine and E-Health. Volume 26 No 5 Hal 1-3.

B. Ilham Ramadhan, and T. Pradekso. 2020. Hubungan Antara Terpaan Iklan Aplikasi Halodoc Dan Terpaan Persuasi Reference Group Dengan Minat Untuk Menggunakan Aplikasi Halodoc Sebagai Sarana Konsultasi Dengan Dokter. Interaksi Online, vol. 9, no. 1, Hal. 130-140.

Bokolo, A.J. 2021. Application of telemedicine and eHealth technology for clinical services in response to COVID 19 pandemic. Health Technol. 11, 359–366. https://doi.org/10.1007/s12553-020-00516-4

C. N. Mangkunegara, F. Azzahro and P. W. Handayani. 2018. Analysis of Factors Affecting User's Intention in Using Mobile Health Application: A Case Study of Halodoc. International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), 2018, pp. 87-92, doi: 10.1109/ICACSIS.2018.8618174.

Doshi, Ameet. Yonatan Platt, John R Dressen, Benji K Mathews & Jerome C Siy. 2020. Keep Calm and Log On; Telemedicine for COVID 19 Pandemic Response. Journal of Hospital Medicine Volume 15 No 5 Hal 302-304

Eysenbach, G. (2001). What is e-health? Journal of Medical Internet Research, 3(2), 1–5. https://doi.org/10.2196/jmir.3.2.e20

Iqbal, Muhammad & Husin.2017. Analisis Perbandingan Kualitas dan Fasilitas WEB Konsultasi Kesehatan Dengan Pendekatan Pieces Framework. Jurnal Mikrotil Vol 7 No 2 Desember 2017 (Hal 62-70).

Izzati, Vaya Annisa & Yuki Firmanto. Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi kesehatan Halodoc melalui model End User Computing Satisfaction Selama masa Pandemi Covid 19. Jurnal IlmiahMahasiswa FEB, Volume 9 No 2 Hal 1-16.

Jamil, M., Khairan, A., & Fuad, A. (2015). Implementasi Aplikasi Telemedicine Berbasis Jejaring Sosial dengan Pemanfaatan Teknologi Cloud Computing. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 1(1). https://doi.org/10.26418/jp.v1i1.9930

Liansyah, Tita Menawati & Hendra Kurniawan. 2015. Pentingnya Komunikasi Dalam Pelayanan Kesehatan Primer. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala Vol 15 No 2 Agustus 2015 ( Hal 120-124).

Lubis, Zidni Imanurrohmah. 2020. Analisis Kualitatif Penggunaan Telemedicine sebagai Solusi Pelayanan Kesehatan di Indonesia pada Masa Pandemik COVID-19. Physiotherapy and Health Science - PhysioHS, Volume 2 Nomor 2 Hal 76-82.

Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi. Bandung: Widya Padjajaran.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya (hal. 424).

Oktavia, Dea Imarotunnisa. Fortuna Zain Hamid & Ni Made Widhi. 2020. Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Penggunaan Aplikasi Kesehatan Halodoc. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) ke-6 Volume 6 No 2. Hal 239-245.

R. Wahyuni and Nurbojatmiko. 2017. Explaining acceptance of e-health services: An extension of TAM and health belief model approach. 2017 5th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), Denpasar, Indonesia, 2017, pp. 1-7, doi: 10.1109/CITSM.2017.8089239.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wirman, Welly. & Genny Gustina Sari. 2019. Fenomenologi Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. Riau : CV. Asa Riau.




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.10181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Genny Gustina Sari, welly wirman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: