Analisis Structural Equation Modelling Pada Label Halal, Brand Image, Harga Dan Minat Dalam Pembelian Produk Skincare Halal
Abstract
Halal skincare is a product that is in great demand by consumers, especially among students. This research is to analyze the effect of halal label, brand image, price and interest in purchasing halal skincare products. The female students of the Salafiyah Sa'idyah Islamic Boarding School Aermata Arosbaya who use skincare are the population of this study. The research sample consisted of 135 respondents, collecting data with a questionnaire. Data analysis with Structural Equation Modeling analysis using Smart PLS 3.0. The results of the study stated that the halal label had a positive and significant effect on purchase intention, brand image had a positive and significant effect on purchase intention, price had a positive but not significant effect on purchase intention, halal label had a positive and significant effect on brand image, halal label had a positive and significant effect on purchase intention through brand image.
Keywords: Halal Label, Brand Image, Price, Purchase Intention.
Full Text:
PDFReferences
Albab Al Umar, Ahmad Ulil, Muammar Taufiqi Lutfi Mustofa, Dessy Fitria, Alfia Miftakhul Jannah, and Yusvita Nena Arinta, ‘Pengaruh Label Halal Dan Tanggal Kadaluarsa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sidomuncul’, Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4.1 (2021), 641–47
Amanah, Dita, ‘Pengaruh Promosi Dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent Di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan’, Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 03.03 (2011), 277
Anggara, Nagian Toni dan Leni, Analisis Partial Least Square Studi Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Yogyakarta: Gramedia, 2021)
Arifin, Mahmudatus Sa’diyah dan Meuthiya Athifa, ‘Pengembangan Produk-Produk Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah’, Academica, 02.01 (2014), 159
Awallia, Diah Lailatul, ‘Pengaruh Testmoni Dan Selebgram Endorsment Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Istagram Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo’ (Institut Agama Islam Negri Ponorogo, 2018)
Azhari, Aulia Hillar Setyani dan Muhammad Zakki, ‘Pengaruh Korean Wafe Dan Ulasan Oline Terhadap Minat Beli Produk Skincare Korea Selatan’, Jurnal Ekonomika, 4.1 (2021)
Bahruddin, Asep Saepul Hamdi dan, Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan (Yogyakarta: Deepublish, 2014)
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta: Kencana, 2017)
Bungin, M. Burhan, Metode Penelitian Sosial & Ekonomi (Fenomena-Fenomena Kuantitatif Dan Kualitatif Untuk Study Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, Dan Pemasaran) Cetakan Kedua
Dkk, Fawwas El-faroby, ‘Pengaruh Labelisasi Halal Produk Skincare Terhadap Keputusan Pembeli (Studi Kasus Di Klinik Elsha Kota Palembang)’, Jurnal Ilmah Mahasiswa Ekonomi Syari’ah (JIMESHA), 1.2 (2021), 115
Darwis, Edi Gufran, ‘Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT. HADJI KALLA CABANG ALAUDDIN MAKASSAR’ (UIN Alauddin Makassar, 2017)
Dewi, Riana dan Pramesti, ‘Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Manusia Merupakan Makhluk Hidup Yang Memiliki Banyak Kebutuhan , Salah Satunya Adalah Makanan D’, 8.5 (2019), 2722–52
Dkk, Supriyadi, ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian’, Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 04.01 (2017), 77
Prahmadhani, Dian Tirta, ‘Persepsi Wanita Dewasa Dini Pengguna Produk Skincare Tentang Kecantikan’ (Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2019)
Eddy Roflin, Iche Adriani Liberty dan Priyana, Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran (Jawa Tengah: PT Expanding Management, 2021)
Hardisman, Analisis Faktor, Analisis Jalur Dan Structural Equation Modelling Dengan JASP (Yogyakarta: Bintang pustaka madani, 2021)
Heriyanti, Pantri, and Septi, ‘Analisis Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Handphone Nexian’, Journal of Business Strategy and Execution, 4.2 (2012), 171–205
Hermawan, Asep, Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif (Jakarta: PT Grasindo, 2005)
Hidayat, Azis Alimul, Cara Mudah Menghitung Besar Sampel (Surabaya: Health Book Publishing, 2021)
Ian Alfian, Muslim Marpan, ‘Analisis Pengaruh Label Halal, Bran Dan Harga Terhadap Minat Pembelian Di Kota Medan’, At-Tawassuth, 2.1 (2017), 126
Japarianto, Edwin, and Stephanie Adelia, ‘Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 14.1 (2020), 35–43
Kamilah, Ghina, and Aniek Wahyuati, ‘Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli’, Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6.2 (2017), 1–18
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.