Pengaruh Pelayanan dan Personal Selling Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Muamalat KCP Sumenep yang belum Menerapkan Lending

Bela Salsa Bela, Dzikrulloh Dzikrulloh

Abstract


Abstrak

Jenis penelitian yang digunakan peneliti ini adalah penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelayanan dan personal selling mempengaruhi loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Sumenep yang belum menerapkan lending. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan kuesioner dengan skala likert kepada nasabah di Bank Muamalat KCP Sumenep dengan jumlah sampel 99 nasabah diperoleh dari rumus slovin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sampel yang diambil sebanyak 99 responden dengan data diolah menggunakan alat bantu SPSS versi 20 dengan analisis meliputi Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Statistik melalui uji F test, Uji T test serta Uji Koefisien Determinasi (R2). Uji Ftest menunjukkan pelayanan dan personal selling secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Sumenep. Uji Ttest menunjukkan bahwa pelayanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Sumenep, sedangkan personal selling berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Sumenep. Kemudian Uji Koefisien Determinasi menunjukkan proporsi dapat dijelaskan pada variabel sebesar 11,8% sisanya 88,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model ini.

Kata Kunci: Pelayanan; Personal Selling; dan Loyalitas Nasabah.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Atik, dan R. (2005). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.

Darminta, W. P. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Febriana, N. I. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan

Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang

Pembantu Tulungagung. An-Nisbah, 3(1), 146.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Novianty, A. dan S. N. E. (2018). Metode Kuantitatif Praktis. Bima Pratama

Sejahtera.

Pramana, I. G. Y. dan N. M. R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap

Kepercayaan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri

Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Unud,

(1), 710.

Primariyanti, M. S. dan E. A. F. (2017). Aplikasi Teori Personal Selling : Kasuspada Bank Regional. Al Tijarah, 3(2), 49–50.

Riyanto, S. dan A. A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian diBidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen.

Deeppublish.

Satriyanti, E. O. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah, danCitra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat di Surabaya. Journal Of Business and Banking, 2(2), 172.

Siregar, D. A. (2018). Strategi Pemasaran Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrahdi PT. Bank Muamalat Capem Serdang Medan (p. 22).

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Siregar, Syofian. (2017). Metode Pemilihan Kuantitatif : Dilengkapi denganPerbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenada Media.

Siregar, Syofiyan. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

CV.Alfabeta.

Suprapto. (2008). Statistik Teori dan Aplikasi. Erlangga.

Syahpufutri, E. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan

terhadap Loyalitas Nasabah di BNI Syariah Cabang Kota Bengkulu

(pp. 30–31). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3x Baca. Deeppublish.

Tim Prima Pena. (2015). Kamus Terbaru Ekonomi & Bisnis. Gitamedia Press.

Wijayanto, K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan damLoyalitas Nasabah Bank. Ekonomi Manajemen Sumber Daya,

(1), 39.

Winarno, S. dan S. I. (2003). Kamus Besar Ekonomi. Grafika.

Yanto, R. T. Y. dan A. L. P. P. (2020). Pengaruh Personal Selling terhadap

Pencapaian Penjualan Pada Produk Pembiayaan KPR

Bersubsidi di Bank Syariah Bandung. Bisnis Dan Pemasaran,

(1), 5.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian

Kuantitatif. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.