ANALISIS TINGKAT LITERASI LABEL HALAL PENGUSAHA UMKM KERUPUK DI DESA DAKIRING (Studi Kasus Desa Dakiring, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan)

Siska Harumningrat Wulandari, Dony Burhan Noor Hasan

Abstract


Indonesia dengan Negara yang mayoritas penduduknya islam, harus bisa menjaga nilai-nilai agama termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan, di Desa Dakiring terdapat banyak pengusaha UMKM kerupuk. penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi label halal pada pengusaha UMKM kerupuk di Desa Dakiring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk jenis penelitian lapangan yang mana bersifat deskriptif analisis yang menggambarkan kejadian yang terjadi dilapangan yang selanjutnya dianalisis berdasarkan pendekatan ini mengedepankan pengalihan informasi sedalam-dalamnya dengan menggunakan data primer yang didapatkan secara langsung melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengusaha UMKM kerupuk di Desa Dakiring kurangnya pemahaman tentang makna halal karena ketika peneliti mewawancarai pengusaha tersebut tidak mengetahui secara mendetail tentang makna arti halal. kurangnya tingkat pengetahuan literasi label halal pada pengusaha UMKM kerupuk di Desa Dakiring ditunjukkan bahwa tidak adanya satupun labelisasi halal pada produk kerupuk yang beredar dari pengusaha UMKM di Desa Dakiring. Disimpulkan bahwa pengusaha kerupuk di Desa Dakiring termasuk dalam kategori tingkat literasi Not Literate dimana pada tahap ini merupakan tingkatan terendah dimana masyarakatnya tidak mempunyai pengetahuan dan kepercayaan terhadap sertifikasi label halal. Pendapat mereka karena sudah percaya dari bahan dan produk yang mereka gunakan terjamin kehalalannya, sehingga mereka beranggapan bahwa tidak perlu adanya label halal untuk produk mereka.

Kata kunci : Tingkat Literasi; Label Halal; Pengusaha


Full Text:

PDF

References


Anisa, P. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Kesejahteraan Keuangan Guru Perempuan Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 676.

Choirunnisyah, S. (2017). Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Menerbitkan Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Kosmetika. Jurnal Edutech, 68-67.

Dwi Edi Wibowo, B. (N.D.). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan

Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Di Kota

Pekalongan. Jurnal Indonesia Jurnal Of Halal, 74.

Febriantika, S., & Dkk. (2020). Perilaku Agresif Remaja Dan Implikasinya

Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Smp Negeri 5 Kota

Solok. Jurnal Al-Taujih, 65.

Hasanah, S. I. (2021). Siti Indah Purwaning Yuwana Hikmatul Hasanah, Literasi Produk Bersertifikasi Halal Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Pada Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 104-105.

Hasnah, A. I. (N.D.). Konsep Makanan Halal Dan Thayyib Dalam Perspektif Al-Qur’an. Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darul Quran Bogor, 2-3.

Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003

Tentang Ketenaga Kerjaan. Jakarta: Secretariat Negara.

Ismawati, E. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa & Sastra Cet Ke-2.Yogyakarta: Ombak.

Mawardani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Cv. Budi Utama.

Pramiyati, T. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus:Skema Konseptual Basisdata Sibumil. Jurnal Simetris, 681.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Vidio Call Dalam Teknologi

Komunikasi. Jurnal Ilmiyah Dinamika Sosial, 212.

Rukin. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Achmar Canekia Indonesia.

Sari, D. I. (2018). Perlindungan Hukum Atas Label Halal Produk Pangan

Menurut Undang-Undang. Jurnal Ilmiyah Hukum Kenotarisan, 6.

Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa Fbs Uny. Jurnal Uny, 106.

Syafarinda. (2018). Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman

Memberi Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen

Muslim. Jurbnal Hukum, 165-167.

Veriansya, I. (2018). Hubungan Tingkat Intelegensi (Iq) Dan Motivasi Belajar Geografi Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Singkawang Kota Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Geoeko, 44.

Yuliyzar, I., & Enjelita, S. D. (2020). Peningkatan Minat Beli Konsumen Melalui Daya Tarik Iklan Dan Label Halal Produk Lipcream Emina Pada

Universitas Muhammadiyah Tanggerang. Dynamic Jurnal Manajemen, 7.

Yusuf, A. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Pt. Fajar Interpratama Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.