ANALISIS STRATEGI MARKETING BERBASIS MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA MAKANAN KHAS KOTA GRESIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM Jajanan Syar’i Kota Gresik)
Abstract
k Internet dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk melakukan transaksi perdagangan yang dikenal dengan istilah Electronic Commerce. Jajanan Syar’i merupakan salah satu UMKM yang ada di Kota Gresik yang menjual produk makanan dan memanfaatkan Marketplace dalam marketingnya. Dalam Islam penggunaan Marketplace diperbolehkan asal tidak melanggar syariat. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana hasil dari analisis strategi marketing berbasis Marketplace dalam meningkatkan volume penjualan di Jajanan Syar’i ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi obsevasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari UMKM Jajanan Syar’i sebagai objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing berbasis Marketplace yang dilakukan oleh Jajanan Syar’i dalam meningkatkan volume penjualan melalui 3 strategi yaitu voucher toko dan voucher produk, murah lebay, dan gratis ongkir. Hal itu terbukti dapat meningkatkan volume penjualan dari Jajanan Syar’i. Sedangkan strategi marketing berbasis Marketplace di UMKM Jajanan Syar’i ditinjau dari perspektif ekonomi Islam diperbolehkan karena Jajanan Syar’i telah memenuhi empat karakterisik pemasaran islam yaitu Theistis, Etis (yang diantaranya ada Shidiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah), Realistis, dan Humanistis. Dengan empat karakteristik tersebut maka Jajanan Syar’i berlandaskan kejujuran, tanggung jawab, dan tanpa ada unsur membohongi atau menipu konsumen.
Kata kunci : Strategi Marketing, Marketplace, Jajanan Syar’i
Full Text:
PDFReferences
Andika, Yudi. “Analisis Strategi Promosi Kopi Luwak dalam Meningkatkan Penjualan Produk Menurut Pespektif Ekonomi Islam”. Lampung : UIN Raen Intan. 2018.
Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Suka
Bumi : CV Jejak. 2018.
Aziz, Abdul. “Analisis strategi pemasaran produk Marketplace Bank
Syariah Mandiri kantor cabang Curup”. Curup : IAIN Curup. 2019.
Karmila, Desi, dan Depi Rusda, “E-Marketplace Penjualan dan Pemasaran
Barang Furniture pada Toko Mebel Menggunakan PHP dan MYSQL Server”. Jurnal Penelitian Dosen Fikom. Vol. 10. No. 1. Universitas Darwan Ali. 2019.
Kertajaya, Hermawan, dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing.
Bandung : PT Mizan Pusataka. 2006.
Kusumaningsih, Sabtarini, dkk. Buku Panduan Marketplace. Surabaya : CV Global Aksara Pres. 2021.
Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta : Deepublish. 2020.
Musadad, Ahmad. Qawaid Fiqhiyyah Iqtishadiyah. Malang : CV. Literasi
Nusantara Abadi. 2019.
Nugrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta. 2014.
Rahmini Suci, Yuli. “Perembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Di Indonesia”. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos vol 6, nomor 1. 2017.
Riski, Muhidin. “Strategi pemasaran terhadap persaingan usaha dalam
perspektif ekonomi islam (Studi Kasus pada Kerajinan Songket Fikri
Palembang)”. Palembang : UIN Raden Fatah . 2016.
Rosi Sarwo Edi, Fandi. Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta :
LeutikaPrio. 2016.
Setiyo Budi, Galih. “Analisis Sistem Marketplace pada Perusahaan Jual
Beli Online Lazada Indonesia”. Jurnal Electronics, Informatics, and
Vocational Education (ELINVO). Volume 1. Nomor 2. Universitas Negeri Yogyakarta. 2016.
Siyoto, Sandu, dan M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing. 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Alfabeta. 2010.
Sutanto, Herry, dkk. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung : CV
Pustaka Setia. 2013.
Yustiani, Rini, dan Rio Yunanto. “Peran Marketplace sebagai Altenatif
Bisnis di Era Teknologi Informasi”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. Vol.6. No. 2. Universitas Komputer Indonesia. 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.