STRATEGI PT. ARUNA JAYA NUSWANTARA MASALEMBU KABUPATEN SUMENEP DALAM MENENTUKAN HARGA GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN NELAYAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Sonia Agustin, Abdur Rohman

Abstract


Abstrak

Penetapan harga merupakan hal yang sangat penting dalam perekonomian, dimana konsumen untuk mendapatkan suatu barang tentunya harus dengan harga yang wajar dari produsen. Apabila harga yang ditetapkan produsen tidak wajar maka akan mengakibatkan hal yang fatal, apabila harga yang ditetapkan lebih murah dari pada umumnya maka akan diminati oleh konsumen. Maka dari itu penetapan harga akan sangat berpengaruh terhadap suatu barang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi aruna dalam menentukan harga beli kepada nelayan. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini oleh peneliti yaitu peneltitian kualitatif studi kasus. Dimana peneliti mendapatkan informasi dengan dua cara, yaitu data primer yang diperoleh secara langsung dari hasil wawancara yang dilakukan serta data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan lain-lain. Nelayan di kepulauan masalembu sangat terbantu dengan adanya Aruna, dimana dalam penetapan harga Aruna mengajukan harga di atas harga secara umum, dan hal tersebut bisa dilakukan Aruna karena merupakan keuntungan yang didapatkan dari pejualan global, maka dengan hal itu Aruna bisa mengajukan harga yang lebih baik kepada nelayan. Dari transaksi antara Aruna dan nelayan dapat membantu nelayan dalam meningkatkan pendapatannya. Dari penentuan harga yang dilakukan oleh Aruna kita melihatnya pula dengan pandangan ekonomi islam, dimana di dalam ekonomi islam terdapat empat prinsip penetapan harga yaitu, keadilan, ridha, keterbukaan dan kejujuran. Dimana dalam keempat transaksi tersebut tentunya telah disinggung dalam beberapa ayat didalam Al-Quran dan Hadits.

Kata Kunci: Penentuan Harga, Nelayan, Perspekif Ekonomi Islam


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV jejak.

Assauri, S. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 58.

Ihsannudin. (2013). Masalembu. Bangkalan: UTM PRESS.

Jualiansyah, E. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomi, 20.

Juliansyah, E. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomik, 20.

Nakama. (2021, maret 4). Aktivitas Local Heroes Masalembu. Retrieved desember 14, 2021 from Aruna: https://aruna.id/2021/03/04/randy-local-heroesaruna-di-masalembu/

Rohman, A. (2010). Ekonomi Al-Ghazali, Menelusuri Konsep Ekonomi Islam dalam Ihya’Ulum al-Din. Surabaya: Bina Ilmu.

__________, (2019). Manajemen Sumber Daya Insani.

__________, (2012). Konsep Kebutuhan dan Keinginan Imam Al-Ghazali. Edu Islamika, 4(1), 149-167.

__________, (2778). MANAJEMEN QUR’ ANI TENTANG PENGGUNAAN

WAKTU DALAM BINGKAI PENDIDIKAN ISLAM. Realita: Jurnal

Penelitian dan Kebudayaan Islam, 16(1).

Solihin, I. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Swasta, B. (2000). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberti.

Windasari. (2021). peran pemerintah daerah dalam pemberdayaan masyarakat

nelayan. jurnal inovasi penelitian, 795.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.