ANALISIS LAPORAN KEUANGAN LEMBAGA BADAN WAKAF AL-QURAN DALAM PERSPEKTIF PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) SYARIAH

Joko Kuncoro, Dony Burhan Noor Hasan

Abstract


Laporan keuangan merupakan bagian terpenting dalam suatu lembaga dibutuhkan yang namanya laporan keuangan. Dalam upaya mendukung penyajian laporan keuangan berbasis syariah yang relevan, maka harus dibuat suatu pedoman bagi penyusun laporan keuangan, pedoman tersebut yakni Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). PSAK 112 bertujuan mengatur penyajian dan pengungkapan Akuntansi Wakaf atau penyajian laporan keuangan dalam lembaga wakaf. komponen laporan keuangan menurut PSAK 112 tentang “Akuntansi Wakaf” yang lengkap meliputi: Pengakuan, Pengukuran, Penyajian, dan Pengungkapan. Manajemen lembaga wakaf menjadi bagian yang sangat vital, pasalnya dalam mengelola wakaf seseorang atau lembaga terkait harus benar-benar memahami persoalan wakaf dengan melihat dari laporan keuangan syariah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggali sedalam-dalamnya dari proses yang dilakukan di lapangan dengan menggunakan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data sekunder juga digunakan oleh peneliti yang didapatkan melalui jurnal, artikel dan media lainnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa  penyajian laporan keuangan yang disusun oleh Badan Wakaf Al-Quran Cabang Gresik dengan PSAK 112 tentang “Akuntansi Wakaf”. Badan Wakaf Al-Quran Cabang Gresik tidak sepenuhnya sesuai dengan standar yang ditetapkan PSAK 112 tentang “Akuntansi Wakaf”. Hal ini bisa dilihat dari laporan keuangan yang disajikan oleh Badan Wakaf Al-Quran Cabang Gresik, tidak memenuhi komponen-komponen yang ditetapkan PSAK 112. Dan dari dampak yang ditimbulkan jika laporan keuangan suatu lembaga tidak sepenuhnya sesuai dengan PSAK 112 maka akan kurang terstrukturnya suatu laporan keuangan tersebut.

Kata Kunci: Laporan Keuangan, Kesesuaian, PSAK Syariah

Full Text:

PDF

References


F, N., M, B. E., & N, E. (2019). Efektifitas Pelayanan Penghimpunan Dana Wakaf Terhadap Kepuasan Donatur di Sinergi Foudation Menggunakan Metode DEA. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 5(2), 641–648.

Hani, H. (2011). Manajemen: Edisi Kedua. BPFE.

Hehanussa, S. J. (2015). Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Dan Aksesibilitas Terhadap Transparasi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan. Conference in Busniess, Accounting and Management, 2(1), 82–90.

Kasdi, A. (2014). Peran Nadzir Dalam Pengembangan Wakaf. Jurnal Zakat Dan Wakaf, 1(2), 215–219.

Maith, H. A. (2013). Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna TBK. Jurnal EMBA, 1(3), 620.

Pongoh, M. (2011). Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources TBK. EMBA, 1(3), 669–679.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Soemarso, A. (2004). Akuntansi Suatu Pengantar. Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.