ANALISIS MANAJEMEN MUTU PRODUK DAN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus UMKM Soe Art Blawirejo Lamongan)

Mahmudah Siti Lutfiah Nur Azizah, Dzikrulloh Dzikrulloh

Abstract


Setiap perusahaan yang menjalankan usahanya pasti memiliki tujuan akhiryaitu penjualan, kegiatan penjualan dilakukan agar perusahaan dapatmencapai volume penjualan yang diharapkan dapat mendatangkankeuntungan atau laba maksimum bagi perusahaan. Sejalan dengan hal itu,perusahaan selayaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas produkdan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Sama hal nya dengan yangtelah diterapkan UMKM Soe Art terhadap mutu produk dan pelayanannya,dimana penerapan manajemen mutu produknya sangat diperhatikan, mulaidari pemilihan bahan baku dengan kualitas terbaik, melakukan quality controlterhadap produknya, sampai pada tahap pendistribusian kepada pelanggan,kemudian pelayanan yang diberikan dengan selalu memberikan pelayananprima. Tetapi bagaimanakah pandangan ekonomi syariah terkait denganpenerapan manajemen mutu produk dan pelayanan pada produk Soe Art.Oleh karena itu peneliti ingin menganalisis cara atau manajemen mutuproduk dan pelayanan yang dilakukan oleh UMKM Soe Art sehingga dapatmenaikan volume penjualan yang ditinjau dalam perspektif ekonomi syariah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianlapangan (Field Research). Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengertahui penerapan manajemen mutu produk dan pelayanan dalammeningkatkan volume penjualan pada produk Soe Art, serta bagaimanapandangan ekonomi syariah tentang manajemen mutu produk dan pelayanandalam meningkatkan volume penjualan pada produk Soe Art. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara,dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen mutu produk danpelayanan telah dijalankan dengan baik, hal ini dapat terlihat dari penerapankomponen-komponen manajemen mutu produk, yaitu perencanaan mutu,peningkatan mutu, pengendalian mutu, dan jaminan mutu, sertadiperhatikannya faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pada UMKM SoeArt. Pemberian pelayanan yang ramah, sopan, dan pelayanan purna jualberupa follow up setiap beberapa bulan setelah pembelian. Kemudian pandangan ekonomi syariah tentang penerapan manajemen mutu produk danpelayanan dalam meningkatkan volume penjualan produk Soe Art adalahdengan sejual memegang teguh prinsip-prinsip ajaran Islam, menjaga hal-halyang dapat merusak jual beli, dan memastikan pembeli mendapatkan hakuntuk mendapatkan kualitas produk yang baik, memberikan pelayanan yangramah, sopan, serta memperhatikan indikator-indikator pelayanan dalamislam. Dalam pelaksanaannya selalu mengacu kepada sifat Nabi SAW yaitu,shiddiq, amanah, tabligh, fathonah.Kata Kunci: Mutu Produk; Pelayanan; Volume Penjualan; UMKM Soe Art

Full Text:

PDF

References


Rohman, Abdur dan Firman Setiawan, TAHFIDZ AYAT DAN HADITS

IQTISHADY, (Pamekasan: Duta Media Center,2016).

Rangkuti, Freddy, STRATEGI PROMOSI YANG KREATIF DAN ANALISIS

KASUS INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION, (Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama,2009).

Manulang, M, iDASAR-DASAR iMANAJEMEN, iYogyakarta: iGadjah

iMada iUniversity iPress, i2005, iISBN i979-420-500-1.

Sutarno, iSERBA-SERBI iMANAJEMEN iBISNIS, iYogyakarta: iGraha

iIlmu,Cet.1, i2012,ISBN:978-979-756-964-8.

iP. Tampubolon, Manahan, iMANAJEMEN iOPERASIONAL i(Operations

iManagement), iJakarta: iPenerbit iGhalia iIndonesia, iCet.1,2004.

Mamik, METODOLOGI KUALITATIF, (Sidoarjo: Zifatama

Publisher,2015),Cet. 1.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya: Mega Jaya

Abadi.

Syaifullah M.S, “Etika Jual Beli Dalam Islam”,Jurnal Studia Islamika,

Vol.11, No.2,2014, hlm.379

Ronald A. Simanjuntak, dan Skarlet Sinta Suawa, “Analisis Sistem

Manajemen Mutu dan Pengaruhnya Dalam Meningkatkan Kinerja

Operasional Bangunan Gedung Tinggi Perkantoran Di Jakarta Pusat”.

Jurnal Ilmiah Media Engineering, Vol.4, No.2,2014, hlm.93

Nurhadi, “Konsep Pelayanan Perspektif Ekonomi Syariah”, Jurnal

Ekonomi dan Bisnis, Vol.2, No.2,2018,hlm.140

Efendi Panjaitan, Januar, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung”, Jurnal Manajemen,

Vol.11, No.2, 2016,hlm.266

Faisal, Rifki, dkk, i“Pengaruh iFungsi iManajemen iTerhadap iKepuasan

iKerja iKaryawan i(Studi iKasus idi iHome iIndustri iAsri iRahayu idi

iWilayah iMajalengka)”.Jurnal iIlmu iPertanian idan iPeternakan, iVol.

i4, iNo.2,2016,hlm.158.

Gusrizaldi, Rogi idan iEka iKomalasari, i“Analisis iFaktor-faktor iyang

iMempengaruhi iTingkat iPenjualan idi iIndrako iSwalayan iTeluk

iKuantan”, iJurnal iValuta iVol.2,No.2,2016,ISSN: i2502-1419,hlm.289

Kanedi, Indra,dkk, i“Sistem iPelayanan iUntuk iPeningkatan iKepuasan

iPengunjung iPada iPerpustakaan iArsip idan iDokumentasi iKota

iBengkulu”. iJurnal iPseudocode, iVolume iIV, iNomor i1, i2017, iISSN

i2355-5920,hlm.38

Sasangka, Indraidan iRahmat iRusmayadi, i“Pengaruh iKualitas

iPelayanan iTerhadapiVolume iPenjualan ipada iMini iMarket

iMinimart’90 iBandung”. iJurnal iIlmiah iManajemen iEkonomi idan

iAkuntansi, iVol.2, iNo.1,2018,ISSN:2541-5255,hlm.135

M.A. iPoluan, iFirna, dkk, i“Strategi iMarketing iMix idalam

iMeningkatkan iVolume iPenjualan i(Studi iPada iMinuman iKesehatan

iInstant iAlvero)”Jurnal iEmba, iVol.7, iNo.3, i2019,hlm.2971.

Siti Chaeriah, Ella, “Manajemen Berbasis Mutu”, ISSN: 2338-4794, Vol. 4.

No.2, 2016,hlm.2

Dwi Anggraeni, Feno, dkk, “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan

Menengah (UMKM) melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi

Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung”bdi

Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang)”,Jurnal

Administrasi Publik (JAP), Vol.1, No. 6, hlm. 1286-1288.

https:///www.instagram.com/tv/CGd9JlJmil/?utm_medium=copy_link

Soeart official Instagram Post di akses tanggal 27 Juni 2021 pukul 07.24

WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.