ANALISIS POTENSI WISATA PANTAI CAMPLONG MENJADI DESTINASI WISATA HALAL MENGUNAKAN KOMPONEN 4A

Riskina Riskina, Lailatul Qadariyah

Abstract


Kabupaten Sampang memiliki banyak objek wisata salah-satunya pantaiCamplong yang terletak di pinggir jalan dan di tengah-tengah jalur transportasi,wisata Camplong memiliki banyak keunggulan dari segi komponen yang harusdimiliki pariwisata attraction, accessibility, amenity, ancilliary, di bandingkandengan wisata lain yang ada di Kabupten Sampang tujuan penelitian inginmengetahui Bagaimana potensi wisata pantai Camplong menjadi destinasiwisata halal jika dianalisis menggunakan komponen 4A. Penelitian ini termasukkedalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Denganmenggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif diharapkan mampumengetahui bagaimana potensi wisata Camplong jika dijadika wisata halaldengan menggunakan teori 4A. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cukupmemiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata dengan penerapan konsep wisatahalal. Hal tersebut dapat peneliti ketahui bedasarkan hasil penelitian yang sudahdi lakukan, data lapangan yang diperoleh baik dari observasi hingga wawancaradengan beberapa informan menunjukkan adanya pontensi Pantai Camplongdikembangkan menjadi Pariwisata dengan konsep wisata halal.Kata Kunci: Potensi Wisata Halal; Komponen 4A

Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi & Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta Barat: CV Jejak, 2018.

Badan Pusat Statistik, Kabupaten Sampang Dalam Angka Section of integration processing and Statistics dissemination 2021.

Bafadhal Anisa Samira, Perencanaan bisnis pariwisata (Pendekatan Lean Planing), Malang UB Press,2018

Djakraf, Muhammad, Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi Peta Jalur Mengarah Pengembangan Akademik & industry halal di Indonesia, UIM-Maliki Press, 2017.

Fatwa Dewan Syariah Nasional- Majelis Ulama Indonesia No. 108/DSN-MUI// Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata berdasarkan prinsip syariah, 2016

Merinda, Maria Fransiska, Telusur Jawa Timur, PT, Elex Media Kompotindo Kelompok Gramedia: Jakarta, 2016.

Moleong Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2016.

Muharto, Pariwisata Berkelanjutan: Kombinasi Strategi dan Paradigma

Pembangunan Berkelanjutan, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.

Suwena, I Ketut, I Gusti Ngurah Widyatmaja, Penetahuan dasar ilmu

pariwisata, Pustaka Larasan: Denpasar, 2017.

Qadariyah, Lailatul, Potensi Pesantren Sebagai Destinasi Wisata Halal Baru di Indonesia, Yos Soedarso Economics Journal Volume 1 Nomor 3, Desember 2019.

Wilopo Khusnul khotimah, Luchman Hakim, Strategi Pengembangan

Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus Pada Kawasan Situs Trowulan Sebagai Pariwisata Budaya Unggulan Di Kabupaten Mojokerto),Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 41 No. 01 Januari 2017.

Subarkah, Alwafi Ridho, Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam

Meningkatkan Ekonomi daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat), Vol 4 N0 2 Juli-Desember 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.