ANALISIS STRATEGI MARKETING GREBEG PASAR BANK MITRA SYARIAH CABANG PULAU BAWEAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH

Nisrina Atira, Lailatul Qadariyah

Abstract


Dalam dunia modernisasi seperti saat ini sangat mempermudah jalanuntuk dunia perbankan masuk kedalam masyarakat. Kebutuhan masyarakatterhadap perbankan pada saat ini tidak hanya sebagai peminjaman danpenyimpanan uang saja namun masyarakat membutuhkan suatu bank yangdapat meratakan lingkup atas sampai bawah, sehingga lahirlah perbankansyariah. Saat ini salah satu lembaga keuangan syariah yang masih belumfamilar dikalangan masyarakat yaitu Bank Mitra Syariah Cabang PulauBawean. Bank Mitra Syariah Cabang Pulau Bawean memiliki strategimarketing grebeg pasar dalam meningkatkan jumlah nasabah. Strategi yangdilakukan biasanya memberikan pencucian emas gratis di pasar. Sebab itupenelitian ini ingin menganalisis strategi marketing grebeg pasar Bank MitraSyariah Cabang Pulau Bawean dalam meningkatkan jumlah nasabah dalamperspektif pemasaran syariah.Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitiankualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalahpenelitian ke lapangan atau secara langsung melalui observasi, dan wawancarakepada kepala cabang Bank Mitra Syariah, petugas lapang marketing, dannasabah Bank Mitra Syariah Cabang Pulau Bawean. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa strategi grebeg pasar dilakukan dengan 3 strategi yangpertama memberikan hadiah kepada nasabah sesuai dengan nominal tabunganawal nasabah, kedua memberikan brosur kepada pedagang pasar, dan ketigamelakukan pencucian emas gratis. Dan strategi marketing grebeg pasar BankMitra Syariah sudah sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah yaituteitis,etis,realistis dan humanistis, serta tidak ada unsur-unsur yangmenyimpang dengan syariat Islam dan dalam pemasarannya sesuai teladanRasulullah. Kata kunci: Bank Mitra Syariah, Strategi Pemasaran, Grebeg Pasar

Full Text:

PDF

References


Arischa ,Suci, Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan

Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Jurnal Fisip Vol.6 No.1, 8.

Al-Qonnan, Qoid Mahmud, Analisis Strategi promotion bank mitra syariah cabang

bojonegoro dalam meningkatkan jumlah nasabah pada masyarakat pasar kota

bojonegoro, Skripsi, universitas islam negeri sunan ampel surabaya, 2019.

Arifah, Dwi Nor,Evaluasi Strategi Marketing Door To DOOR Dalam Meningkatkan

Loyalitas Anggota Di KPPS ARTHAMADINA BANYUPUTIH

BATANG,skripsi uin walisongo.

Bayanuloh, Ikhsan, Marketing Syariah,Yogyakarta: CV Budi Utama,2012.

Djakfar,Muhammad, Etika Bisnis Islami, tataran teoritis dan praktis,Malang :

UIN Press.

Haryanto,Rudy,Manajemen Pemasaran Bank Syariah,Duta media Publishing,

, 2020.

Hasanah ,Khafiatul, Pengaruh karakteristik marketing syariah terhadap keputusan

menjadi nasabah BMT UGT Sidogiri cabang Pamekasan, Journal Ekonomi

dan Perbankan Syariah. Vol.3. No.1.

Lucyantoro , Bagas Ilham & Moch. Rizaldy Rachmansyah,Penerapan Startegi

Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi

Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya), Journal Online 45 Surabaya,

Rijali ,Ahmad, Analisis Data Kualitatif, Journal Al-hadharah,vol.7 No.33, 2018.

Ribowo,Sugeng & Irfan Bahar Nurdin, Analisis Konversi Bank BUMD Menjadi

Bank Syariah Implikasinya Pada Peningkatan Market Share Bank Syariah di

Indonesia,Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol:6 No.1.2019.

Riyanto,M. Nur Al Arif, Dasar-dasar pemasaran syariah, Bandung: Alfabeta,

Sjahdeini ,Sutan Remy, Perbankan Syariah, Jakarta: PRENADAMEDIA, 2014.

Suryana,Cahya, Pengelolaan Dan Analisis Data Penelitian, academica : Jakarta ,

Subagyo,Joko, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik ,Jakarta: Rineka Cipta,

Sefudin ,Akhmad, Redefinisi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) “4P”KE”4C”,

Journal of applied business and economics,vol 1.no.1,2014.

Wilinny dkk, Analisis Komunikasi Di PT Asuransi Buana Independent Meda, Jurnal

Ilmiah Simantek, Vol. 3 No. 1,4.

Yusuf Saleh,Muhammad, & Said. Mia, Konsep dan Strategi Pemasaran,

Makassar: CV Sah Media, 2019.

Yolanda ,Felicia& Jojok Dwiridhotjahjono, Strategi Pemasaran Dalam

Meningkatkan Penjualan Pada Antena HDF Surabaya, Journal Manajemen

dan Akuntansi, vol. 16 No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.