Penerapan Bauran Pemasaran pada Produk Kerupuk Udang di Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Kota Samarinda

Dandi Satriawan Amin, Qoriah Saleha, Etik Sulistiowati Ningsih

Abstract


Hasil perikanan di Kelurahan Sungai Kapih yang melimpah dapat dimanfaatkan menjadi produk kerupuk udang yang dapat bersaing dengan usaha sejenis, Dengan penerapan bauran pemasaran, produsen dapat mengembangkan usaha dan memenuhi kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penerapan bauran pemasaran pada produk kerupuk udang, serta mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap penerapan bauran pemasaran tersebut. Penelitian dilaksanakan sejak April 2022 hingga November 2023 di Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sebanyak 2 sampel produsen dipilih dengan teknik sensus dan 30 sampel konsumen dipilih dengan teknik Accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerapan bauran pemasaran pada produk kerupuk udang bahwa 5 dari 7 unsur bauran pemasaran termasuk dalam kategori diterapkan yaitu Produk, Harga, Tempat, Proses, Bentuk fisik. Sedangkan, unsur Orang termasuk sebagian diterapkan dan unsur Promosi termasuk tidak diterapkan. Tingkat kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran pada produk kerupuk udang terdapat 6 unsur bauran pemasaran termasuk dalam kategori sangat puas yaitu Produk, Harga, Tempat, Orang, Proses, Bentuk fisik. Sedangkan, unsur Promosi termasuk kategori puas.

Kata kunci: Bauran pemasaran, Kepuasan konsumen, Produk kerupuk udang.

ABSTRACT

The abundance of fishery products in Sungai Kapih Village that are can be used to make shrimp cracker products, and the desire of producers to compete with similar businesses. By implementing the marketing mix, producers can develop their businesses and meet consumer satisfaction. This research was conducted in Sungai Kapih Village in Samarinda City from April 2022 to November 2023. The research purpose are to assess the level of application of the marketing mix and consumer satisfaction with the marketing mix. This research method was using the descriptive qualitative, and 2 samples of producers were selected using the census technique and 30 samples of consumers were selected using the accidental sampling technique. The results of the research indicate that 5 of the 7 marketing mix elements are included in the applied category, that are product, price, place, process, and physical evidence. The person element is partially applied and the promotion element is not applied. Consumer satisfaction with the marketing mix for shrimp cracker products, 6 marketing mix elements are included in the very satisfied category, that are product, price, place, people, process, and physical evidence. The promotion element is included in the satisfied category.

Keywords: Marketing mix, Consumer satisfaction, Shrimp cracker product


References


Adhaghassani, F. S. (2016). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7p (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) Di Cherryka Bakery. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, 5(6), 1–10.

Afiani, L., Lubis, N., & Wijayanto, A. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Multilevel Marketing (Studi Pada PT. Sinar Nusa Indonesia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Sosial and Politic, 3(2), 1–7.

Agustina, E., Darmi, D., & Rahmah, T. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kreatifitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Kerupuk Mulieng Di Kota Beureunuen. Jurnal Real Riset, 4(2), 309–317. https://doi.org/10.47647/jrr.v4i2.700

Awang Surya, & Wilarso, W. (2022). Pendampingan Dasar-Dasar Strategi Pemasaran dalam Era Digital untuk UMKM Kecamatan Cileungsi. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 23–28. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3524

Badan Pusat Statistika Kota Samarinda. (2022). Kota samarinda Dalam Angka 2022. Kota Samarinda Dalam Angka, 378. https://samarindakota.bps.go.id/publication/2022/02/25/9bccd10b81b1be9b0637bf8e/kota-samarinda-dalam-angka-2022.html

Ghafur, M. F. (2016). Ketahanan Sosial Di Perbatasan: Studi Kasus Pulau Sebatik. Masyarakat Indonesia, 42(2), 233–248.

Kristianto, A. D. ., Mangkurat, R. S. ., Alisafira, S., Hutahean, A. ., & Manafi, M. . (2023). Kerangka Acuan Blue Economics Dalam Pemanfaatan Konservasi Terumbu Karang Di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu: Review. Science Technology and Management Journal, 3(2), 75–78. http://journal.unkartur.ac.id/index.php/stmj

Leawaty, & Sulistiadi, W. (2018). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Loyalitas Pelanggan: Systematic Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(1), 16–24. https://doi.org/10.7454/arsi.v5i1.2867

Mahmudah, L. (2020). Implementasi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Objek Wisata Ngerit Stone Park Kabupaten …. http://repo.uinsatu.ac.id/18697/

Martinus Hia, A., Hapzi Ali, & Fransiskus Dwikotjo Sri Sumartyo. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan: Analisis Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk dan Kepuasan Konsumen (Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 368–379. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.48

Meilda, Y., Hamdani, I., & Triwoelandari, R. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Al-Amin Islamic Store Laladon Bogor). Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 274–290.

Naui, A. S., & Nikmawatisusanti, Y. (2016). Peningkatan keterampilan dan pendapatan masyarakat nelayan melalui kegiatan pengolahan hasil perikanan di Desa Bumbulan Kecamatan Paguat Kabupaten Puhuwato. In Laporan Akhir KKS Pengabdian Masyarakat, Universitas Negeri Gorontalo.

Novi Dwi Utami. (2016). Penilaian Konsumen Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Di Rumah Makan Olive Chicken.

Prihatiningsih, D. (2022). Mudahnya belajar statistik deskriptif. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas Islam Jakarta.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Supranoto, M. (2009). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran [UNIVERSITAS DIPONEGORO]. In E-journal Undip. http://eprints.undip.ac.id/24205/

Supranto. (2000). Statistik: Teori Dan Aplikasi. Penerbit Erlangga.

Syafnur, A., & Anwar, K. (2018). Penerapan E-Supply Chain Management dalam Upaya Peningkatan Produktivitas dan Pemasaran Produk pada Industri Rumah Tangga dalam Persaingan di Era Teknologi Informasi. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informas, IV(2), 185–190.

Waiman, E., & Achadi, A. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Pandemi COVID-19: Sebuah Review Literatur. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(5), 475–481. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i5.2263




DOI: https://doi.org/10.21107/juvenil.v4i4.22994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 INDEXED BY:

           

       
ISSN: 2723-7583