Analisis Produktivitas dengan Metode Objective Matrix (OMAX) di PT. X

Fitri Agustina, Nina Aris Riana

Abstract


Pada tahun 2010 PT. X kesulitan mencapai target produksi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ini menyebabkan produktivitas perusahaan secara keseluruhan mengalami penurunan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi penurunan produktivitas yaitu dengan mengukur nilai produktivitas yang didasarkan pada 3 kriteria yaitu kriteria effektifitas produksi, kriteria yield, kriteria jam kerja efektif. Yang selanjutnya digunakan sebagai bahan perbaikan produktifitas dimasa yang akan datang. Metode yang digunakan adalah Objective Matrix (OMAX), dengan langkah-langkah: kriteria, perhitungan rasio, perhitungan interpolasi nilai matriks, penetapan sasaran, penetapan bobot rasio dengan metode AHP, dan pembentukan matriks. Nilai produktivitas pada tahun produksi 2010 tertinggi terjadi pada periode 7 dengan nilai 6,472 sedangkan nilai produktivitas terendah terjadi pada periode 11 dengan nilai 1,236. Kriteria yang kurang memberikan kontribusi terhadap produktivitas dan perlu diperbaiki adalah krite effektifitas produksi karena nilai kriteria ini menunjukkan kinerja dibawah standar. Sedangkan kriteria yield, kriteria jam kerja efektif menunjukkan nilai yang cenderung baik.

Keywords


produktivitas; objective matrix (OMAX); rasio

References


Kholil, Muhammad (2006). Analisa Pengukuran Produktivitas Model Objective Matrix pada Departemen Produksi Pabrik Furniture Garden PT. QUARTINDO SEJATI FURNITAMA, Skripsi. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Summanth (1984). Productivity Engineering and Management. Mc Grow Hill Book. New York.

Ravianto, J., (1997). Produktivitas dan Teknologi. Kumpulan Kertas Kerja. Seri Produktivitas No.V. SIUP. Dewan Produktivitas Nasional. Jakarta.

Nurdin, R., (2008). Pengukuran dan Analisis Produktivitas Lini Produksi PT. XYZ Dengan Menggunakan Metode Omax. http: // www.stta.ac.id / Jurnal / Omax Sinar Semesta. Pdf. Tanggal Akses 19-11-2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.