Determinan Keputusan Pembelian Online di Instagram: Perspektif Promosi, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis efektivitas kegiatan promosi, kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi sebagai penentu utama pengambilan keputusan pembelian online melalui instagram secara umum tanpa memperhatikan siapa pelakunya. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian secara online melalui instagram. Dengan menggunakan metode survey online tingkat respon dari pengguna instragram sebanyak 201 responden. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian di instagram lebih disebabkan oleh tingkat kepercayaan yang tinggi, adanya kemudahan yang diberikan oleh media online serta informasi yang disampaikan oleh penjual sangat berkualitas. Kualitas informasi memberikan kontribusi dominan dalam pengambilan keputusan pembelian melalui instagram. Temuan yang menarik adalah promosi bukan penentu dalam pengambilan keputusan pembelian meskipun dipersepsikan tinggi oleh responden. Responden berharap aspek-aspek terpenting dalam promosi dilakukan lebih banyak dan lebih sering dilakukan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adityo, B. (2011). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Kaskus. universitas diponegoro semarang.
Alhasanah, J. U., Kertahadi, & Riyadi. (2014). PENGARUH KEGUNAAN , KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS INTERAKSI LAYANAN WEB E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE ( Survei pada Konsumen www.getscoop.com). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2), 1–10.
Bailey, J. E., & Pearson, S. W. (1983). DEVELOPMENT OF A TOOL FOR MEASURING AND ANALYZING COMPUTER USER SATISACTION. Management Science, 29(5), 530–546.
Baskara, I. P., & Hariyadi, G. T. (2014). ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI AKAN RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL (SOCIAL NETWORKING WEBSITES) (Studi Pada Mahasiswa di Kota Semarang) (pp. 1–15). Universitas Dian Nuswantoro.
Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology : A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748
Gefen, D. (2002). Customer Loyalty in E-Commerce. Journal of the Association for Information System, 3, 27–51.
Gefen, D., & Straub, D. W. (2004). Consumer trust in B2C e-Commerce and the importance of social presence : experiments in e-Products and e-Services. The International Journal of Management Review, 32, 407–424. https://doi.org/10.1016/j.omega.2004.01.006
Hariyanti, A. O., Hidayatullah, S., & Prasetya, D. A. (2020). Analysis of the Acceptance and Use of Mobile Banking Services Using the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (Case Study of Bank Jatim Pasuruan Branch). Research Journal of Advanced Engineering and Science, 5(1), 254–262.
Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika. https://doi.org/10.26905/JTMI.V6I1.4165
Hong, I. B., & Cha, H. S. (2013). The mediating role of consumer trust in an online merchant in predicting purchase intention. International Journal of Information Management, 33(6), 927–939. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2013.08.007
Koufaris, M., & Hampton-sosa, W. (2004). The development of initial trust in an online company by new customers. Information & Management, 41, 377–397. https://doi.org/10.1016/j.im.2003.08.004
Ling, K. C., Piew, T. H., & Chai, L. T. (2010). The Determinants of Consumers ’ Attitude Towards Advertising. Canadian Social Science, 6(4), 114–126. https://doi.org/10.3968/1082
Mahkota, A. P., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE ( Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc ). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1–7.
Naomi, P. E., Baraba, R., & Saputra, M. H. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, KUALITAS INFORMASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MEMILIH BERBELANJA SECARA ONLINE (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Kaskus.co.id di Purworejo). SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(1D), 1–12.
Nurmadina. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online. Intekna.
Park, C.-H., & Kim, Y.-G. (2009). The Effect of Information Satisfaction and Relational Benefit on Consumer’s On-Line Shopping Site Commitment. In Contemporary Research in E-Branding (p. 313). Information science reference.
Rachmawati, I. K., Handoko, Y., Nuryanti, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S. (2019). Pengaruh kemudahan, kepercayaan pelanggan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, 3(September), 1617–1625.
Rakhmadian, M., Hidayatullah, S., Respati, H., & Malang, U. M. (2017). Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Akademik Dosen. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 665–675.
Setyarko, Y. (2016). ANALISIS PERSEPSI HARGA, PROMOSI, KUALITAS LAYANAN, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE Yugi Setyarko. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 128–147.
Shodiq, A. F., Hidayatullah, S., & Ardianto, Y. T. (2018). INFLUENCE OF DESIGN, INFORMATION QUALITY AND CUSTOMER SERVICES WEBSITE ON CUSTOMER SATISFACTION. International Journal of Scientific & Engineering Research, 9(12), 746–750.
Stephanie, A., Hidayatullah, S., & Ardianto, Y. T. (2019). An Emperical Study of Website Quality on Hotel Booking Online. 4(2), 10–14.
Warayuanti, W., & Suyanto, A. M. A. (2015). The Influence of Lifestyles and Consumers Attitudes on Product Purchasing Decision via Online Shopping in Indonesia. European Journal of Business and Management, 7(8), 74–81.
Wolfinbarger, M., & Gilly, M. C. (2003). eTailQ : dimensionalizing , measuring and predicting etail quality. Journal of Retailing, 79, 183–198. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(03)00034-4
DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i2.9300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dhia Zharfaningrum, Syarif Hidayatullah, Umu Khouroh, Irany Windhyastiti, Abdul Waris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.