Karakteristik Umkm Pengepul Dan Bandar Barang Bekas Pendekatan Fenomenologis (Studi Kesuksesan Orang Madura Sebagai Pengepul, Bandar barang Bekas Di Keputih Surabaya)

- Sutarmin, Wiwik Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui gambaran karakteriktikUsaha Mikro Kecil Menengah bagi Masyarakat Madura sebagai Pengepul dan Bandar dalam pengelolaan  barang bekasdi Keputih Surabaya. Penelitian Kualitatif ini dilakukan dengan tiga tahap analisis Pertama Scalling Measurement , Kedua Empirical Generalization, Ketiga Logical Induction . Penelitian fenomenologis berusaha memahami makna dari sebuah pengalaman dan perspektif partisipan. Secara garis besar interpretasi wirausaha masyarakat Pengepul, Bandar barang bekas dari Madura adalah : orang yang berani mencoba dan mempunyai tekad yang kuat; mempunyai mental  kuat; orang madura mampu bertahun-tahun menggeluti setiap usaha, terlepas dari terpaksa atau tidak terpaksa; Mereka selalu kerja keras pantang meyerah setiap  berusaha; mereka menjunjung tinggi kerja sama dan hubungan baik yang selalu melekat kuat; Mereka adalah tipe wirausaha yang tidak mudah menyerah pada nasib, mulai sebagai pemulung sampai meningkat menjadi bandar; mayoritas para pengepul barang bekas tidak mempunyai pendidikan tinggi, tapi mereka mempunyai penghasilan yang sebanding atau bahkan melebihi penghasilan orang yang mempunyai pendidikan tinggi; pemulung diorganisir oleh sejumlah Bandar atau Pengepul. Seorang bos, baik bos kecil maupun bos besar merekrut sejumlah calon pemulung, mereka diajak dan tawari menjadi anggota kelompok, mereka mendapat pinjaman dari para pengepul. Partisipan dalam penelitian ini adalah  masyarakat pengepul dan bandar barang bekas di keputih kota Surabaya. Sedangkan jumlah partisipan sebanyak  25 orang yang menggeluti pekerjaan sebagai pemulung, pengepul maupun  bandar barang bekas dan  sudah bertahun-tahun mempunyai usaha tersebut. Kriteria yang digunakan adalah Informan yang sudah menetap  10 tahun ke atas; Informan yang diwawancarai adalah Pengepul dan Bandar.

Keywords


Kuat Mental, Kuat Semangat, Kerja keras dan Pantang Menyerah adalah kunci sukses untuk maju dan menghasilkan nilai ekonomi tinggi

References


Achmad Zubair, Nogard S. Mahendra &Asrini 2011, Karakteristik sampah rumah tangga dikota makasar dan pospek perkembangannta.Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Vol. 05 Desember 2011.

Amos Neolaka (2008). Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT Rin-eka Cipta dalam Jamanti Retno, 2014.

Buchari Alma, Hal 1-2, 2010, Kewirausahaan, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Chandra, Budiman. (2006). Pengantar Kesehatan Lingkungan.EGC. Jakarta.

Emzir. 2016, Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data, Jakarta: Rajawali Pers.

Madanitec. 2011.Komposter Model drum 80Ldalamhttp://madanitec.com/komposter-sampah/

Meredith, Geoffrey, G. 2002. Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Jakarta: PPM.

Mifbakhuddin. 2010. Pengaruh Ketebalan Karbon Aktif Sebagai Media Filter Terhadap Penurunan Kesadahan Air Sumur Artetis. Ekplanasi. Vol 5. No.2. 2010:68-78

Novi Marliani 2014.Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi Dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Formatif 4(2): 124-132, 2014 ISSN: 2088-351X.

Ruslan, R. 2006. Metode Penelitian Public Relations danKomunikasi.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saputra, Sangga and Mulasari, Surahma Asti (2017) Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pengelolaan Sampah pada Karyawan di Kampus. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11 (1). pp. 22-27. ISSN 1978 – 0575.

Satker Puslitbang Permukiman.,2009 Laporan Akhir, Penerapan Teknologi Pengelolaan Sampah Kota Terpadu Berbasis 3R., Satker PuslitbangkimPU.

Sugiyono. 2017, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Suparno, 2013, “Usaha Daur Ulang dan Produksi Kompos dari Pengelolaan Sampah TPA”. Jurnal ORBITH. 9 (2). Juli ; 135-146.

Zimmerer, T.W., & Scarborough, N.M. 1998.Essentials of Entrepreneurship and Small Bussiness Management.Second Ed. Prentice Hall.12.

----,2008, Laporan Akhir Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah Kota Terpadu Berbasis 3R, Satker PuslitbangkimPU.

----,2008, Undang-Undang Republik Indonesia no. 18 tahun 2008, Pengelolaan Sampah, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Lembaran Negara RI tahun 2008 no. 69,Jakarta.

----,2009, Direktorat Jendral Cipta Karya Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Pedoman Operasi dan Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Persampahan, Departemen PekerjaanUmum.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i2.9138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 - Sutarmin, Wiwik Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)

Indexed by:
       akreditasi sinta