Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dan Dampaknya Pada Disiplin Kerja Di Mts.N 1 Lamongan

Rifky Ardhana Kisno Saputra, Isnaini Anniswati Rosyida

Abstract


Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan organisasi. Adapun tujuan dari pengembangan SDM untuk membentuk SDM yang berkualitas, dan meningkatkan kemampuan dalam bekerja. Hal ini berakibat pada perubahan disiplin kerja. Disiplin kerja dapat menentukan tingkat keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan. Disiplin kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan kinerja pegawai sebagai variabel interving. Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengaruh positif dan signifikan dari fator-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 pegawai dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis data SEM (Structural Equation Modeling) dan dengan bantuan aplikasi Amos 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (2) gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja; dan (3) kinerja pegawai berpengaruh positif terhadap disiplin kerja. Dengan begitu, gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan kinerja pegawai dapat meningkatkan disiplin kerja.

Keywords


Gaya kepemimpinan, motivasi kerja, kinerja pegawai, dan disiplin kerja.

References


Baihaqi, M. F. (2010). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Yudhistira Ghalia Indonesia Area Yogyakarta). Skripsi (S1), Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.

Brahmasari, I. A. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 10, No 2, hal. 124-135.

Fitrianto, Ichlapio. (2020). Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Kepuasan Kerja, Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bumi Rama Nusantara, YUME : Journal of Management, Vol 3, No 1, hal 113-134.

Groen, BAC, Marc JW, dan Celeste PW. (2017). Employee Participation, Performance Metrics, And Job Performance: A Survey Study Based On Self-Determination Theory. Management Accounting Research, Vol 36, Pages 51-66.

Irwan, I, Adam L, Sofyan, Mustanir A dan Fatimah. (2019). Gaya Kepemimpinan, Kinerja Aparatur Sipil Negara Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Di Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, Vol 5, No 1, hal. 32-43.

Purba, DC, Victor PL, dan Sjendry L. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Umum Percetakan Negara Republik Indonesia Cabang Manado, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol 7, No 1, hal. 841-850.

Reza, R. A. (2010). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT Sinar Santosa). Thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Risnawati, Mitha dan Suryalena. (2018). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru. JOM FISIP, Vol. 5, No 2, hal 1-11.

Sarifah, W., Azis F., dan Maria, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Komitmen Organisasional. Journal of Management. 2(2), Maret : 1-16.

Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sipatuhar, Hadijah. (2018). Pengaruhkepuasan Dan Kemampuan Terhadap Disiplinkerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada STIE Al Washliyah Sibolga/ Tapanuli Tengah). Jurnal Warta, Vol 53. Hal 1-20.

Suryalena, S. dan Nely Meilani. (2018). Pengaruh Pemberian Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan Kantor (Studi pada PT. Andika Permata Sawit Lestari Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Vol 5, No 1, hal 1-11.

Susanty, Aries dan Sigit Wahyu Baskoro. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero) APD Semarang). J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, Vol. 7, No. 2, pp. 77-84.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i2.9046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rifky Ardhana Kisno Saputra, Isnaini Anniswati Rosyida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)

Indexed by:
       akreditasi sinta