Pengaruh Promotional Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah

Ananda Putri Setyorini, Fernaldi Anggadha Ratno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah pengaruh Promotion Mix yang terdiri dari advertising (Periklanan), sales promotion (promosi penjualan), public relation (hubungan masyarakat), personal selling (penjualan pribadi), dan direct marketing (pemasaran langsung) berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Boyolali (Tahun 2015-2019). Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepda nasabah yang menabung di BSM KCP Boyolali. Sampel yang diambil sebanyal 100 responden nasabah yang menabung di BSM KCP Boyolali dengan teknik simple random sampling,data kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 22 dan analisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi uji reabilitas, uji validitas, uji regresi, uji regresi linear berganda,pengajuan hipotesis melalui uji T, uji F, serta koefisien determinasi (R^2) dan uji asumsi klasik. Hasil T_test menunjukan bahwa advertsing, sales promotion, personal selling, dan direct marketing  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali. Sedangkan public relation tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali. Uji F_test menunjukan bahwa advertsing, sales promotion, personal selling, public relation ,dan direct marketing  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali.

Keywords


Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Penjualan Pribadi, Pemasaran Langsung, Dan Keputusan Nasabah Menabung

References


Bawono, A. (2006). Multivariate Analisys dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga pers .

Heryanto Imam. 2015. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship. STIE Pasundan Bandung : Vol. 9, No. 2.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran.Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Pearson Education Asia Pte. Ltd. Dan PT Prenhallindo.

Mariska, J. (2015). Analisis Pengaruh Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Publicity dan Word of mouth terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol.3 ,No.3, 254-267.

Puspitasari, Linda. (2015). Pengaruh Bauran Promosi (Promotional Mix) Terhadap Keputusan Menabung Pada Jenis Tabungan Bsm Di Bank Syariah Mandiri Kcp Siteba. E-Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Stkip) Pgri Sumatera Barat Padang .

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RD, Alfabeta. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Pendidikan pendekatan kuatitatif, kualitati, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soepeno, F. K. (2018). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Unggulan Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado .

Sofian, A. (2010). Managemen pemasaran, Dasar, Konsep, Dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada .

Surjarweni, V. w. (2015). Metodoligi Peneitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: pustaka baru.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i2.9045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ananda Putri Setyorini, Fernaldi Anggadha Ratno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.