Strategi Pengembangan Pasar Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Mebel (Studi Kasus Pada Mebel Bapak Supar Desa Penggung Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah)

puguh kurniawan

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran mebel dan hambatan dalam pemasaran yang dihadapi oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil pembahasan adalah strategi pemasaran yang digunakan mebel bapak Supar yaitu menjaga kondisi produk ketika waktu pengiriman mengalami lecet-lecet, menjaga kualitas produk mebel, meningkatkan efisiensi, menjaga nilai jual produk tetap tinggi. Untuk hambatan yang dialami yaitu bapak Supar dihadapkan dengan harga pokok produksi masih tinggi. Bapak Supar pembuat harga pokok produksi dan produksi memberikan antisipasi ataupun pengamanan untuk antisipasi yang belum pasti, kualitas produksi masih dikatakan belum stabil.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Menigkatkan Volume Penjualan, Mebel.
ABSTRACT
The purpose of writing this scientific article is to find out the furniture marketing strategies and obstacles in marketing faced by the company. This study uses descriptive qualitative interviews. The data analysis technique used is triangulation. The result of the discussion was the marketing strategy used by Mr. Supar's furniture, namely maintaining the condition of the product when the time of delivery experienced blisters, maintaining the quality of furniture products, increasing efficiency, maintaining the product's selling value remains high. For the obstacles experienced by Mr. Supar faced with the high cost of production. Mr. Supar, the maker of the cost of production and production, provides anticipation or security to anticipate uncertainty, the quality of production it is still said to be unstable.


Keywords


Volume penjualan

References


DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2005. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Renika Cipta.

Agus Athori, 2013. Tesis Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada Perusahaan Snack Lucky Olympic Kediri.

Ali Hasan, 2013, Marketing, Cetakan Pertama, Media Pressdindo Yogyakarta.

Amabile, Teresa, M dkk., 1996, “Assesing The Work Environment for Creativity”, Academy of management Journal, 39(5) : 1154-1184.

Baker, Sinkula., 1999. “The Synergistic Effect of market oriented and learning organization on organization performance”. Journal of The Academy of Marketing Science. Vol. 27, P. 411-427.

Basu Swastha, 2017. Manajemen Pemasaran Modern; Yogyakarta: BPFE.

Benyamin Molan, 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid 1, PT. Indeks.

Catherine Larochelle, 2015. Thesis Explaining Marketing Strategies among Bolivian Potato Farmers.

Chan, Sea-Jin; Rosenzweg, Philip., 2001,”The choice of entry mode in Sequential foreign direct investmen”, Stategy Managemen Journal (SMJ) ISSN. 0143- 2095. Vol 22 Iss date Aug 2001 p. 747.

Collis, David J. dan Cynthia A. Montgomery, 1998 Corporate Strategi :A Resources-Based Approach, Irwin Mc Graw-Hill, Boston.

Dolan, R.J. 1991. Strategic Marketing Management. Business School Publication, Boston.

Erwinsyah Rizkan Fahlevi, 2016. Tesis Strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan pada PT Indocitra Niaga Jaya Banjarmasin.

Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta.

Farrel, Mark. A., 2000.”Developing a Market Oriented Learning Organization “ Australian Journal of Marketing Mangement. Vol 25.P.202-222.

Fitriyah Inayah Ichwanda, 2015. Tesis Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor” (Studi pada PT Petrokimia Gresik).

Frans J. H, M, Vrbees and Mattbew T. G, Meulenberg, 2004., “Market Orientation, Innovation, product and Performance in Small Firm”, Journal of Small Business Management 2004 42 (2) pp. 134-154.

Galih Kusnawan. 2008. Pengaruh strategi bauran pemasaran (marketing mix) terhadap efektivitas volume penjualan sayuran hidroponik. Agrise Volume VIII No. 2.

Hangga Priyo Y, 2019. Tesis Analisis Strategi Pemasaran Mebel Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Mebel.

I Wayan Winarta, 2018. Thesis Implementation of incentive product marketing strategy melali bali DMC in increasing sales volume.

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex Media.

Komputindo Irum, 2011. Tesis Peran strategi pemasaran dalam Meningkatkan volume penjualan Kue bingka.

Jaya Bahwiyanti, 2018. Tesis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada CV. Paris Banjarbaru.

Karim, D. 2014. Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal Emba Vol.2. (1) Maret. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/ 4006/3520. Di akses tanggal 13 Mei 2020. Hal. 421-430.

Karnelis. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan Konsumen menggunakan Jasa Hotel Kartika Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase, 6(1).

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, Phillip, 2017. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga.

Kotler, 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa. Alexander Sindoror dan Benyamin Molan. Jakarta.

Lim Tanujaya, 2004, Promosi dan Penjualan, Salemba Empat, Jakarta.

Makmur, 2015. Tesis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume PENJUALAN (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian).

Marina Wardaya, 2016. Thesis Marketing communication strategy through social Media to increase children book sales.

Moh Rusdi, 2019. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. Universitas Trunojoyo Madura Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Program Studi Magister Manajemen.Vol 6 (2). Hlm 49-45.

Moleong, lexy. 2006. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Offset, Bandung.

Mulyadi, 2005. Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta ; UPPAMP YKPN. Universitas Gajah Mada.

Pelhan, Alfred M., & Wilson David T., 1996.”A. Longitudinal Study of the market Structure, firm structure, strategy, and Market Orientation Culture on Dimensions of Small Firm Perpormance”. Jornal of the Academy of Marketing Scien. Vol 24 (1) 27-42.

Pelhan, Alfred M., 1997.”Mediating influensure on the relationship, Between Market Orientation and Profability in Smoll Industriy Firm”. Jornal of Marketing Teory and Practice, Sumer, 55-76.

R. Agus Trihatmoko and Roch Mulyani, 2018. Thesis Distribution Strategy For New Product Marketing Success: Fast Moving Consumer Goods (FMCG) Business.

Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi. Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

Rangkuti, F. 2006, Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama ; Jakarta.

Render, Barry, 2001. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi, Jakarta: Salemba empat.

Rora Puspita Sari. 2017. Thesis Marketing Mix Implementation In Small Medium Enterprises: A Study Of Galeristorey Online Business.

Sitti Rahma Rumagia, 2016. Tesis Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan kacang kulit dan snack/tictac pada PT. Dua kelinci Cabang Kendari.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA).

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sunarto. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogyakarta.

Sutanto, R. 2005. Dasar – dasar Ilmu Tanah Konsep dan Kenyataan. Kanisius, Yogyakarta.

Sutisna., 2003, Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Swastha, dan Irawan, 2003, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta,. Penerbit : Liberty Yogyakarta.

T. Prasetyo Hadi Atmoko, 2018. Tesis Strategi Pemasaran Untuk Peningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta.

Tambajong, G. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal Emba.Vol.1.(3).http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2550/208.di akses tanggal 13 Mei 2020. Hal. 1291-1301.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta.

Wahyudi, 2004, Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi. Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Wiens Anorga 2006. Pengantar Pasar Modal. PT Rineka Cipta. Jakarta.

William E, Baker, James M, Singkula., 2002, Market Orientation, Learning Orientation and Product Innovation : Delving into the Organization’s Black Box., Journal of Marketing Focused Management, 5, 5-23 Tahun 2002.

Winardi. 2008. Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen Jakarta: Raja Grafindo Jakarta.

Yin, Robert K. 2003. Studi Kasus: Desain dan Metode. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Yosua Halomoan Iulando Siregar, 2017. Tesis Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi Pada Perusahaan PT Kaltim Prima Coal).

Zainal Abidin Umar, 2012. Tesis Strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan ikan tuna olahan pada PT. Betel citra seyan Gorontalo.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 puguh kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)

Indexed by: