Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pengunjung Tempat Wisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR) Kota Probolinggo

Ikrima Maulida Ikmala, Eva Mufidah, Vita Fibriyani

Abstract


Pengaruh kepuasan pengunjung dalam penelitian ini adalah unsur-unsur marketing mix yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pengunjung tempat wisata Beejay Bakau Resort (BJBR) Kota Probolinggo. pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan sampel 70 responden dari 700 populasi selama 7 hari. Analisis data dilakukan menggunakan uji stepwise. Hasil dari pengujian dapat dilihat kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh variabel price (X2) dan variabel process (X6). Setiap kenaikan peran price sebesar 0.446 dan kenaikan peran process sebesar 0,687 maka Kepuasan Pengunjung (Y) mengalami kenaikan satu satuan. Hasil dari Fhitung sebesar 12,030 dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka, Marketing mix (product, price, promotion, place, people, process, dan  physical evidence) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengunjung. Hasil dari uji determinasi menyatakan bahwa kepuasan pengunjung dapat dijelaskan oleh product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence sebesar 52,8%.

Keywords


marketing mix, kepuasan pengunjung, regresi linier berganda, stepwise

References


Amilia, Suri & Ayu Novianti. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol.5 No.1 Mei 2016.

Huriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV. Alfabeta. Bandung.

Kotler, Philip and Amstrong, Garry. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip and Keller, K.L. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 1 dan 2. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip and Garry Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Manampiring, Andreas, S. William, J.A.F, Tumbun, Rudy. S. Wenas. 2016. Analisis Produk, Harga, Lokasi, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada kartu Kredit PT. Bank Mandiri Tbk. Manado. Jurnal EMBA, Vol.4 No.2.

Rohmah, Rizka Khoirur. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffe Corner Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 2 N0. 10.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Jogjakarta: Penerbit Andi

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Jogjakarta: Penerbit Andi

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Service Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Jogjakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ikrima Maulida Ikmala, Eva Mufidah, Vita Fibriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)

Indexed by: