Penggunaan Digital Guerilla Marketing Dalam Usaha Kecil Dan Menengah

Siti Ayu Nur Fadhila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Prinsip dari strategi guerilla marketing dan (2) Penerapan strategi guerilla marketing dalam konsep digital marketing   bagi   Usaha   Kecil   dan   Menengah   (UKM).   Jenis   penelitian  ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi  literatur.  Hasil  penelitian  menunjukkan,  (1)  terdapat  3  prinsip  strategi guerilla marketing yatitu surprise effect, diffusion effect, dan low cost effect (2) penerapan strategi guerilla marketing dalam konsep digital marketing dapat dilakukan   dengan   cara   penukaran   poin   belanja,   menampilkan   kuis,   dan menjangkau konsumen dengan menampilkan testimoni secara suka rela dari konsumen yang merasa puas.

Keywords


Strategi pemasaran; guerilla marketing; digital marketing; UMKM

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim dkk, 2012. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah.

Edisi 4. Penerbit Salemba Empat.

Hasan,Ali. 2013, Marketing, Cetakan Pertama, Media Pressdindo Yogyakarta. Hafsah, M.J. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Jurnal Infokop Nomor 25. http://kuisioner.lp2m.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/701, di

akses pada tanggal 7 Juli 2018. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/65571, di akses pada tanggal 7 Juli 2018.

http://www.hukumonline.com/, di akses pada tanggal 7 Juli 2018. https://catatanmarketing.wordpress.com/tag/marketing-menurut-para-ahli/, di

akses pada tanggal 7 Juli 2018. https://id.wikipedia.org/wiki/Strategi_pemasaran, di akses pada tanggal 7 Juli

https://id.wikipedia.org/wiki/Usaha_Kecil_dan_Menengah, di akses pada tanggal

Juli 2018.

Kotler, Philip & Lane, kevin. 2009. Manajemen pemasaran.Jakarta:penerbit erlangga.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Jakarta. Kuncoro, Mudrajad, 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global.

Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008. [Online]

http://www.mudrajad.com/upload/Tujuh%20 Tantangan%

UKM%20di%20Tengah%20Krisis%20Global.pdf Diakses tanggal 5

Juli 2018.

Kurniawan, Didi. 2009. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. Tersedia [Online] http://didikurniawan.web.id/2009/04/29/ mengembangkan-ekonomi- kerakyatan-dengan-akselerasi-sektor-riil-dan-ukm/ Diakses tanggal 6 Juli

Safko, Lon & David K. Brake. 2009. The Social Media Bible. New Jersey. Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan, 2009. Creative Digital Marketing. PT Elex.

Media Komputindo.

Sarwono, Jonathan & K Prihartono, A. H. (2012). Perdagangan Online: Cara.

Bisnis di Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Strauss & Frost, 2011, E-Marketing, Sixth Edition, Pearson: New Jersey.

Supardi, Julian. 2009. Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara online dengan Pendekatan Mediator based. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Unsri Vol 1 No 2.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Siti Ayu Nur Fadhila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)