EKUITAS MEREK PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN XL PAKET DATA SELULER DI KABUPATEN BANGKALAN

Abdul Muidz, Diana Wahyuningsih, Hery Roosmawan, Henny Wuryanti

Abstract


Merek sangatlah penting karena konsumen tidak lagi puas hanya dengan ter-cukupi kebutuhannya. Besarnya pengaruh yang diberikan oleh suatu merek yang sudah dianggap sebagai aset perusahaan (brand equity) maka PT. XL Axiata menginginkan mereknya sukses di pasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Ekuitas Merek yang dimiliki oleh PT. XL Axiata sehingga dapat mempengaruhi konsumen pada keputusan pembelian XL Paket Data Seluler di Kabupaten Bangkalan. Penelitian menggunakan metode penelitian asosiatif. Tehnik analisis menggunakan regresi linear berganda, mengingat model tersusun atas sejumlah hubungan kausal antar variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan dan parsial kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Manajemen PT. XL Axiata sebaiknya meningkatkan kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek bagi para konsumennya, mengingat koefisien regresinya masih rendah atau masih dibawah satu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan peningkatan kualitas produk dan layanan gerai bagi para konsumen serta mengadakan kegiatan-kegiatan marketing untuk meningkatkan brand awarness konsumennya.

Keywords


asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Achmad, Suryana. (2003). Kapita Selekta Evolusi Pemikiran Kebijakan Ketahanan Pangan. Yogyakarta: FE UGM.

Kuncoro, Mudrajad. (2010). Ekonomika Pembangunan: Masalah, Kebijakan, dan Politik (Edisi.5). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Untuk jurnal ilmiah:

Akcay, Selcuk. (2011). Causality Relationship Be-tween Total R&D Investment and Economic Growth: Evidence From United States. The Journal of Faculty of Economics and Administra-tive Sciences, 16(1), 79–92.

Atmadja, Adwin S. (1999). Inflasi di Indonesia: Sumber – sumber Penyebab dan Pengendali-annya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 54-57.

Endaryati. et al. (2000). Aplikasi fungsi Cobb-Douglas: studi kasus Industri Besi dan Baja dasar Indonesia 1976-1995, Jurnal Bisnis dan Ekonomi Kinerja, Vol 4 No 2 Th 2000.

Febrian, Erie and Aldrin Herwany. (2009). Volatility Forecasting Models And Market Co-Integration: A Study On South-East Asian Markets. Indonesian Capital Market Review, 1(1), 27-42.

Gunardi, Ardi, Erie Febrian, and Aldrin Herwany. (2016). The implication of firm-specific characteristics on disclosure: the case of Indonesia. International Journal of Monetary Economics and Finance, 9 (4), 379–387.

Gómez, Jose Ignacio González., and S. Morini. (2009). A model for cost calculation and management in a multiproduct agricultural framework. The case for ornamental plants, Spanish Journal of Agricultural Research 2009 7(1), 12-23 ISSN: 1695-971-X

Untuk skripsi, tesis, disertasi yang tidak dipublikasikan:

Sukarman, W. (2003). Liberalisasi: Ekonomi Politik Perbankan Masa Orde Baru [Liberalisation: Banking Economy-Politic in Orde Baru Area]. Unpublished Dissertation. Post-Graduate Programme. Yogyakarta: UGM.

Untuk sumber internet dengan nama penulis:

Chain, P. (1997). Same or Different?: A Comparison of the Beliefs Australian and Chinese Univer-sity Students Hold about Learning's Proceed-ings of AARE conference, Swisburne Univer-sity. Available at: http://www.swin.edu.au/aare/97pap/CHAN97058.html. Diunduh pada 3 Juni 2003.

Untuk sumber internet tanpa nama penulis:

Tuliskan nama organisasi/perusahaan seperti dibawah ini:

StatSoft, inc. (1997). Electronic Statistic Textbook, Tulsa OK., StatSoft Online. Available at: http://www.statsoft.comitextbook/stathome.Html. Diunduh pada 27 Mei 2000.

Dokumen resmi pemerintah Undang-undang Republik Indonesia. Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. 1998 diper-banyak oleh Negara Kesatuan Republik In-donesia.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i1.6495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdul Muidz, Diana Wahyuningsih, Hery Roosmawan, Henny Wuryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)